Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal

Posted on

Pada artikel kali ini saya akan share bagaimana cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal bisa berupa garis berwarna ataupun garis hitam pada layar. Kerusakan TV LED seperti ini sebenarnya sudah umum pada banyak jenis misalnya tv led samsung bergaris vertikal atau tv lcd sony bravia bergaris namun penyebab kerusakan terkadang susah susah gampang untuk ditemukan, lain halnya dengan kerusakan LED TV mati total yang sudah bisa ditebak kerusakan pada bagian power..

Namun kemungkinan besar kerusakan garis vertikal tersebut menandakan board T-Con tidak bekerja dengan baik, banyak sekali penyebab kerusakan hanya karena koneksi kabel flat yang longgar tetapi terkadang bisa juga disebabkan modul board T-Con yang memang sudah rusak dan perlu diganti.

Kerusakan TV LED Bergaris Vertikal
Kerusakan TV LED Bergaris Vertikal

Tentunya tidak nyaman juga kan menonton dengan keadaan layar TV terdapat garis vertikal ? berikut ini saya share beberapa kemungkinan kerusakan beserta tips perbaikan yang bisa dilakukan untuk menganalisa kerusakan TV LED bergaris sebelum akhirnya diperlukan penggantian board T-Con

Penyebab Kerusakan Garis Vertikal Pada TV

Ketika sebuah TV LED maupun LCD menunjukkan kerusakan garis vertikal, kabel flat yang tidak terhubung dengan baik ke board T-Con bisa jadi penyebab kerusakan tersebut, bahkan untuk mengeceknya anda bisa mencoba mengetuk pada bagian belakang TV sebelah bawah mungkin saja garis tersebut hilang alias tampilan TV menjadi normal. Jika memang demikian maka bisa dipastikan kerusakan hanya pada kabel longgar saja pada bagian board T-con yang dilingkari di bawah ini.

Penyebab Kerusakan Garis Vertikal Pada TV
Penyebab Kerusakan Garis Vertikal Pada TV
bagian bagian mesin tv lcd led
Bagian bagian modul LED TV

Kerusakan TV muncul garis vertikal seperti ini bisa terjadi juga pada Laptop yang biasanya penyebab awalnya adalah pada sekeliling layar laptop sempat tertindih oleh beban yang berat misalnya pada saat dimasukkan kedalam tas tertekan oleh buku atau lainnya.

Penyebab lainnya bisa juga karena karat yang terjadi pada frame TV yang biasanya berbahan logam, karat ini bisa menjalar ke bagian konektor kabel flat menuju T-Con, kebanyakan pada TV LED karat ini lah penyebabnya terlebih jika memang kondisi di sekitar TV termasuk lembab.

Fungsi Board T-Con pada LED TV

Nah sebelum melanjutkan ke tahap perbaikan mungkin ada rekan teknisi yang belum tahu apa fungsi T-Con pada LED TV, Tcon adalah singkatan dari timing control, dari artinya saja sudah diketahui bukan fungsi modul ini adalah untuk mengontrol timing pembentukan gambar. Jika di asumsikan dengan TV CRT maka Tcon ini adalah deflection yoke yang berfungsi untuk mendefleksikan gambar menuju vertikal dan horizontal. Nah pada LED TV untuk memunculkan gambar khususnya vertikal adalah tugas dari blok atau board T-Con.

Tcon sering juga disebut Control Board dan berikut dibawah ini adalah blok diagram dari tcon :

blok diagram tcon
Blok diagram tcon

Berikut ini adalah fungsi T-con pada LED TV yang bisa disebutkan :

  1. Alat kontrol yang berfungsi menghidupkan panel LED/ LCD sehingga dapat memunculkan sebuah gambar
  2. Sebagai pembangkit pulsa-pulsa Timing Control yang bisa dihasilkan dari IC Scan Driver
  3. Multi Chanel Power supply TFT Panel untuk mensuplai tegangan pada sirkit amplifier pulsa-pulsa source driver dan Gate driver.
  4. Pembangkit Grayscale (gamma)

Bentuk board T-con sangat bervariasi tergantung merk Tv tersebut namun yang bisa dipastikan adalah letak posisinya selalu di bagian bawah panel LED. Berikut ini beberapa bentuk tcon dari beberapa brand populer :

Tcon LED Samsung 32 inch
Tcon LED Samsung 32 inch
Tcon LED Samsung 50 inch
Tcon LED Samsung 50 inch
Tcon TV LED LG 32 Inch
Tcon TV LED LG 32 Inch

Kerusakan yang sering terjadi pada Tcon

Untuk kerusakan layar LED TV bergaris vertikal maka ada beberapa penyebab umum seperti disampaikan sebelumnya diatas yaitu :

  1. Koneksi kabel dari modul Tcon ke panel display tidak terhubung dengan baik. Bisa karena konektor flat kabel yang kotor atau memang terdapat kotoran berupa karat atau lainnya. Untuk itu cek dan pastikan koneksi kabel ini karena penyebab kerusakan 70% kemungkinan dari koneksi ini
  2. Terdapat tegangan yang hilang pada Tcon, jika kerusakan bergaris vertikal maka kemungkinan tegangan yang tidak sesuai pada Multi Chanel Power supply TFT Panel
  3. Kerusakan yang terjadi pada pembangkit gamma bisa menyebabkan gambar muncul blank putih saja
  4. Kerusakan pada IC Scan Driver juga bisa menyebabkan garis garis pada layar TV LED

Pengukuran Tegangan Tcon TV LED

Seperti biasa untuk menganalisa kerusakan sebaiknya dilakukan pengukuran tegangan pada board T-con, nah bagi anda yang belum tahu referensi tegangan untuk blok Tcon berikut ini saya share tegangan yang harus ada pada modul ini :

  1. Tegangan VGH atau Von yang berfungsi untuk mensuplai sirkuit amplifier pulsa-pulsa source driver dan Gate driver : umumnya tegangan sekitar 25 hingga 30v
  2. Tegangan VGL atau Voff : umumnya sekitar minus 7 hingga minus 15v
  3. Tegangan AVdd untuk ic Gamma reference pada modul tcon : umumnya tegangan sekitar 15 hingga 18v.
  4. Tegangan Vdd untuk sirkit digital pada modul tcon : umumnya 3.3v dan 1.8 atau1.2v

Cara Mengganti T-Con LED TV

Jika sudah bisa dipastikan kerusakan board T-Con baik karena hasil pengukuran tegangan yang tidak sesuai ataupun mungkin hasil pengecekan visual terdapat kerusakan komponen maka bisa dilanjutkan perbaikan dengan cara mengganti T-con LED TV berikut ini langkah langkah nya :

  1. Pastikan kondisi steker sudah dicabut dari stop kontak ke PLN
  2. Untuk bisa mencabut dan memasang modul Tcon posisi layar harus menghadap kebawah, jadi pastikan diberi alas yang tidak merusak panel
  3. Sebelum membeli T-Con pengganti tulis dulu type TV, model TV dan info lainnya supaya tidak terjadi kesalahan dalam membeli modul tcon. Ada baiknya catat juga nomor model Tcon.
  4. Modul Tcon terhubung dengan kabel LVDS ( Low-voltage differential signaling ) dan kabel Flat ke panel, jadi perlu ekstra hati hati saat melepasnya
cara mengganti t-con
Cara mengganti T-con

Artikel yang Berhubungan :