Fungsi Flux Pasta Solder

Posted on

Artikel kali ini akan sangat bermanfaat bagi sobat teknisi yang belum tahu apa itu dan apa fungsi flux pasta solder, seperti yang diketahui aktifitas teknisi listrik maupun elektronika sangat banyak berhubungan dengan solder yang fungsinya adalah untuk menempelkan komponen ke papan circuit/ board rangkaian.

Bagi para teknisi yang berpengalaman tentunya pasta solder ini harus tersedia karena jika tidak terdapat pasta ini pada saat menyolder maka hasil solderan kemungkinan kurang bagus dan mudah korosi. Berikut ini beberapa hal yang akan saya sharing mengenai pasta solder :

Apa itu Pasta Solder ?

Flux pasta solder merupakan sejenis senyawa yang memiliki fungsi untuk meminimalisir terjadinya lapisan oksidasi pada saat aktifitas menyolder, kenapa oksidasi ini perlu di hilangkan ? jawabannya adalah karena lapisan oksidasi menyebabkan korosif pada timah sehingga sambungan timah menjadi tidak awet dan berakibat pada jeleknya kontak antara komponen ke papan circuit PCB.

Apa itu Pasta Solder

Dengan menggunakan pasta solder maka solderan timah bisa menempel dengan baik, jika pada hasil solderan terjadi oksidasi maka sambungan menjadi tidak sempurna dan aliran arus listrik pada rangkaian menjadi terhambat.

Selain disebut sebagai pasta solder juga sering disebut krim solder / cream solder atau juga soldering paste. Ada beberapa merk yang sering saya jumpai misalnya Lotfett atau Pro paste, sepengetahuan penulis merk Lotfett adalah pasta solder yang berkualitas sangat baik namun harganya memang agak mahal kisaran harga 30 ribu – 45 ribu per 100 gram nya, sedangkan pasta solder yang biasa hanya 10 ribuan saja per 100 gram nya.

Fungsi Flux Pasta Solder

Selain berfungsi untuk menghilangkan oksidasi pada saat menyolder seperti disampaikan diatas, flux juga mempermudah timah menempel pada permukaan ketika dipanasi dengan solder sehingga timah benar benar menempel ke permukaan.

Fungsi lainnya yaitu supaya hasil solderan tidak pecah pecah sehingga pada saat terjadi panas pada rangkaian PCB, koneksi tetap tersambung dengan baik dan tidak menghambat arus listrik pada rangkaian.

Contoh solderan yang baik

Sebenarnya pasta solder ini juga terdapat pada timah, mungkin sering anda perhatikan pada saat menyolder terdapat minyak yang ikut keluar bersama melelehnya timah / fluks, namun terkadang pada timah gulung dengan kualitas kurang baik kandungan flux ini sangatlah sedikit.

Penggunaan pasta solder secara rutin juga secara tidak langsung membuat mata solder menjadi awet karena mencegah terjadinya korosi pada mata solder, lihat juga pada artikel cara membersihkan mata solder untuk perawatan solder supaya awet.

Cara Menggunakan Flux Pasta Solder

Cara penggunaan pasta solder ini sendiri yaitu bisa diberikan ke permukaan yang akan disolder dan ketika dipanaskan, pasta solder akan meleleh dan mengalir ke dalam ruang antara kaki komponen dan base pcb sehingga menghasilkan solderan yang baik.

Cara Menggunakan Flux Pasta Solder

Pasta Solder saat ini paling banyak digunakan dalam proses perakitan papan sirkuit / pcb baik pada industri maupun penggunaan harian. Perlu juga diketahui cara penyimpanan pasta solder yaitu harus disimpan dibawah kondisi yang tepat, pastikan untuk menyimpan pasta solder pada wadah tertutup yang kedap udara untuk mencegah oksidasi.

Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan saat menggunakan pasta solder :

  • Bila terkena kulit, bersihkan dengan menggunakan air yang mengalir, begitu juga dengan pakaian yang terkena pasta solder harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.
  • Jangan pernah menghirup asap yang dihasilkan oleh pasta solder karena sangat berbahaya untuk kesehatan.

Demikian artikel kali ini tentang Fungsi Flux Pasta Solder semoga bermanfaat untuk rekan teknisi.

Artikel yang Berhubungan :