Instalasi Listrik Rumah Tangga

Instalasi Listrik Rumah Tangga penting untuk direncanakan, diperhitungkan serta dilakukan proses instalasi dengan baik supaya hasil instalasi tetap rapi, fungsional dengan tidak mengesampingkan faktor keselamatan penghuni rumah.

Instalasi Listrik Rumah Tangga

Secara sederhana tiap bangunan minimal terdapat 1 MCB untuk pengaman kelistrikan dari terjadinya kelebihan beban yang bisa menyebabkan korsleting listrik. Banyak terjadi kasus kebakaran yang disebabkan pemasangan instalasi listrik yang kurang baik, sambungan longgar maupun adanya kesalahan penyambungan.

Baca juga : Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Mencegahnya

Untuk diketahui bahwa pemasangan sumber listrik adalah tugas PLN, sedangkan instalasi kelistrikan sampai ke per titik nya sepenuhnya merupakan tanggung jawab pemilik rumah. Disinilah pentingnya manfaat instalasi listrik rumah tangga yang baik.

Instalasi sumber listrik adalah tugas PLN, sedangkan instalasi kelistrikan sampai ke per titik nya sepenuhnya merupakan tanggung jawab pemilik rumah

Pengertian Instalasi Listrik Rumah Tangga

Instalasi listrik rumah tangga adalah sistem rangkaian kelistrikan yang digunakan untuk menyalurkan daya listrik ke peralatan listrik untuk menunjang kenyamanan aktifitas rumah tangga sehari hari. Secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Instalasi pencahayaan listrik, yaitu sistem kelistrikan untuk memberikan daya listrik pada lampu dan merupakan fungsi utama listrik karena pada kondisi gelap akan sulit untuk mengidentifikasi objek di dalam rumah.
  2. Instalasi daya listrik, yaitu instalasi kelistrikan yang akan digunakan untuk suplai listrik selain lampu seperti kulkas, televisi, mesin cuci dan lain-lain.

Instalasi listrik rumah tangga harus benar benar direncanakan dan tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena sangat berhubungan dengan kenyamanan penghuni, dan lebih penting lagi berhubungan dengan keselamatan penghuni.

Instalasi listrik juga dibuat dengan kelayakan teknis sesuai dengan PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) yang memaksimalkan fungsi dengan tidak mengurangi estetika bangunan rumah.

Diagram Instalasi Listrik Rumah Tangga

Sebelum dilakukan proses instalasi listrik di rumah tinggal maka harus dibuatkan terlebih dahulu diagram instalasi listrik rumah tangga yang berdasarkan pada denah bangunan yang tentunya harus jelas, mudah dimengerti dan dibaca supaya memudahkan instalatir dalam memahami aliran listrik dan pada proses penyambungan kabelnya apalagi untuk instalasi listrik rumah 2 lantai yang secara perkabelan lebih rumit.

Pada diagram kelistrikan ini sudah terdapat standar, dan biasanya terdapat 3 jenis gambar yaitu :

1. Gambar Situasi

Gambar situasi fungsinya untuk menjelaskan letak posisi bangunan yang akan dilakukan instalasi serta penyambungan dengan jaringan listrik PLN terdekat. Pada gambar ini dijelaskan juga alamat lengkap dan jarak ke sumber listrik terdekat.

instalasi listrik rumah tangga - gambar situasi

2. Gambar Diagram Garis Tunggal dan Garis Ganda

Gambar diagram garis tunggal atau disebut juga Single Line Diagram adalah gambar perencanaan yang menjelaskan sambungan dari sumber listrik bisa dari PLN maupun berupa generator yaitu mulai dari kWh meter sampai ke peralatan listrik. Gambar ini digunakan pada proyek instalasi rumah tinggal sampai pada instalasi kelistrikan gedung.

Sesuai dengan namanya, pada gambar ini jalur kelistrikan diringkas menjadi satu kabel saja walaupun pada instalasi sebenarnya terdapat 3 fasa (R, S dan T).

instalasi listrik rumah tangga - diagram garis tunggal

Karena hanya terdiri dari satu garis, maka untuk membedakan jenis aliran listrik nya apakah itu fasa, netral atau ground disimbolkan dengan warna. Garis miring warna merah berarti kabel fasa, Garis miring warna biru berarti netral sedangkan garis miring warna hijau adalah ground. Pada gambar ini juga dijelaskan sistem grounding nya.

Sedangkan diagram garis ganda adalah gambar pelaksanaan, pada gambar ini kabel fasa dan netral dibuat sebagai garis terpisah

instalasi listrik rumah tangga - diagram garis ganda

3. Gambar Detail

Gambar detail adalah perincian dan keterangan pada seluruh instalasi kelistrikan yang akan dipasang, pada gambar ini terdapat :

  1. Perkiraan ukuran panel PHB (Panel Hubung Bagi)
  2. Cara pemasangan beban listrik
  3. Cara instalasi pemasangan kabel
  4. Cara kerja instalasi kontrol kelistrikan

Harga Instalasi Listrik Rumah Tangga

Biaya instalasi listrik rumah tangga terdapat 2 komponen utama yaitu biaya penyambungan kWh meter oleh pihak PLN dan biaya pemasangan instalasi kabel rumah biasanya dilakukan oleh jasa instalasi oleh instalatir sesuai dengan gambar diagram instalasi.

Baca juga : Harga Kabel Listrik untuk Instalasi Rumah

Untuk mengetahui biaya pemasangan listrik oleh PLN anda bisa melakukan simulasi di website resmi PLN sehingga lebih memudahkan dalam mempersiapkan anggaran untuk instalasi listrik.

Sedangkan untuk instalasi kelistrikan bisa menggunakan jasa instalasi yang biasanya menggunakan perhitungan biaya per titik dengan biaya yang bervariasi tergantung dari kualitas alat yang dipasang ditambah biaya ongkos tukang yang besarnya bervariasi tergantung lokasi. Pilih tukang listrik profesional yang bisa memperhitungkan faktor fungsi, efisiensi, estetika serta yang paling penting keamanan supaya nyaman dalam penggunaan

Berapa biaya/ harga instalasi listrik rumah ?

Besarnya biaya instalasi listrik yang dibutuhkan tergantung dari jenis instalasinya apakah perhitungan dengan material atau perhitungan non material. Untuk yang tidak mau ribet bisa memilih jasa instalasi listrik dengan material dengan kerugian tidak bisa memilih kualitas alat yang digunakan.

Sedangkan untuk instalasi listrik non material, bisa membeli sendiri alat kelistrikan yang dibutuhkan tentunya harus sedikit memiliki pengetahuan tentang listrik karena pemilihan seperti jenis stop kontak, ukuran kabel NYA, MCB tambahan tentu harus sesuai dengan standar keamanan.

Baca juga : Fungsi MCB

Berikut ini adalah tabel biaya/ harga instalasi listrik rumah tangga selengkapnya :

Biaya Instalasi Listrik Rumah Dengan Material

Jenis InstalasiSatuanBiaya Instalasi
Pasang stop kontaktitikRp. 155.000
Pasang stop kontak untuk ACtitikRp. 280.000
Pasang stop kontak water heatertitikRp. 280.000
Instalasi listrik lamputitikRp. 160.000
Instalasi listrik lampu tamantitikRp. 270.000
Instalasi listrik kabel antena TVtitikRp. 240.000
Instalasi listrik radar pompa airtitikRp. 250.000
Instalasi listrik panel MCB listrikunitRp. 220.000
Instalasi listrik MCBunitRp. 240.000

Biaya Instalasi Listrik Rumah Non-Material

Jenis InstalasiSatuanBiaya Instalasi
Instalasi listrik rumahtitikRp. 55.000
Pasang panel MCB listrikunitRp. 55.000
Pasang MCBtitikRp. 255.000
Pasang stop kontaktitikRp. 55.000
Pasang stop kontak ACtitikRp. 80.000
Pasang stop kontak water heatertitikRp. 75.000
Pasang lamputitikRp. 65.000
Pasang lampu tamantitikRp. 95.000
Pasang radar pompa airtitikRp. 85.000
Pasang lampu fitting plafontitikRp. 45.000
Pasang lampu gantungtitikRp. 45.000
Pasang lampu dindingtitikRp. 100.000
Pasang lampu neontitikRp. 120.000
Pasang lampu downlighttitikRp. 100.000
Pasang lampu halogentitikRp. 110.000
Pasang lampu sorottitikRp. 150.000
Pasang kipas angin gantungtitikRp. 150.000
Pasang kabel antena TVtitikRp. 75.000
Pasang kabel indukmeterRp. 110.000
Pasang exhaust fan dinding/plafontitikRp. 125.000
Pasang panel box maksimal 15 gruptitikRp. 150.000
Bobok stop kontaktitikRp. 30.000
Bobok saklar singletitikRp. 25.000
Bobok saklar serititikRp. 25.000
Bobok outlet telepontitikRp. 30.000
Bobok outlet antenatitikRp. 30.000
Bobok outlet MCBtitikRp. 55.000

Simbol Instalasi Listrik Rumah Tangga

Untuk melakukan perencanaan instalasi listrik di rumah tentunya digambarkan dengan simbol listrik yang sudah terdapat standar nya, walaupun bisa saja pekerjaan instalasi menggunakan jasa instalasi listrik rumah tangga namun tidak ada salahnya untuk mengetahui arti dari simbol instalasi listrik rumah tangga untuk memudahkan pemeliharaan kedepannya

Simbol Instalasi Listrik Rumah Tangga
simbol listrik dan fungsinya
sumber gambar : http://hobbytekniklistrik.blogspot.com/