Begini Caranya Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu

Lupa untuk cek tagihan listrik bulan lalu? tak perlu khawatir karena kita bisa mengecek tagihannya dengan cara online maupun lewat telepon dengan beberapa cara mulai dari email sampai menggunakan HP.

Selain itu cara cara dibawah ini juga bisa untuk cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum untuk memastikan layanan listrik tidak diputus.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Secara Offline

Untuk cara cek tagihan listrik bulan lalu dengan cara offline ada 2 cara yang bisa dilakukan, ini bisa dilakukan baik untuk yang sudah dibayar maupun yang belum dibayar :

1. Melakukan Pengecekan via Telepon

Untuk melakukan pengecekan tagihan ini bisa kita lakukan dengan mudah melalui telepon. Caranya yaitu tinggal hubungi saja nomor customer service PLN.

Adapun untuk nomor teleponnya yaitu 123 lalu cantumkan kode sesuai dengan area sesuai lokasi. Misalnya :

  1. Untuk area Jakarta : 021-123
  2. Untuk area Bandung : 022-123

Apabila sudah terhubung dengan customer service ini maka kita juga akan diarahkan oleh operator agar bisa mengetahui tagihan listrik.

2. Melalui SMS PLN

Bagi yang tidak mau ribet telepon maka cara ini paling cocok yaitu dengan menggunakan SMS, berikut ini formatnya :

  1. Pengecekan 1 bulan : REK (spasi) No ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123
  2. Pengecekan berkala setiap bulan : PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, lalu kirim ke 8123

Sebelum melakukan SMS ini pastikan saldo pulsa masih tersedia karena setiap pengecekan akan dikenakan biasa SMS Rp.500

2. Cetak Struk PLN Bulan Lalu di Kantor PLN

Bagaimana jika diperlukan untuk cetak struk PLN bulan lalu. Caranya juga mudah, yaitu dengan cara mendatangi kantor PLN terdekat yang ada di kotamu.

Datang ke kantor PLN terdekat dengan membawa bukti identitas diri dan nomor pelanggan PLN. Selanjutnya kita juga bisa mendaftar layanan e-billing di PLN supaya struk bisa dicetak secara mandiri dengan dikirim lewat email.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Secara Online

Sedangkan dengan cara online lebih banyak alternatifnya, sesuaikan dengan kebutuhan masing masing dengan pilihan kemudahan pengecekan dibawah ini :

1. Melalui Website resmi

Disamping bisa melakukan pengecekan melalui telepon, bisa juga mengeceknya melalui website resmi PLN. Di website ini kita juga akan diberikan kemudahan untuk mengetahui informasi  mengenai tagihan listrik dan lain-lain.

Adapun website resminya yaitu di link Informasi tagihan listrik PLN disini kita akan melakukan pengecekan tagihan listrik, informasi yang ditampilkan cukup detil namun diharuskan daftar dengan akun email supaya bisa login ke akun PLN nantinya,

Cara daftar website PLN Cek Tagihan Listrik

Dan berikut contoh report nya:

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu website PLN

2. Melalui Aplikasi HP Android PLN Mobile

Dan pengecekan tagihan listrik ini juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Aplikasi ini sudah tersedia khususnya bagi pengguna android yaitu dengan cara mengakses aplikasi PLN Mobile. Ada banyak informasi yang bisa ditampilkan yaitu informasi

  1. Tagihan tiap bulan hingga 1 tahun kebelakang
  2. Denda
  3. Pembelian token listrik
  4. Informasi pengaduan layanan
  5. Informasi permohonan penambahan daya listrik
Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu dengan aplikasi pln mobile

Adapun untuk cara install aplikasi PLN mobile adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke playstore dan cari aplikasi PLN Mobile
  2. Download dan install aplikasi
  3. Pilih Daftar lalu isi form yang muncul, karena jika tidak melakukan daftar tidak akan terlihat info tagihan. Oleh karena itu persiapkan akun email yang masih aktif

3. Melalui Email PLN

Kita juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan melalui email PLN. Kita bisa mengontak email contact center PLN yaitu di alamat email pln123@pln.co.id dan meminta tagihan listrik bulan lalu, nantinya kamu akan diberikan email balasan berupa e-Billing PLN.

Layananan e-Billing ini juga sangat bermanfaat bagi pelanggan PLN. Setiap bulannya kita akan diberikan pemberitahuan tagihan listrik melalui email.

Jadi untuk besaran tagihan tersebut sudah tersimpan di email. Sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan, kita bisa mencetaknya sendiri.

Dengan melalui e-billing ini juga kita bisa cek riwayat tagihan listrik bulan lalu dengan mudah sehingga tak perlu mendatangi kantor PLN.

Itulah beberapa cara untuk cek tagihan listrik bulan lalu yang bisa dilakukan. Dan yang lebih penting jangan lupa untuk selalu membayar tagihan listrik secara rutin tiap bulannya.