Home » Dasar Elektronika » Pengertian RFID Reader dan Cara Kerjanya

Pengertian RFID Reader dan Cara Kerjanya

RFID reader sesuai namanya digunakan untuk membaca data pada RFID tag supaya pengambilan data pada tag bisa dilakukan walaupun tanpa langsung bersentuhan karena memanfaatkan gelombang radio.

RFID reader digunakan secara bersamaan dengan RFID tag supaya bisa mengirim dan menerima data yang ada pada sistem RFID. Jika dikombinasikan dengan software RFID yang tepat, maka perangkat RFID reader bisa mengidentifikasi object dengan lebih cepat dan lebih akurat.

Pengertian RFID Reader

Pengertian RFID reader adalah alat untuk membaca RFID tag yang sering disebut juga interrogator dan merupakan perangkat yang penting pada sebuah sistem RFID. Sama seperti RFID tag, pada RFID reader terdapat 2 jenis yaitu RFID reader pasif dan RFID reader aktif.

RFID reader pasif digunakan untuk membaca data sinyal radio pada RFID tag aktif yang berarti pada tag nya memancarkan sinyal radio, ciri dari RFID tag aktif yaitu terdapat baterai.

RFID Reader Pasif

RFID reader aktif digunakan untuk membaca sinyal radio pada RFID tag jenis pasif yang biasanya berbentuk kartu atau gantungan kunci (keychain). Ciri dari tag jenis ini yaitu bentuknya lebih kecil karena tidak menggunakan baterai.

RFID reader aktif

Sedangkan jika dari bentuknya, RFID reader terdapat 2 jenis yaitu :

  1. Fixed RFID reader yang ditempatkan di satu lokasi tertentu biasanya berupa dinding, desk, atau pintu portal.
  2. Mobile RFID reader, berupa perangkat portable atau Handheld RFID Reader yang banyak diaplikasikan pada sistem inventori, sistem penerimaan barang, stok gudang maupun manajemen aset.
jenis RFID reader

Cara Kerja RFID Reader

Pada dasarnya cara kerja RFID reader adalah dengan menangkap balasan autentikasi berupa sinyal gelombang radio dengan frekuensi UHF yang dikirim balik oleh RFID tag atau RFID label, namun tentunya karena terdapat 2 jenis RFID reader maka cara kerja kedua jenis perangkat ini berbeda

Cara Kerja RFID Reader

RFID Reader Aktif : Hanya bisa membaca sinyal dari RFID tag jenis pasif, selain untuk membaca data pada RFID card/ tag, RFID reader ini juga memancarkan sinyal interogator yang menjadi sumber daya bagi RFID tag dengan cara menginduksi antena yang ada pada tag. Karena itulah jarak jangkauan sistem RFID ini terbatas.

RFID Reader Pasif : Membaca sinyal dari jenis RFID tag aktif yang memiliki baterai, biasanya jangkauan penerimaan sinyal untuk metode ini lebih jauh karena sinyal dipancarkan dari RFID tag tersebut.


RFID Reader Arduino

RFID juga sering digunakan pada proyek sederhana arduino dengan berbagai macam aplikasi penggunaan misalnya akses untuk membuka pintu dengan kunci elektronik, menyalakan alat elektronik tertentu, sehingga hanya orang yang memiliki kartu atau keychain (gantungan kunci) tersebut saja yang bisa menyalakan alat tersebut.

RFID Reader Arduino

RFID reader Arduino yang paling populer dan banyak dijual di marketplace yaitu Module RFID RC522 yang memang dirancang supaya mudah digunakan dan dengan harga yang terjangkau, RFID reader arduino ini bisa dikombinasikan dengan board mikrokontroller Arduino Uno supaya kode perintah bisa diupload.

Berikut ini spesifikasi RFID reader arduino RC522 :

  • Frekuensi : 13.56MHz
  • Transfer Rate : Maximum 10Mbit/s
  • Tegangan kerja : 13-26mA/DC 3.3V
  • Interface : Serial Peripheral Interface (SPI)
  • ID tag support : mifare1 S70 MIFARE Ultralight, mifare1 S50, mifare Pro, MIFARE DESFire

RFID Reader USB

RFID Reader USB digunakan pada PC dan dikoneksikan dengan menggunakan port USB untuk membaca/ mengidentifikasi kartu RFID EM4100 atau tag RFID dengan frekuensi 125KHz (Low Frequency). Biasanya begitu terhubung, RFID card reader ini tidak membutuhkan instalasi driver tambahan (plug and play) karena sudah terbaca sebagai device HID keyboard.

RFID Reader USB

Cukup dengan membuka aplikasi text editor seperti notepad atau Excel dan mendekatkan kartu RFID ke RFID reader USB maka nomor ID kartu (UID) akan terinput ke komputer.