Penangkal Petir

Posted on

Pengertian penangkal petir adalah suatu perangkat instalasi berupa kabel penghantar yang fungsinya untuk menyalurkan petir yang menyambar menuju ke tanah atau permukaan bumi tanpa merusak peralatan listrik yang dilewatinya sehingga tidak membahayakan infrastruktur maupun penghuni rumah/ bangunan anti petir dipasang. Lihat juga pengertian penangkal petir menurut Wikipedia.

Berikut ini adalah beberapa efek sambaran petir yang harus diwaspadai :

  1. Efek Induksi, menyebabkan peralatan eletronik tidak berfungsi ataupun terjadi kesalahan data
  2. Efek Panas, bisa menyebabkan kebakaran
  3. Efek Akustrik, menyebabkan gangguan pada sinyal gelombang radio
  4. Efek pada mahkluk hidup bisa menyebabkan kematian apalagi jika berupa sambaran langsung

Umumnya bahan konduktor yang direkomendasikan yaitu tembaga dan alumunium karena memiliki resistansi yang rendah sehingga bisa secara optimal menyalurkan aliran petir yang berbahaya langsung ke tanah.

Gambar penangkal petir
Anti petir

Kenapa petir dialirkan ke tanah ? pada dasarnya petir terjadi karena ada proses ionisasi oleh awan dan ion petir ini memiliki ion negatif dan supaya tidak berbahaya maka ion bermuatan negatif ini harus dinetralkan supaya tidak loncat ke objek sekitarnya yaitu dengan cara mengalirkannya ke ion positif yaitu bumi atau dalam hal ini adalah tanah / grounding.

penyebab terjadinya petir

Jenis Penangkal Petir

Ada beberapa jenis penangkal petir yang tersedia dalam dunia kelistrikan yaitu :

Penangkal Petir Konvensional

Pada type penangkal petir konvensional sesuai dengan namanya merupakan jenis yang sederhana dimana penangkal ini bersifat pasif menunggu adanya petir yang menyambar. Ujung penangkal petir pada bagian atas mirip dengan ujung tombak yang dimaksudkan supaya muatan listrik mudah berkumpul. Bahannya sendiri harus terbuat dari bahan logam anti karat seperti tembaga murni.

Penangkal Petir Konvensional
Penangkal Petir Konvensional

Sedangkan untuk menyalurkan ke tanah (ground rod) digunakan kabel penghantar dengan ukuran penampang minimal 50 mm, untuk menghindari grounding rod berkarat maka biasanya digunakan logam berbahan tembaga yang dilapisi dengan baja. Supaya bisa memperoleh pengukuran tahanan dibawah 5 Ohm dengan menggunakan earth tester grounding, biasanya instalasi dilakukan secara paralel yaitu beberapa titik grounding dijadikan satu.

  1. Penangkal Petir Konvensional Farady / Jalur Elektris, pada jenis ini dipasang banyak jalur untuk turunnya kabel penghantar petir sehingga mirip dengan sangkar burung
  2. Penangkal Petir Konvensional jalur tunggal, sesuai namanya hanya terdapat 1 jalur penurunan kabel dari antena penangkal petir. Pada jenis ini bisa dilakukan penghematan kabel tembaga yang digunakan.

Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal petir Elektrostatis adalah anti petir yang bersifat aktif yaitu cara kerjanya dengan melepaskan ion ke udara yang akan menarik petir supaya sambaran terfokus ke antena petir elektrostatis. Karena sambaran terfokus pada satu titik maka area perlindungan pun menjadi lebih luas jika dibandingkan dengan jenis konvensional.

Penangkal Petir Elektrostatis
Penangkal Petir Elektrostatis

Terdapat beberapa kelebihan anti petir elektrostatis yaitu jangkauan area yang terlindungi dari petie lebih luas yaitu hingga 150 meter serta tidak dibutuhkan banyak kabel untuk instalasinya sehingga bisa menekan biaya instalasi anti petir. Terdapat beberapa merk yang biasa digunakan yaitu Evo Franklin, UFO, GENT.

Penangkal Petir Kurn

Penangkal petir jenis kurn adalah penangkal petir yang di desain supaya tercipta medan listrik yang menimbulkan perbedaan potensial antara awan dengan permukaan tanah sehingga pada saat tertentu daya tarik menarik muatan terhadap muatan awan akan dikonsentrasikan pada titik sambaran.

Penangkal Petir Kurn
Penangkal Petir Kurn

Pada Kurn terminal juga tercipta medan ion positif yang mempu membentuk sudut perlindungian proteksi untuk bangunan dibawahnya. Di Indonesia sendiri terdapat produsen anti petir kurn yang mempunyai standar keamanan sambaran petir Internasional sehingga tidak sulit untuk menemukan jenis ini di pasaran.

Fungsi Penangkal Petir

Sebenarnya istilah penangkal petir atau anti petir tidaklah sesuai dikarenakan kesannya benar benar tidak akan terpengaruh oleh sambaran petir atau 100% aman terhadap petir padahal tidak demikian. Pada saat petir menyambar maka jutaan volt dan dengan arus puluhan ribu ampere dialirkan ke bangunan gedung sehingga sebenarnya petir tetap memungkinkan merusak perangkat khususnya kelistrikan seperti PABX misalnya.  Banyak faktor yang sangat mempengaruhi seberapa parah tingkat kerusakan yang bisa ditimbulkan

Misalnya saja jenis sambaran petir tersebut bisa berupa sambaran langsung ke bangunan kita yang secara kerusakan pasti akan lebih fatal, yang kedua sambaran tidak langsung yaitu ketika sambaran petir mengenai objek lain disekitar bangunan dan merambat melalui kabel listrik maupun telepon.

Intinya adalah fungsi penangkal petir memang berfungsi sebagai pengaman terhadap adanya sambaran petir namun tidak menjadikan bangunan kita sepenuhnya aman terhadap efek yang ditimbulkan, setidaknya akan terhindar dan meminimalisir kerusakan fatal sambaran langsung.

tv kena petir
TV rusak kena petir

Gambar diatas merupakan contoh modul TV LCD kena petir.

Bisa dibayangkan jika hanya sekedar perangkat rumah tangga seperti TV, DVD, PABX dan lainnya yang mengalami kerusakan tidak akan terlalu jadi masalah, namun jika yang terkena misalnya PC, notebook atau bahkan server tentu bisa jadi runyam karena menyangkut data yang tentunya tidak ternilai.

Prinsip Kerja Penangkal Petir

Penangkal petir sampai saat ini terbukti bisa digunakan sebagai perlindungan terhadap petir yang mungkin menyambar bangunan gedung yang nantinya bisa merambat ke instalasi kabel arus rendah seperti misalnya telepon sehingga menyebabkan kerusakan perangkat maupun kebakaran.

Alat untuk menyalurkan petir itu sendiri biasanya terbuat dari bahan tembaga yang memang sangat bersifat konduktif untuk menyalurkan petir ke tanah atau grounding. Dikarenakan unit ini dipasang untuk menangkal petir maka umumnya instalasinya sendiri dipasang diatap bangunan.

Dibawah ini adalah contoh gambar cara kerja penangkal petir, khususnya penangkal petir untuk rumah :

cara kerja penangkal petir
Cara Kerja Penangkal Petir

Bagian bagian Penangkal Petir

Alat penangkal petir ini terdiri dari 3 bagian berikut berserta fungsi nya :

Antena penangkal petir

Biasanya terbuat dari logam tembaga yang dipasang pada puncak bangunan dan biasanya berbentuk lancip karena lebih efektif melepaskan muatan yang dikandungnya, yaitu muatan dari tanah /bumi.

Antena penangkal petir

Kabel penangkal petir

untuk menyalurkan sambaran petir biasanya merupakan kawat tembaga. Tembaga dipilih karena merupakan penghantar yang sangat baik dibandingkan jenis logam lainnya. Diameter kawat yang digunakan biasanya adalah dengan diameter 1 – 2 cm, lebih besar tentunya lebih bagus lagi karena bisa menghantarkan arus yang lebih besar dan sangat berpengaruh terhadap hambatan/ resistansi yang dihasilkan.

Seperti dilihat pada gambar cara kerja penangkal petir, kabel ini biasanya dipasang pada bagian luar bangunan. Lebih jelas untuk jenis kabel listrik BC bisa dilihat di artikel jenis kabel listrik.

kabel penangkal petir

Batang pembumian/ grounding

Fungsinya yaitu untuk membuang semua muatan listrik petir dari kabel BC ke batang pembumian yang biasanya adalah bahan tembaga murni dengan panjang berkisar 1.5 – 3 meter dan ditanam dalam tanah. Penentuan lokasi penempatan batang grounding ini biasanya pada bagian tanah yang lembab, misalnya dekat saluran air.

batang tembaga anti petir

Harga Penangkal Petir

Tentunya untuk memasang anti petir ini tidak sembarangan orang tahu cara membuat penangkal petir karena harus dilakukan oleh orang yang sudah profesional di bidangnya dan pastikan jika akan menyewa jasa merupakan perusahaan atau CV yang mempunyai legalitas sehingga keselamatan saat proses instalasi juga tentunya diutamakan.

Harga penangkal petir itu sendiri sangatlah bervariasi karena tergantung seberapa kompleks bangunan yang hendak dipasang penangkal petir tersebut, untuk harga penangkal petir rumah biayanya mungkin hanya berkisar 2-3 jutaan saja. Sedangkan untuk bangunan gedung seperti perusahaan bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta tergantung seberapa kompleks penangkal yang dibuat, namun tentunya harga ini sangatlah sepadan dengan keamanan infrastruktur sebuah perusahaan.

Artikel yang Berhubungan :