Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa Dan Telkom, Gampang Loh!

Sinyal yang terdapat di sebuah parabola Palapa maupun Telkom merupakan bagian yang krusial karena sinyal tersebut akan memunculkan siaran di TV. Salah satu kendala yang sering dihadapi dan cukup mengganggu pada siaran TV adalah hilangnya sinyal parabola sehingga Anda perlu mengetahui langkah-langkah untuk mengatasinya.

cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom

Faktor yang umum mempengaruhi kinerja parabola adalah cuaca. Secara umum, cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom dapat dilakukan sendiri walaupun memerlukan kesabaran.

Bagi pengguna yang masih awam, tentu saja akan sedikit bingung untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Ada dua cara terbaru yang dapat Anda pilih untuk mencari sinyal parabola Palapa dan Telkom yaitu cara manual dan cara dengan positioner sebagai alat bantu.

Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom Terbaru

Pencarian sinyal parabola secara manual memerlukan cara yang cukup panjang. Saat ini satelit yang digunakan oleh TV secara umum adalah satelit Telkom 4. Cara pertama dilakukan dengan mengubah posisi parabola. Namun, sebelum mengubah posisinya, Anda perlu mengetahui letak satelit Telkom mengorbit. Letak satelit Telkom 4 berada di posisi 108.0 °E Bujur Timur.

Kendala yang sering terjadi yaitu switch mati, LNB mati, adanya kesalahan dalam memprogram, frekuensi berubah, atau receiver rusak

Pencarian sinyal dapat dibantu dengan kompas agar arah atau posisi parabola sesuai tujuan. Arah parabola harus benar-benar diperhatikan karena pergeseran sedikit saja sangat mempengaruhi hasil channel di Palapa dan Telkom.

Cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom yang kedua yaitu dengan menggunakan alat bernama positioner. Alat tersebut berfungsi untuk mengunci channel yang telah ada di satelit Palapa maupun satelit Telkom 4. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut.

  1. Tambahkan transponder atau frekuensi ke receiver parabola. Pastikan transponder dan symbol rate telah dimasukkan ke parabola.
  2. Rubah arah dengan menggerakkan parabola menggunakan remote actuator.
  3. Gerakkan parabola Anda secara perlahan sambil melihat ke layar TV hingga mendapatkan hasil yang bagus.
  4. Lakukan blind scanning hingga semua channel di Palapa dan Telkom 4 didapatkan.

Cara Mencari Sinyal Parabola yang Hilang

Jenis parabola yang umum digunakan di kalangan masyarakat adalah parabola tipe C-Band karena tipe tersebut cukup handal ketika cuaca hujan dan ekstrim.

Namun, kendala sinyal hilang tetap mungkin terjadi karena beberapa hal seperti konektor kabel parabola ke receiver tidak tersambung, switch mati, LNB mati, adanya kesalahan dalam memprogram, frekuensi berubah, atau receiver rusak.

Ketika sinyal hilang maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengecekan-pengecekan sebagai berikut.

  1. Jika intensitas sinyal di layar TV 0% maka periksa bagian koneksi kabel LNB ke receiver.
  2. Periksa switch yang berfungsi sebagai pembagi sinyal dari LNB apakah mati atau nyala. Jika mati, maka perlu diganti.
  3. Jika dua langkah pertama tidak bermasalah, maka Anda perlu memeriksa LNB. Salah satu satelit tidak ada sinyal menjadi ciri LNB mati dan harus diganti.
  4. Masalah bisa juga terjadi karena frekuensi Telkom 4 dan Palapa yang berubah sehingga yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan frekuensi terbaru dari channel tersebut atau melakukan blind scan agar parabola mencari siaran yang berganti satelit.
  5. Receiver rusak bisa juga menjadi penyebab hilangnya sinyal yang ditandai dengan hanya dapat menerima satu polaritas antara vertikal atau horizontal. Jika ini terjadi maka Anda perlu mengganti receiver tersebut.

Nah, itulah cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom. Cara-cara tersebut umum sekali digunakan untuk mencari sinyal yang hilang karena terhitung mudah. Selamat mencoba!

Gravatar Image
Panduanteknisi.com adalah sarana sharing teknisi yang berpengalaman di bidang elektronika dan kelistrikan serta banyak menulis artikel tentang instalasi, reparasi dan tutorial seputar dunia elektronika