Cara Memperbaiki Remot TV Tombol Tidak Berfungsi dengan Mudah!

Remote TV merupakan salah satu perangkat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun terkadang, ada saja masalah yang muncul dari remote TV ini salah satunya yaitu tombolnya tidak berfungsi sehingga tidak bisa mengganti channel TV menggunakan remote.

Maka dari itu, berikut adalah tutorial cara memperbaiki remot TV tombol tidak berfungsi yang ada di bawah ini!

Cara Mudah Cek Fungsi Remote

Sebelum melakukan pengecekan lebih jauh kerusakan, sebaiknya lakukan dulu pengecekan remote. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara memeriksa sinyal infra merah dengan menggunakan kamera pada HP. Cukup arahkan ujung depan remote ke arah kamera, tekan lali tahan beberapa tombol pada remote

cara test remote

Seharusnya jika remote masih berfungsi dengan baik maka akan muncul kilatan cahaya seperti gambar diatas, pada kondisi ini maka bisa disimpulkan remote TV dalam keadaan normal dan kerusakan pada unit TV.

Baca juga : 6 Cara Memperbaiki Remot TV Tanpa Ribet

Penyebab Tombol Remote TV Tidak Berfungsi Sebagian yang Wajib Diketahui Sebelum Mengatasinya!

Penyebab mengapa tombol remote TV Anda tidak dapat berfungsi tentunya bisa diakibatkan karena bermacam-macam hal. Dalam banyak kasus, masalah ini dapat diatasi dengan memahami penyebab-penyebab umumnya terlebih dahulu supaya nantinya bisa mendapatkan solusi  yang efektif.

Berikut adalah tiga penyebab umum mengapa tombol remote TV Anda tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya :

1. Baterai Lemah atau Habis

Salah satu penyebab paling umum dari tombol remote TV yang tidak berfungsi sebagian adalah baterai yang lemah atau habis. Baterai adalah sumber daya utama yang menyediakan tenaga untuk remote TV Anda.

Ketika baterai mulai melemah, daya yang diberikan kepada remote menjadi tidak cukup, dan ini dapat mengakibatkan tombol-tombol remote tidak merespons atau merespons dengan lambat.

Umur baterai yang digunakan pada remote biasanya akan bertahan lama, namun untuk mempermudah pengecekan bisa menggunakan alat battery tester seperti dibawah ini untuk mengecek kondisi baterai :

battery tester panduanteknisi

2. Kotoran atau Debu

Penyebab lainnya seperti kotoran, debu, atau serpihan makanan biasanya mengumpul di bawah tombol-tombol remote TV seiring berjalannya waktu. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka tentunya dapat menghambat pergerakan tombol atau mengganggu koneksi yang terjalin antara tombol dan sirkuit elektronik di dalam komponennya.

Pada permasalahan tombol remote tv tidak berfungsi sebagian yang paling sering terjadi adalah adanya kotoran pada tombol remote, Berikut contoh conducting point pada remote yang terdapat kotoran sehingga tidak terkoneksi dengan baik ketika remote TV ditekan :

conducting point remote

3. Adanya Korosi

Salah satu tanda adanya korosi di dalam remote TV yaitu terdapat karat di dalamnya di mana hal ini dapat terjadi jika perangkat ini terkena cairan atau kelembaban. Maka dari itu, jangan heran jika korosi ini dapat menyebabkan masalah terhadap tombol di remote TV baik itu tidak berfungsi sebagian atau semuanya.

battery remote corrotion

Penyebab korosi ini adalah karena penggunaan baterai dengan kualitas yang kurang baik sehingga baterai bocor dan cairan kimia menyebabkan karat pada terminal kontak.

Ketahui Cara Mudah Mengatasi Remote Smart TV Tidak Berfungsi!

Remote Smart TV yang tidak berfungsi adalah masalah umum yang seringkali dihadapi beberapa saat ini. Namun, sebagian besar masalah ini dapat diatasi dengan mudah melalui serangkaian langkah sederhana sebelum mempertimbangkan untuk melakukan servis.

Untuk mereset remote smart TV cukup dengan mencabut baterai dan tekan tombol power di remote selama beberapa detik

Proses reset remote ini dapat mengembalikan pengaturan default dan menghilangkan konfigurasi sebelumnya atau masalah sementara yang mempengaruhi kinerjanya. Prosedur reset ini tentunya  bervariasi tergantung pada merek dan model remote TV Anda.

  1. Cabut baterai dari remote
  2. Pada tombol remote TV, tekan tombol power selama kurang lebih 3-5 detik
  3. Masukkan kembali baterai ke remote, perhatikan polaritas positif dan negatif baterai

Meskipun begitu, untuk masalah remote smart tv tidak berfungsi, pada beberapa model TV Anda dapat mencari petunjuk mengenai cara reset remote tersebut melalui manual book yang diberikan pada saat awal membelinya. Atau, Anda juga bisa mencari informasi lengkapnya melalui situs website resminya tentang cara melakukan reset untuk remote TV tersebut.

Setelah mengetahui beragam cara memperbaiki remot TV tombol tidak berfungsi melalui tips yang ada di atas itu tadi, tentunya Anda bisa langsung mempraktekkannya sekarang juga. Namun, apabila masalah tombol remote TV tersebut masih saja tidak berfungsi, maka jangan ragu untuk mencari bantuan dari teknisi yang profesional untuk memperbaikinya!

Gravatar Image
Panduanteknisi.com adalah sarana sharing teknisi yang berpengalaman di bidang elektronika dan kelistrikan serta banyak menulis artikel tentang instalasi, reparasi dan tutorial seputar dunia elektronika