Penyebab Kenapa Meteran Listrik ada Tulisan Periksa?

Dibawah ini akan dijelaskan penyebab kenapa meteran listrik ada tulisan “Periksa”, pada beberapa tipe kWh tertentu ada juga yang disertai dengan gambar tangan. Apakah peringatan ini berbahaya ? dan apa saja faktor penyebabnya ? Serta apa saja langkah yang harus dilakukan pelanggan?

Berikut di artikel dibawah ini akan dijelaskan mengenai arti kode peringatan tersebut dan beberapa faktor penyebabnya.

Kenapa Meteran Listrik ada Tulisan Periksa?

Bersumber dari instagram PLN berikut adalah beberapa faktor yang bisa jadi penyebab ada tulisan “Periksa” pada meteran listrik prabayar :

kenapa meteran listrik ada tulisan periksa

1. Pengawatan kWh Meter Terbalik

Instalasi pengawatan harus sesuai pada kWh meter, jika tidak sesuai maka pembacaan pemakaian arus listrik tidak akan akurat. Tentunya karena instalasi pengawatan ini terletak di dalam kWh meter, sangat tidak disarankan untuk mengutak atik instalasi kabel bahkan salah salah bisa terkena denda oleh pihak PLN.

2. Tutup Terminal/ tutup kWh meter Terbuka

Tutup/ cover yang ada pada kWh meter hanya boleh dibuka oleh petugas PLN yang berwenang sehingga jika pengguna listrik baik secara sengaja atau tidak sengaja membuka tutup terminal ini maka akan terjadi pemutusan listrik secara otomatis disertai dengan tulisan “Periksa” pada display LCD.

Pada beberapa tipe kWh meter tertentu disertai juga dengan tombol temper yang menyala

Biasanya ada beberapa pemilik rumah yang secara tidak sengaja memang membuka kWh meter seperti misalnya kemasukan serangga atau hal lainnya. Sebaiknya walaupun tujuan nya untuk sekedar membersihkan area kWh meter, jika harus sampai membuka cover yang ada lebih baik tetap menghubungi petugas PLN.

Jika dilakukan sendiri, maka arus listrik akan dimatikan secara otomatis untuk mencegah pelanggan melakukan tindakan yang melanggar Penertiban Penggunaan Tenaga Listrik (P2TL). Kerusakan ini juga hanya bisa diperbaiki dengan menggunakan kode temper/ kode CT yang bisa didapatkan dari PLN.

3. Ada Indikasi Penyalahgunaan Listrik Pada kWh Meter

PLN bisa memonitor penggunaan listrik pelanggan, pada saat penggunaan dinilai tidak wajar maka pada meteran token ada tulisan periksa, jika pelanggan merasa tidak melakukan penyalahgunaan listrik maka bisa jadi pelanggan tersebut merupakan korban pencurian listrik.

Modus pencurian listrik ini bisa bermacam macam, mulai dari perubahan nilai kapasitas MCB atau dengan cara mengakali kWh meter dengan perubahan wiring nya.

PLN bisa memonitor penggunaan listrik serta bisa mendeteksi besaran konsumsi pemakaian listrik pelanggan karena adanya teknologi jaringan cerdas (smart grid) menggunakan Automatic Meter Reading (AMR). Alat AMR ini sudah terpasang pada setiap kWh meter pelanggan prabayar dan sudah terintegrasi dengan sistem pencatatan di PLN.

4. Ada Indikasi Gangguan Pada Instalasi Rumah Pelanggan

Penyebab meteran listrik ada tulisan “Periksa” yang paling banyak ditemui adalah karena adanya indikasi gangguan pada instalasi kelistrikan, ada banyak kemungkinan gangguan yang muncul yaitu :

Terjadi Kebocoran Listrik

Kasus kebocoran listrik bisa saja terjadi karena adanya kabel instalasi yang terkelupas karena digigit tikus atau terdapat isolasi yang tidak tertutup dengan baik. Jika tidak diperbaiki, kabel tersebut berpotensi menyebabkan percikan api yang bisa menyebabkan kebakaran.

Sehingga ada tulisan “Periksa” di meteran listrik untuk antisipasi supaya pelanggan melakukan pengecekan.

Untuk pengecekan bisa menggunakan kode meteran listrik yaitu dengan cara mematikan terlebih dahulu semua perangkat listrik di rumah lalu tekan tombol 44 pada digit meteran listrik yang berfungsi untuk melihat besarnya pemakaian arus listrik, lalu perhatikan apakah ada angka yang muncul.

Jika ada angka arus pemakaian yang muncul padahal semua beban listrik sudah dimatikan maka ada kemungkinan terjadi kebocoran listrik.

Kualitas Kabel Yang Tidak Sesuai Spesifikasi

Kualitas kabel yang tidak sesuai standar SNI memiliki spesifikasi rendah. Oleh karena itulah selalu cek kualitas kabel yang akan digunakan pada instalasi listrik rumah.

Grounding Yang Kurang Baik

Grounding ini wajib dipasang di instalasi kelistrikan untuk keselamatan penghuni rumah namun sayangnya masih banyak pengguna listrik yang kurang paham akan pentingnya pemasangan grounding dan pada kWh meter prabayar sudah bisa mendeteksi instalasi ground ini.

Selain dari penyebab diatas, ada juga penyebab lain yang bisa jadi penyebab tampilan error yang sama yaitu :

  1. Baterai kWh meter yang sudah lemah
  2. Isi Pulsa token sudah habis dan telat isi pulsa

Nah demikian artikel tentang penyebab kenapa meteran listrik ada tulisan “Periksa”, bagaimanapun sangat tidak disarankan untuk mengutak atik atau mengubah instalasi wiring yang ada pada kWh meter, jika terdapat masalah segera hubungi petugas PLN yang berwenang dan ingat juga untuk cek id pelanggan pln karena biasanya akan diminta oleh petugas Call Center PLN.

Adapun untuk cara menghubungi pln adalah bisa dengan menghubungi via telp Call Center PLN 123 yang merupakan layanan pln 24 jam.

Gravatar Image
Panduanteknisi.com adalah sarana sharing teknisi yang berpengalaman di bidang elektronika dan kelistrikan serta banyak menulis artikel tentang instalasi, reparasi dan tutorial seputar dunia elektronika