Perlukah Mengganti Thermal Paste Laptop Terbaik ?

Sering menjadi pertanyaan apakah mengganti thermal paste laptop harus dilakukan jika laptop sudah digunakan cukup lama ? berikut dibawah ini adalah artikel tentang thermal paste laptop.

Thermal Paste Laptop

Apa itu Thermal Paste Laptop ?

Thermal paste laptop adalah sejenis bahan penghantar panas yang sangat baik untuk digunakan antara prosesor laptop dengan heat sink atau pendingin berupa alumunium. Thermal paste atau thermal grease secara signifikan bisa menurunkan panas pada CPU supaya tidak overheat.

Idealnya antara chipset dengan heatsink tidak terdapat celah namun kenyataanya permukaan keduanya tidaklah rata sehingga perpindahan panas tidak optimal.

Fungsi thermal paste pada laptop maupun pada PC adalah untuk mengisi gap atau celah mikroskopis antara heat sink dengan chip prosesor, sehingga prosesor bisa bekerja dengan optimal. Bahkan pada beberapa tipe prosesor jika tidak menggunakan thermal paste bisa terbakar dikarenakan overheat.

Pengertian Thermal Paste Laptop

Thermal paste terbuat dari heat-conductive metal yang sangat baik dalam menghantarkan panas, umumnya sering digunakan pada produk elektronik untuk memaksimalkan proses pendinginan pada komponen dengan cara meneruskan panas ke heat sink yang kemudian didinginkan lagi dengan fan seperti pada prosesor PC maupun pada VGA card/ GPU (graphics processing unit)

Mengganti Thermal Paste Laptop

Kapan diperlukan untuk mengganti thermal paste laptop ? Idealnya baik itu pada laptop maupun pada PC ataupun VGA tidak diperlukan penggantian thermal paste laptop ini bahkan hingga selama 10 tahun.

Namun pada kondisi tertentu kadang harus dilakukan lebih cepat. Pada kondisi seperti apa mengganti thermal paste laptop ini harus dilakukan ? berikut penjelasannya :

  1. Jika laptop digunakan untuk keperluan gaming dengan spesifikasi yang cukup berat
  2. Jika terjadi overheat pada prosesor (high cpu temp), tentunya harus dipastikan juga apakah fan cooling berputar dengan normal. Bisa jadi overheat disebabkan fan pada heat sink tidak berputar.
  3. Jika dilakukan penggantian pada heat sink, ketika mengganti heat sink berupa pendingin alumunium pada prosesor maka harus dilakukan penggantian thermal paste karena saat memasangnya lagi akan meninggalkan celah kecil (air bubbles) antara heat sink dengan prosesor.
  4. Jika laptop sering mati mendadak, pada CPU maupun pada VGA biasanya sudah terdapat proteksi berupa OTP (Overheat Temperature Protection) yang akan mematikan perangkat secara otomatis ketika suhu terdeteksi terlampau tinggi untuk menghindari kerusakan lebih parah. Biasanya aktif pada suhu berkisar 100 °Celcius.

Suhu prosesor 80-85 °Celcius masih merupakan batas aman untuk jenis prosesor i5 – i7

Cara menggunakan thermal paste pada laptop sebenarnya gampang gampang susah tergantung pada seberapa mudah untuk membuka casing laptop tersebut karena tidak seperti meng-upgrade memory laptop atau hardisk, biasanya untuk membuka bagian prosesor diperlukan membuka casing secara keseluruhan.

cara menggunakan thermal paste pada laptop

Dibawah ini merupakan beberapa rekomendasi thermal paste yang bagus untuk laptop, walaupun harganya cukup mahal namun tentunya sebanding dengan kualitas dan performanya.


Thermal Paste Laptop Terbaik

Jika memang diharuskan untuk mengganti thermal paste pada notebook, maka gunakan thermal paste laptop terbaik supaya penggunannya lebih awet. Apa saja perbedaan thermal paste murah dan mahal, berikut beberapa diantaranya :

  1. Konduktivitas suhu yang lebih baik, dengan menggunakan heatsink yang sama akan terlihat perbedaan dengan menggunakan aplikasi monitor suhu. Pada thermal paste yang bagus maka suhu akan lebih tinggi 5-10 °Celcius karena penghantaran panas yang lebih baik.
  2. Ketahanan terhadap suhu tinggi, thermal paste yang bagus walaupun sering digunakan pada suhu tinggi tetapi tidak akan mudah mengeras.
  3. Thermal paste yang baik memiliki nilai konduktivitas yang baik. Biasanya dilabeli dengan satuan W/mK (Watt per meter Kelvin) semakin tinggi angka ini maka semakin baik konduktivitasnya dan semakin mahal harganya.

Berikut ini adalah beberapa thermal paste laptop terbaik yang bisa anda pilih :

1. Arctic Silver 5 AS5-3.5G

Thermal paste ini termasuk salah satu thermal paste laptop terbaik dengan konduktivitas hingga 8.9 W/mK yang biasanya digunakan pada perangkat high-end. Suhu maksimal nya berkisar di 130 °C, performa yang tinggi ini dikarenakan bahan yang terkandung berupa perak.

thermal paste laptop Arctic Silver 5 AS5-3.5G

Harga thermal paste laptop Arctic Silver 5 berkisar Rp.130.000 – Rp.220.000 untuk produk dengan volume 3.5gr inject.

2. DeepCool Z9 Thermal Paste

Thermal paste dengan Thermal Conductivity >4 W/m-K dan suhu operasi -40°C- 200°C, kelebihan dari thermal paste ini adalah range suhu yang lebih lebar sehingga cocok digunakan pada laptop yang sering digunakan di lapangan. Thermal grease DeepCool Z9 ini juga didesain untuk mencegah kerusakan elektrik yang bisa disebabkan thermal paste.

DeepCool Z9 Thermal Paste

Harga thermal paste laptop DeepCool Z9 berkisar dibawah Rp.100.000

3. Cooler Master MasterGel

Thermal paste ini menggunakan teknologi partikel nano diamond dengan fitur non elektrik sehingga aman dari risiko korsleting listrik pada CPU dengan thermal conductivity berkisar pada angka 5 W/m-K

thermal paste Cooler Master MasterGel

Harga thermal paste laptop Cooler Master MasterGel berkisar Rp.60.000 untuk kemasan inject dengan volume 1.5 gr.

4. Thermal Paste Grizzly Kryonaut

Thermal paste laptop terbaik berikutnya adalah Grizzly Kryonaut dengan range temperatur yang sangat baik yaitu -250 °C – +350 °C dan dengan thermal conductivity 12,5 W/mk.

Fitur lainnya yang sangat penting yaitu ketahanan pasta yang lebih lama serta adanya kandungan nanopartikel alumunium dan zinc oxide yang memaksimalkan konduktivitas panas plat hearsink dengan prosesor.

Thermal Paste Grizzly Kryonaut

Thermal paste Kryonaut juga tidak menghantarkan listrik sehingga aman untuk CPU tidak menyebabkan korsleting pada CPU. Harga thermal paste laptop ini berkisar dibawah Rp.100.000 untuk volume 1 gram.

5. Coollaboratory Liquid Ultra

Merupakan thermal paste yang 100% terbuat dari metal sehingga memiliki konduktivitas suhu yang tentunya sangat baik, teksturnya yang lebih “basah” juga memudahkan dalam pengaplikasian pada prosesor. Bahkan thermal conductivity nya hingga 128W/mK.

Namun penggunaan thermal paste metal ini hanya bisa digunakan pada heat sink dengan material tembaga dan perak saja, tidak cocok untuk heatsink jenis alumunium karena bisa merusak permukaannya.

Coollaboratory Liquid Ultra thermal paste

Selain itu pemasangannya harus dilakukan dengan sangat teliti, karena berbahan metal sehingga bersifat menghantarkan listrik (electrical conductor), jika terkena pada komponen di sekitar CPU maka bisa menyebabkan korsleting.

Harga thermal paste laptop ini cukup mahal di kisaran Rp.300.000

Mengganti thermal paste laptop memang diperlukan ketelitian sehingga bagi anda yang awam tidak disarankan untuk menggantinya sendiri karenan bisa menyebabkan kerusakan pada laptop. Selain itu harga ganti thermal paste laptop juga tidak terlalu mahal untuk itu disarankan menggunakan jasa teknisi laptop.