Cara Cek RAM Laptop Windows 7 dan Windows 10

Posted on

Bagaimana cara cek RAM laptop atau memory laptop yang sudah terinstall pada windows 7 dan windows 10 ? sebenarnya cara nya sangat mudah dan terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan bahkan tanpa perlu membuka casing laptop nya. Bagi sobat yang sama sekali belum mengetahui apa itu RAM, itu adalah kepanjangan dari Random access memory, berikut link wikipedia tentang Pengertian Memory RAM.

Ada beberapa cara mengecek RAM laptop tergantung pada point yang akan dicek nya, misalnya berapa kapasitas nya, bagus atau tidak nya ataupun misalnya mengecek berapa memori yang terpakai saat laptop digunakan.

cara cek ram laptop

Mengetahui type RAM laptop yang terinstall wajib diketahui khususnya saat akan mengganti atau mungkin upgrade memory ke yang lebih tinggi untuk meningkatkan performa laptop, berikut ini dibawah beberapa cara mengecek RAM laptop pada berbagai jenis OS sekaligus mengetahui performa memory RAM :

Cara Cek RAM Laptop Windows 7

Cara cek berapa RAM yang terpasang pada laptop Windows 7 sangatlah mudah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan :

  1. Dari tampilan desktop atau dari start menu Windows 7, klik kanan pada menu computer dan pilih properties.
  2. Akan muncul System Properties window, pada window tersebut akan muncul “Installed memory (RAM)” dengan total yang terdeteksi. Sebagai contoh pada gambar dibawah ini terdapat memory RAM 4G GB yang terinstall pada laptop.
Cara Cek RAM Laptop Windows 7

Atau bisa juga dengan cara berikut ini :

  1. Klik menu start pada taskbar Windows 7
  2. Pada search box/ kotak pencarian yang muncul ketikkan “ram” tanpa menggunakan tanda petik. Lalu akan muncul beberapa hasil pencarian, pilih pada bagian Show how much RAM is on this computer.

Cara Cek RAM Laptop Windows 10

Cara cek RAM Win 10 berikut ini bisa dilakukan juga pada Windows 8 baik itu laptop ataupun PC :

  1. Klik pada menu start/ikon Windows yang secara default berada di sbelah pojok kiri bawah taskbar
  2. Pada kotak yang muncul / atau Search box, ketikkan “ram” tanpa tanda petik dan pilih menu Show how much RAM is on this computer atau View RAM info
cara cek ram laptop win 10

Akan muncul windows seperti berikut :

Cara Cek RAM Laptop Windows 10

Atau untuk cara cek ram laptop win 10 bisa juga dengan menggunakan cara alternatif seperti dibawah ini :

  1. Klik kanan menu start sehingga muncul menu ke atas
  2. Klik pada pilihan System, akan muncul windows baru seperti gambar diatas

Cara Cek Tipe RAM Laptop DDR2 atau DDR3 atau DDR4

Terkadang kita sudah mengetahui berapa kapasitas RAM yang terinstall namun belum mengetahui type RAM apakah DDR2 atau DDR3 yang terinstall pada laptop/ PC kita, kenapa tipe RAM laptop perlu diketahui ?

Teknologi RAM yang digunakan pada laptop tentunya mengalami peningkatan dan salah satu cirinya adalah RAM yang dinamakan DDR, Umumnya saat ini menggunakan DDR2 atau DDR3, kapasitas maksimal tipe RAM tersebut berbeda bahkan secara fisik pun berbeda pada bagian key notch nya, berikut perbedaan secara fisik :

Cara Cek Tipe RAM Laptop DDR2 DDR3 atau DDR4
perbedaan DDR 3 dan DDR 4

Tapi tentunya cara cek ram laptop ddr berapa, apakah DDR 2, DDR 3 atau DDR 4 dengan cara membuka casing laptop tentu cukup sulit apalagi pada beberapa tipe laptop menyebabkan stiker garansi harus rusak dikarenakan membuka casing tersebut.

Cara cek tipe RAM laptop yang direkomendasikan yaitu dengan cara menginstall aplikasi CPU Z yang bisa didownload pada website CPU ID. Berikut tampilan beberapa type memori setelah terdeteksi oleh aplikasi CPU Z yang bisa dilihat pada tab Memory atau SPD :

cara mengetahui RAM laptop dengan aplikasi

Cara Mengetahui RAM Laptop Yang Terpakai

Apa pentingnya mengetahui seberapa besar kapasitas RAM laptop yang terpakai ? Hal ini penting sekali sebelum memutuskan untuk menambah/ upgrade RAM pada Notebook. Alasan upgrade mungkin saja laptop sudah terasa lambat atau hank pada saat dijalankan beberapa aplikasi yang berat. Padahal penyebab laptop lambat bisa dari processor nya atau bisa juga dari memori RAM nya.

Setinggi apapun sobat mengupgrade memori RAM misalnya dari 4 GB menjadi 8 GB tetapi jika processor yang digunakan adalah celeron maka tetap saja akan terasa lambat. Nah untuk memastikan berapa RAM laptop yang digunakan, berikut penjelasan cara mengetahui ram laptop yang terpakai, apakah masih mencukupi atau tidak. :

Cara Mengetahui RAM Laptop Yang Terpakai Pada Windows 7

Untuk mengetahui berapa RAM yang available untuk digunakan saat ini bisa membuka menu Task manager, berikut beberapa cara untuk membuka task manager windows 7 :

  1. Pada saat laptop kondisi menyala, pada menu apapun tekan tombol ctrl + alt + delete secara bersamaan atau
  2. Pada task bar windows 7 klik kanan lalu akan muncul windows dengan tampilan yang kecil, pilih task manager
  3. Akan muncul windows Task manager pilih pada Tab Performance maka akan ditampilkan dalam grafik seberapa persen memory terpakai
Cara Mengetahui RAM Laptop yang Terpakai Windows 7
Cara mengetahui RAM laptop yang terpakai Win 7

Cara Mengetahui RAM Laptop Yang Terpakai Pada Windows 10

Sistem operasi windows 10 tentunya menggunakan memory yang lebih besar jika dibandingkan dengan OS sebelumnya yaitu windows 7, cara yang digunakan tetap sama dengan menggunakan task manager dengan cara sebagai berikut :

  1. Tekan tombol ctrl + alt + delete secara bersamaan atau
  2. Pada task bar windows 7 klik kanan lalu akan muncul windows dengan tampilan yang kecil, pilih task manager
  3. Pada menu windows Task manager pilih pada tab performance, seperti yang bisa dilihat bahwa pada Windows 10 tampilannya lebih informatif hingga menunjukkan grafik seberapa persen memory terpakai
Cara Mengetahui RAM Laptop yang Terpakai Windows 10
Cara mengetahui RAM laptop yang terpakai Win 10

Baiklah demikian artikel kali ini tentang cara mengecek ram laptop semoga bisa menambah pengetahuan pengunjung website panduanteknisi.com