Penangkal Petir

Pengertian penangkal petir adalah suatu perangkat instalasi berupa kabel penghantar yang fungsinya untuk menyalurkan petir yang menyambar menuju ke tanah atau permukaan bumi tanpa merusak peralatan listrik yang dilewatinya sehingga tidak membahayakan infrastruktur maupun penghuni rumah/ bangunan anti petir dipasang.

Penangkal petir / Lightning rod atau pada masyarakat kita sering disebut juga anti petir adalah solusi supaya petir bisa dijinakkan dengan cara menyalurkannya langsung ke bumi. Ada beberapa jenis anti petir yang tersedia dalam dunia kelistrikan namun umumnya bahan konduktor yang direkomendasikan yaitu tembaga dan alumunium karena memiliki resistansi yang rendah sehingga bisa secara optimal menyalurkan aliran petir yang berbahaya langsung ke tanah.

Gambar penangkal petir

Anti petir

Kenapa petir dialirkan ke tanah ? pada dasarnya petir terjadi karena ada proses ionisasi oleh awan dan ion petir ini memiliki ion negatif dan supaya tidak berbahaya maka ion bermuatan negatif ini harus dinetralkan supaya tidak loncat ke objek sekitarnya yaitu dengan cara mengalirkannya ke ion positif yaitu bumi atau dalam hal ini adalah tanah / grounding.

penyebab terjadinya petir

Fungsi Penangkal Petir

Sebenarnya istilah penangkal petir atau anti petir tidaklah sesuai dikarenakan kesannya benar benar tidak akan terpengaruh oleh sambaran petir atau 100% aman terhadap petir padahal tidak demikian. Pada saat petir menyambar maka jutaan volt dan dengan arus puluhan ribu ampere dialirkan ke bangunan gedung sehingga sebenarnya petir tetap memungkinkan merusak perangkat khususnya kelistrikan seperti PABX misalnya.  Banyak faktor yang sangat mempengaruhi seberapa parah tingkat kerusakan yang bisa ditimbulkan

Misalnya saja jenis sambaran petir tersebut bisa berupa sambaran langsung ke bangunan kita yang secara kerusakan pasti akan lebih fatal, yang kedua sambaran tidak langsung yaitu ketika sambaran petir mengenai objek lain disekitar bangunan dan merambat melalui kabel listrik maupun telepon.

Intinya adalah fungsi penangkal petir memang berfungsi sebagai pengaman terhadap adanya sambaran petir namun tidak menjadikan bangunan kita sepenuhnya aman terhadap efek yang ditimbulkan, setidaknya akan terhindar dan meminimalisir kerusakan fatal sambaran langsung.

tv kena petir

Contoh modul TV LCD kena petir

Bisa dibayangkan jika hanya sekedar perangkat rumah tangga seperti TV, DVD, PABX dan lainnya yang mengalami kerusakan tidak akan terlalu jadi masalah, namun jika yang terkena misalnya PC, notebook atau bahkan server tentu bisa jadi runyam karena menyangkut data yang tentunya tidak ternilai.

Prinsip Kerja Penangkal Petir

Penangkal petir sampai saat ini terbukti bisa digunakan sebagai perlindungan terhadap petir yang mungkin menyambar bangunan gedung yang nantinya bisa merambat ke instalasi kabel arus rendah seperti misalnya telepon sehingga menyebabkan kerusakan perangkat maupun kebakaran.

Alat untuk menyalurkan petir itu sendiri biasanya terbuat dari bahan tembaga yang memang sangat bersifat konduktif untuk menyalurkan petir ke tanah atau grounding. Dikarenakan unit ini dipasang untuk menangkal petir maka umumnya instalasinya sendiri dipasang diatap bangunan.

Dibawah ini adalah contoh gambar cara kerja penangkal petir, khususnya penangkal petir rumah :

cara kerja penangkal petir

Cara Kerja Penangkal Petir

Bagian bagian Penangkal Petir

Alat penangkal petir ini terdiri dari 3 bagian berikut berserta fungsi nya :

Antena penangkal petir, biasanya terbuat dari logam tembaga yang dipasang pada puncak bangunan dan biasanya berbentuk lancip karena lebih efektif melepaskan muatan yang dikandungnya, yaitu muatan dari tanah /bumi.

Antena penangkal petir

Kabel penangkal petir, untuk menyalurkan sambaran petir biasanya merupakan kawat tembaga. Tembaga dipilih karena merupakan penghantar yang sangat baik dibandingkan jenis logam lainnya. Diameter kawat yang digunakan biasanya adalah dengan diameter 1 – 2 cm, lebih besar tentunya lebih bagus lagi karena bisa menghantarkan arus yang lebih besar dan sangat berpengaruh terhadap hambatan/ resistansi yang dihasilkan.

Seperti dilihat pada gambar cara kerja penangkal petir, kabel ini biasanya dipasang pada bagian luar bangunan. Lebih jelas untuk jenis kabel listrik BC bisa dilihat di artikel jenis kabel listrik.

kabel penangkal petir

Batang pembumian/ grounding, fungsinya yaitu untuk membuang semua muatan listrik petir dari kabel BC ke batang pembumian yang biasanya adalah bahan tembaga murni dengan panjang berkisar 1.5 – 3 meter dan ditanam dalam tanah. Penentuan lokasi penempatan batang grounding ini biasanya pada bagian tanah yang lembab, misalnya dekat saluran air.

batang tembaga anti petir

Harga Penangkal Petir

Tentunya untuk memasang anti petir ini tidak sembarangan orang tahu cara membuat penangkal petir karena harus dilakukan oleh orang yang sudah profesional di bidangnya dan pastikan jika akan menyewa jasa merupakan perusahaan atau CV yang mempunyai legalitas sehingga keselamatan saat proses instalasi juga tentunya diutamakan.

Harga penangkal petir itu sendiri sangatlah bervariasi karena tergantung seberapa kompleks bangunan yang hendak dipasang penangkal petir tersebut, untuk rumahan biayanya mungkin hanya berkisar 2-3 jutaan saja. Sedangkan untuk bangunan gedung seperti perusahaan bisa mencapai ratusan juta, namun tentunya harga ini sangatlah sepadan dengan keamanan infrastruktur sebuah perusahaan.