Cara Cek ID Pelanggan PLN

Posted on

Mengetahui bagaimana cara cek ID pelanggan PLN saat ini mutlak diperlukan karena dengan mengetahui ID ini kita jadi mudah untuk mengetahui tagihan pembayaran listrik bagi pascabayar maupun pembelian token pulsa listrik bagi pengguna listrik prabayar.

Apa fungsi ID pelanggan PLN ? seperti yang kita ketahui bahwa listrik tentunya tidak gratis alias terdapat pembayarann/ iuran yang dibebankan kepada pengguna listrik, dalam hal ini tentunya jika meteran listrik anda adalah pasca bayar. Untuk bisa mengetahui besaran tagihan listrik inilah, Anda bisa mengeceknya menggunakan no ID pelanggan PLN. 

Cara Cek ID Pelanggan PLN
Cara Cek ID Pelanggan PLN

No ID pelanggan lebih dikhususkan untuk pelanggan pasca bayar. Seperti yang diketahui, ada dua jenis pemasangan listrik di rumah, yakni pasca bayar dan prabayar. Listrik prabayar merupakan langgan listrik dengan sistem pembayaran token atau pulsa. Jadi, fungsinya seperti kita mengisikan pulsa pada nomor handphone. Oleh karena itu, saat meteran listrik sudah berbunyi, itu tandanya token sudah mau habis dan kita harus segera melakukan isi ulang. 

Sedangkan, pasca bayar merupakan sistem pembayaran listrik dengan menggunakan listrik terlebih dahulu selama satu bulan. Setelah satu bulan, baru pihak PLN akan mengakumulasikan besaran pemakaian listrik dan tagihan yang harus dibayarkan. Intinya, Anda pakai dulu baru bayar. Untuk sistem pascabayar, Anda bisa melihat tagihannya, sedangkan prabayar tidak.

Seperti yang diketahui, untuk melihat tagihan dibutuhkan no ID pelanggan. Bagaimana kalau Anda lupa dengan nomor ID pelanggan PLN Anda? Tidak perlu khawatir ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nomor ID pelanggan PLN Anda, seperti berikut ini. 

Cek ID pelanggan PLN dengan nama 

Sebenarnya ID pelanggan tidak hanya digunakan untuk melihat tagihan listrik pra bayar saja, melainkan juga ID pelanggan digunakan untuk pengisian token listrik. Hanya saja terkadang kita lupa. Cara terbaik adalah dengan melihat struk tagihan. Namun terkadang kita tidak menyimpan struk tagihan sehingga tidak mengetahui nomor ID pelanggan PLN. Namun hanya dengan nama saja, Anda juga bisa mengetahui nomor ID pelanggan PLN Anda

Cara paling mudah adalah dengan mengunjungi kantor PLN terdekat. Cara ini dianggap paling mudah untuk mengetahui nomor ID pelanggan hanya dengan nama. Beberapa langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut ini. 

  1. Anda harus memastikan nama lengkap pemilik rekening listrik. Biasanya, rekening listrik menggunakan nama kepala keluarga. Terkadang nama rekening listrik adalah pemilik rumah sebelumnya, selama Anda belum mengganti ke nama Anda setelah membeli rumah. 
  2. Setelah mengetahui nama pemilik rekening listrik, Anda bisa langsung menuju ke kantor PLN terdekat. Cukup dengan menyebutkan nama pemilik rekening listrik. Setelah itu, pastikan bahwa alamat dan namanya benar. 
  3. Biasanya Anda juga akan dimintai untuk menunjukan kartu identitas diri, seperti KTP untuk mencocokan data dari pemilik rekening listrik. 
  4. Setelah mengetahui, langsung catat nomor ID pelanggan PLN Anda sehingga tidak kelupaan. 

Cara cek ID pelanggan PLN online

Selain mengunjungi langsung ke kantor PLN, cara cek ID pelanggan PLN juga bisa dilakukan secara online. Cara yang satu ini terbilang cukup mudah dan tidak membuang banyak waktu dan tenaga. Anda bisa mengetahui ID pelanggan PLN Anda melalui aplikasi atau website PLN itu sendiri. 

Melalui aplikasi PLN 

Anda bisa mendownload aplikasi PLN dan gunakan untuk mengetahui nomor ID pelanggan PLN. Aplikasi ini akan menampilkan data mulai dari nomor ID, nama pemilik rekening hingga tagihan listrik. Ada beberapa fitur menarik lainnya yang juga bisa Anda akses dengan aplikasi PLN ini. Tujuan adanya aplikasi ini akan memudahkan Anda mengetahui tagihan listrik pasca bayar Anda. 

Cek ID Pelanggan PLN Aplikasi PLN-mobile
Cek ID Pelanggan PLN Aplikasi PLN-mobile

Melalui website resmi PLN 

Cara lainnya untuk mengetahui nomor ID pelanggan PLN adalah melalui website resmi PLN. Caranya cukup mudah, hanya dengan memasukan nama pemilik rekening yang ingin kamu ketahui nomor ID pelanggannya. Kemudian baru mencocokan dengan nama – nama yang sudah muncul dan informasi lengkapnya. Apabila sudah cocok tinggal mencatat nomor ID-nya. 

Cara mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar

Sebenarnya banyak cara mudah untuk mengetahui nomor ID pelanggan PLN pasca bayar Anda. Ada 5 cara mudah yang bisa Anda lakukan, seperti berikut ini. 

Melalui meteran PLN 

Meteran PLN juga bisa menunjukan ID pelanggan PLN. Coba saja cek pada bagian barcode yang ada pada meteren. Di bawah barcode akan ada 11 hingga 12 digit angka yang merupakan nomor ID pelanggan Anda gunakan nomor tersebut untuk membayar tagihan listrik Anda. 

ID pelanggan PLN pada Kwh meter
ID pelanggan PLN pada Kwh meter

Struk PLN

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa nomor ID pelanggan bisa diketahui melalui struk pembayaran PLN sebelumnya. Nomor ID pelanggan PLN secara jelas dan gamblang tertera pada bukti pembayaran. Jadinya, jangan buang struk bukti pembayaran. Bisa saja sewaktu – waktu Anda lupa dan membutuhkannya. 

Cek ID Pelanggan PLN dengan Struk
Cek ID Pelanggan PLN dengan Struk

Dari kartu PLN 

Cara berikutnya untuk mengetahui nomor ID pelanggan PLN Anda adalah dari kartu PLN. Pertama kali mendaftar listrik, baik pasca bayar atau pra bayar, Anda akan diberikan kartu PLN. Kartu tersebut berisikan barcode dan tertera 11 hingga 12 digit angka ID pelanggan PLN Anda.

Apabila kartu PLN masih tersimpan, bisa digunakan untuk mengetahui ID pelanggan PLN. Jangan lupa untuk di fotocopy sebagai pengingat kalau sewaktu – waktu dibutuhkan. Tidak banyak orang tahu bentuk kartu PLN ini karena mungkin jarang digunakan, berikut ini bentuk kartu PLN :

Kartu PLN ID pelanggan
Kartu PLN ID pelanggan

Struk pembayaran E-commerce

Sekarang ini membayar tagihan listrik bisa dilakukan melalui e-commerce, seperti Bukalapak, Tokopedia dan masih banyak lagi. Hal ini dilakukan agar proses pembayaran semakin mudah. Selain itu, Anda bisa mengetahui ID pelanggan PLN Anda dari struk pembayaran E-commerce. Anda bisa membuka email Anda yang berisikan akan bukti pembayaran tagihan listrik terakhir Anda. Dari situ sudah tertera ID pelanggan PLN Anda, dan catat, siapa tahu dibutuhkan sewaktu – waktu. 

Menghubungi langsung pihak PLN 

Cara terakhir untuk mengetahui ID pelanggan PLN Anda adalah dengan menghubungi langsung pihak PLN. Pihak call center PLN bisa dihubungi tidak hanya melalui telpon saja, tapi juga Whatsapp, Email dan sosial media. Silahkan saja tanyakan ID pelanggan PLN Anda dilengkapi data pribadi yang dibutuhkan, seperti alamat rumah. Berikut ini beberapa call center PLN yang bisa Anda hubungi. 

Whatsapp:123
Telepon:(kode area) 123
Twitter:@pln_123
Facebook:PLN 123
Email :Pln123@pln.co.id