Fungsi RAM Pada Komputer dan HP dan Jenisnya?

Apa Fungsi RAM ? RAM dikenal sebagai memori sementara pada komputer maupun pada HP smartphone dan merupakan salah satu point yang sangat mempengaruhi performa komputer laptop maupun HP.

fungsi ram pada komputer dan hp

Pada artikel ini akan membantu Anda lebih memahami tentang apa itu RAM serta apa fungsi RAM dengan lebih detail dan mendalam!

Apa itu RAM?

RAM (Random Access Memory) secara singkat didefinisikan sebagai memori sementara komputer yang membantu menyimpan informasi terkini sehingga CPU dapat mengakses dan memprosesnya. RAM tidak dapat menyimpan data ketika daya dimatikan. Jika komputer kehilangan daya atau kita mematikan komputer, data pada RAM akan terhapus.

Data pada RAM disimpan pada setiap sel memori dan setiap sel memori memiliki alamat yang berbeda dan kecepatan membaca dan menulis setiap sel memori adalah sama. Semakin besar RAM, semakin banyak pekerjaan yang dapat ditangani, sehingga memori RAM yang berukuran lebih besar memiliki kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi yang berarti performa yang lebih baik.

Komputer dengan jumlah RAM yang besar dapat menangani banyak tugas yang berbeda tanpa menyebabkan lag dan hang. Saat ini dipasaran juga sudah terdapat banyak sekali jenis RAM dengan konfigurasi dan kapasitas yang berbeda-beda.

cara kerja ram komputer dan hp

Fungsi RAM Pada Komputer

Fungsi dari RAM pada komputer adalah untuk menyimpan data sementara, perintah sistem operasi, menjalankan proses aplikasi. Alih-alih harus menyimpan ke hard drive, menyimpan ke RAM akan membantu berjalan lebih cepat. Jika kapasitas RAM habis, maka data akan disimpan ke memori virtual.

Baca juga : Cara Cek RAM Laptop

RAM adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah komputer dan mempengaruhi semua aktivitas di komputer, dari operasi dasar seperti membuka Word, Excel, menjelajahi web hingga proses lainnya seperti bermain game, game hiburan, dan lainnya.

Fungsi RAM Pada Komputer

Besarnya jumlah RAM membuat proses operasi serta waktu respon pengguna terhadap aplikasi menjadi lebih cepat, karena lebih menghemat data. Jadi, semakin banyak RAM yang kamu miliki, semakin cepat dan lancar komputer kamu akan berjalan.

Fungsi RAM Pada HP

Fungsi RAM di HP sama dengan RAM di komputer secara umum. Pada HP, ketika semakin besar kapasitas RAM maka semakin banyak banyak informasi yang dapat ditampung dan dapat menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan. Ketika RAM bertambah besar maka ketika kita memainkan aplikasi berat,

Fungsi RAM Pada HP

Misalnya saja aplikasi Game 3D akan lebih mulus dan halus saat dimainkan, karena game yang menggunakan grafik 3D, dapat menghabiskan banyak RAM untuk menyimpan grafik, bentuk, dan suara 3D.

Fungsi Slot RAM

Jika kamu merakit sebuah komputer, pastinya kamu akan melihat ada Slot RAM. Fungsi Slot RAM ini adalah tempat untuk memasangkan RAM pada motherboard. Jumlah dari slot RAM ini biasanya lebih dari satu tergantung dari motherboard yang digunakan.

Fungsi Slot RAM

Slot RAM ini juga memiliki jenis soket yang berbeda-beda tergantung dari tipe RAM yang support pada motherboard tersebut. Jadi sebelum membeli RAM untuk menambahkan RAM pada komputer, pastikan terlebih dahulu slot RAM tersebut menggunakan tipe RAM apa.

Jenis-Jenis RAM

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis RAM yang umum digunakan pada komputer atau laptop :

  • SDRAM (singkatan dari Synchronous Dynamic RAM): Juga dikenal sebagai ram sinkron.
  • DDR (Double Data Rate SDRAM) : Versi SDR yang disempurnakan dengan 184 pin, sangat sedikit komputer yang masih menggunakannya.
  • DDR2 : Versi upgrade dari DDR1, DDR2 memiliki 240 pin untuk peningkatan kecepatan yang signifikan, jenis RAM ini umumnya digunakan di komputer model lama.
  • DDR3 : Adalah salah satu jenis ram berkecepatan tinggi yang banyak digunakan saat ini.
  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM) : umumnya dikenal sebagai Ram bus, dibuat dengan teknik terbaru dan tercanggih dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
  • DDR4 : Lahir pada tahun 2014, menggantikan DDR3, ditingkatkan dalam hal kecepatan transmisi dari 2133-4266 MHz, menggunakan tegangan yang lebih rendah hanya 1.2V. Selain itu, RAM DDR4 juga lebih mahal dari DDR3.
Gravatar Image
Panduanteknisi.com adalah sarana sharing teknisi yang berpengalaman di bidang elektronika dan kelistrikan serta banyak menulis artikel tentang instalasi, reparasi dan tutorial seputar dunia elektronika