Cara Mengatasi Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi meteran listrik muncul tulisan Periksa dan pada beberapa kasus juga muncul gambar tangan. Namun umumnya ada yang setelah dimasukkan kode tamper yang didapat dari PLN ternyata masih menunjukkan tulisan tersebut pada LCD meteran listrik.

Pada kasus ini maka kemungkinan besar terdapat masalah pada instalasi kelistrikan dirumah dan jika tidak diperbaiki terlebih dahulu, tulisan “Periksa” akan terus muncul berulang.

Bagaimana Cara Mengatasi Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa ?

Di artikel tentang kenapa meteran listrik ada tulisan periksa, terdapat beberapa kemungkinan penyebab munculnya tulisan “Periksa” pada kWh meter yaitu :

  1. Pengawatan kWh Meter yang terbalik
  2. Ada Indikasi Gangguan pada instalasi kelistrikan
  3. Grounding yang kurang baik
  4. Tutup/ cover kWh meter Terbuka baik karena disengaja ataupun tidak
cara mengatasi meteran listrik ada tulisan periksa

Untuk penyebab nomor 1-3 walaupun sudah dimasukkan kode temper yang didapat dari Call center PLN maka ada kemungkinan kode “Periksa” akan muncul lagi selama instalasi kelistrikan belum diperbaiki sebagai antisipasi terjadinya kebocoran listrik yang dapat memicu korsleting listrik sebagai penyebab paling sering kebakaran.

Yang cukup sering ditemui adalah instalasi grounding yang kurang baik, instalasi ground harus dilakukan oleh profesional untuk mencegah muncul nya peringatan periksa pada kWh meter, umumnya terdapat kesalahan pemasangan berupa kabel Ground yang seringkali disatukan dengan Netral yang mana hal ini tidak boleh dilakukan namun bisa saja terjadi karena kesalahan tukang yang saat pemasangan kabel kelistrikan rumah.

Selain itu yang juga banyak ditemui adalah adanya instalasi kelistrikan yang kurang baik, penyebabnya bisa dari :

  1. Kualitas kabel yang jelek sehingga menyebabkan kabel terkelupas dan kontak dengan tembok
  2. Koneksi sambungan yang longgar, bisa dari sambungan antar kabel atau sambungan di T-dos
  3. Ada kabel yang isolasi bocor, bisa disebabkan karena gigitan tikus

Jika ternyata penyebab diatas tidak ditemukan atau kebocoran kabel justru terlalu banyak, solusi paling mudahnya adalah instalasi kabel yang baru tentunya oleh Instalatir yang resmi sehingga sesuai dengan SLO (Sertifikat Laik Operasi). Dan jika dirasa instalasi sudah sesuai ketentuan maka bisa dicoba dimintakan kode tamper untuk reset.

Apa itu Kode Tamper/ Kode Temper PLN ?

Kode Clear Tamper (CT) atau yang biasa disebut kode temper PLN adalah kombinasi angka sebanyak 20 digit yang diperlukan untuk mereset kWh meter yang bermasalah muncul tulisan “Periksa” pada tampilan LCD meteran listrik.

Biasanya masalah pada kWh meter ini akan disertai dengan munculnya gambar tangan pada jenis meteran tertentu dan juga lampu indikator tombol temper menyala.

Fungsi kode Tamper adalah untuk reset meteran listrik

Sehingga meteran kembali ke kondisi sebelum kWh meter bermasalah

Kode ini hanya bisa diberikan oleh petugas berwenang, cara menghubungi pln bisa melalui telp Call center PLN 123 dan di Aplikasi PLN Mobile dan jelaskan permasalahan yang ada pada meteran listrik. Biasanya petugas PLN akan datang tidak lama karena adanya layanan PLN 24 jam.

Saat akan menghubungi CS PLN siapkan juga nomor ID pelanggan karena kode CT yang berupa token ini tentunya berbeda beda untuk tiap kWh meter.

Cara Memasukkan Kode Tamper PLN

Cara memasukkan kode tamper sama saja dengan cara mengisi token listrik yaitu dengan memasukkan 20 digit angka lalu tekan “enter” namun kode ini hanya bisa digunakan satu kali saja. Untuk itu sebelum memasukkan kode tamper, pastikan bahwa penyebab munculnya “Periksa” sudah diperbaiki supaya tidak meminta lagi kode CT ke Call center PLN 123.

Demikian sharing tentang solus mengatasi meteran listrik muncul tulisan periksa semoga bermanfaat

Gravatar Image
Panduanteknisi.com adalah sarana sharing teknisi yang berpengalaman di bidang elektronika dan kelistrikan serta banyak menulis artikel tentang instalasi, reparasi dan tutorial seputar dunia elektronika