Cara Cek Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Apa penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya? jika TV LED mengalami kerusakan tidak ada gambar sama sekali maka terdapat beberapa kemungkinan masalah tergantung model TV tersebut. Apalagi pada TV dengan tipe smart TV kadang tidak bisa diprediksi apakah kerusakan pada board, kesalahan program factory pada TV atau bahkan kesalahan kabel wiring.

Dibawah ini adalah beberapa pengecekan yang bisa dilakukan baik bagi pengguna TV orang awam maupun untuk teknisi service TV sebagai acuan untuk cara memperbaiki TV LED baik itu untuk merk LG, Polytron, Panasonic maupun TV China seperti Coocaa.

penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Sebelum berlanjut ke pengecekan kerusakan teknis, khususnya bagi pengguna yang awam cek dulu beberapa hal berikut :

  1. Cabut kelistrikan ke TV LED
  2. Biarkan dalam kondisi tercabut selama beberapa jam, terkadang cara ini bisa menyelesaikan masalah dengan sendirinya
  3. Jika ada fungsi untuk kode remote/ factory reset pada unit TV cara ini juga bisa dicoba
  4. pastikan koneksi sudah sesuai, jika koneksi seharusnya adalah HDMI maka gunakan tipe input HDMI. Jika menggunakan tipe input video DVI atau tipe component mungkin akan menyebabkan TV LED tidak ada gambar

Berikutnya adalah pengecekan adanya kemungkinan kerusakan part, pada beberapa kerusakan part ada ciri khusus sehingga biaya perbaikan kerusakan mungkin bisa diprediksi lebih awal. Karena pada dasarnya semua kerusakan TV LED bisa diperbaiki tapi umumnya biaya perbaikan TV LED memang mahal apalagi jika terjadi kerusakan pada panelnya.

1. Kerusakan pada LED backlight

Kerusakan yang satu ini termasuk pasling sering terjadi pada TV jenis LED, untuk mengecek apakah terdapat kerusakan pada backlight cukup mudah dilakukan, berikut langkah nya :

  1. Kondisikan ruangan pada kondisi gelap lalu nyalakan TV
  2. Setelah TV menyala dengan kondisi tv hidup tapi tidak ada gambar sedangkan ada suara, coba sinari display layar TV dengan senter
  3. Jika terdapat bayangan gambar abu-abu bergerak pada layar TV maka kerusakan ada pada bagian backlight
Kerusakan pada LED backlight

Penyebab kerusakan lampu backlight tidak menyala umumnya dikarenakan backlight inverter board yang tidak berfungsi, biasanya terdapat beberapa kapasitor yang jelek. Ini juga yang menjadi alasan kenapa tv led cepat rusak jika dibandingkan dengan TV tabung yaitu karena lampu LED backlight yang usianya memang pendek apalagi jika digunakan pada waktu nyala yang lama.

Untuk kerusakan seperti ini biasanya tidak terlalu mahal dan kerusakan sebenarnya bukan pada panel. Hanya saja perbaikan cukup rumit karena harus membongkar panel yang terdiri dari beberapa layer.

2. Kerusakan pada T-Con Board

Fungsi T-Con pada TV LED sangat vital yaitu untuk meng-generate gambar dengan menghasilkan timing sinyal horizontal dan vertikal. Sinyal dari T-Con ini digunakan untuk mengontrol driver pada panel kaca.

T-Con sendiri merupakan singkatan dari Timing Controller dan posisinya umumnya terpisah dari mainboard mapun dari panel LED. Bisa di bawah panel. dibelakang panel bahkan ada yang menyatu dengan panel LED. Modul T-Con biasanya dihubungkan ke panel dengan menggunakan kabel flat tipis.

Sebelum cek tegangan pada T-con pastikan cek dulu Fuse SMD pada T-Con apakah putus atau tidak?

Pada modul T-Con terdapat beberapa titik pengukuran yang vital, namun sebelum dilakukan pengukuran ini sebaiknya pastikan dulu fuse SMD tidak putus karena jika fuse ini putus maka sudah pasti tegangan Vin ke T-con tidak ada yang berakibat modul tidak bekerja.

Berikut beberapa ciri kerusakan TV LED yang bisa disebabkan karena T-Con :

  1. Layar TV hidup tapi tidak ada gambar/ blank gelap (Cek pada tegangan Vdd 3.3v)
  2. Layar blank putih (cek pada tegangan VGH )
  3. Garis vertikal berwarna (cek tegangan AVdd)
Penyebab TV LED Tidak Ada Gambar kerusakan t-con

Cek juga pada tegangan supply untuk T-con umumnya bisa 12 Volt atau 5 Volt (V in), pada modul T-con tegangan ini dibagi bagi lagi menjadi AVdd, VGH, VGL, Vdd dan Vcom.

3. Cek pada Kabel LVDS

Kabel LVDS pada TV LED berfungsi untuk mengumpankan data frekuensi tinggi dari mainboard ke modul T-con, LVDS adalah singkatan dari Low Voltage Differential Signaling yang sesuai namanya merupakan jenis tegangan rendah sehingga jika ada kontak yang kurang bagus akan sangat berpengaruh ke hasil gambar.

kabel LVDS untuk LED TV

Kadang bisa juga terjadi jika TV ditempatkan pada tempat yang lembab menyebabkan korosi pada konektornya, solusinya bisa dengan membersikan koneksi dan mengganti kabel ditakutkan dari luar terlihat bagus tapi sebenarnya terdapat kotoran/ korosi didalamnya.

4. Kerusakan Pada Panel LED

Yang paling ditakutkan adalah kerusakan pada panel LED TV karena harga dari part ini adalah sekitar 80-90% dari harga TV itu sendiri. Jika ketiga bagian diatas sebelumnya ternyata normal maka kemungkinan besar harus ganti panel.

Tetapi pada TV keluaran terbaru, terkadang modul T-con juga menyatu dengan panel sehingga walaupun kerusakan sebenarnya hanya pada modul T-con, teknisi mungkin akan mendiagnosa kerusakan langsung pada panelnya yang tentunya membuat biaya service TV LED tidak ada gambar menjadi mahal baik untuk merk LG, Polytron, maupun Samsung.

Nah demikian beberapa penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya semoga bisa bermanfaat.