Home » Laptop » Fungsi Hardisk dan Cara Cek Performanya

Fungsi Hardisk dan Cara Cek Performanya

Fungsi hardisk pada perangkat komputer sangat penting bahkan menjadi salah satu komponen pada komputer yang wajib dan tanpa adanya komponen ini maka bisa dipastikan komputer tidak akan berjalan dengan baik.

fungsi hardisk

Ada macam macam jenis hardisk dan tool pengecekan hardisk yang sering digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada hardisk, berikut dibawah ini merupakan penjelasan selengkapnya :

Fungsi Hardisk pada Laptop dan Komputer

Fungsi hardisk yang paling utama adalah sebagai media penyimpanan data dan sering disebut juga permanent storage, data ini bisa berupa data OS, file dokumen, gambar dan lainnya. Jenis hardisk yang digunakan pada perangkat ini adalah hardisk internal. Kegunaan hardisk sangat penting, sama pentingnya dengan fungsi processor pada sebuah komputer.

Fungsi Hardisk pada Laptop dan Komputer

Untuk Menyimpan Data Operating System

Tanpa operating system atau OS, komputer tidak akan berjalan dengan normal baik itu Windows, Mac OS ataupun Linux. Biasanya Operating System diinstall pada partisi yang terpisah dengan file dokumen milik pengguna supaya file OS ini tidak terhapus dan bisa mengganggu kinerja komputer. Umumnya drive untuk OS disimpan pada drive C dengan label OS atau Local Disk seperti gambar diatas.

Pada drive untuk OS ini terdapat MBR atau master boot record yang berfungsi untuk booting saat pertama komputer dinyalakan, jika MBR ini rusak atau korup bisa menyebabkan tidak bisa booting atau komputer hanya tampil blank hitam saja. Drive untuk MBR ini biasanya disebut dengan drive System Reserved dengan tampilan dihidden sehingga memang tidak terlihat pada explorer.

Untuk Menyimpan Data Software

Fungsi hardisk berikutnya adalah sebagai penyimpanan data software atau aplikasi yang terinstall pada komputer atau laptop, biasanya file software ini diinstall pada drive atau partisi hardisk yang sama dengan file OS, jika pada windows pada file ini disimpan pada drive C.

Ukuran kapasitas hardisk yang digunakan harus menyesuaikan aplikasi yang akan diinstall, makin berat dan makin kompleks fungsinya maka kapasitas hardisk yang diperlukan juga semakin besar. Pada drive C ini juga harus disediakan space yang cukup karena jika space kurang memadai maka akan cukup berpengaruh pada performa PC.

Untuk Menyimpan File Pengguna

Hardisk juga digunakan untuk menyimpan data milik pengguna yang bisa berupa file dokumen, gambar maupun video dengan ekstensi file .doc, docx, .mp3, .mp4, .avi.

Untuk menyimpan file pengguna ini biasanya dibuatkan partisi drive yang terpisah yaitu pada drive D, ukuran drive D bisa jadi lebih besar dikarenakan banyaknya data yang harus disimpan. Sebaiknya kebutuhan kapasitas hardisk sudah diantisipasi sejak awal, jika data yang disimpan cukup banyak lebih baik membeli hardisk dengan kapasitas yang besar karena proses upgrade kapasitas hardisk cukup sulit.

Fungsi Hardisk Eksternal

Saat ini hardisk eksternal sangat populer dibandingkan dengan flashdisk, tentunya ini disebabkan kapasitas flashdisk yang cukup kecil sehingga tidak bisa menyimpan data yang lebih banyak. Oleh karena itulah digunakan juga hardisk eksternal yang sebenarnya secara kapasitas sama dengan hardisk internal dengan pilihan kapasitas mulai dari ratusan gigabyte hingga terabyte.

fungsi hardisk eksternal

Fungsi hardisk eksternal sering dijadikan sebagai backup data karena kapasitasnya yang besar sehingga bisa berfungsi sebagai cadangan data jika sewaktu waktu komputer rusak.

Cara Mengecek Performa Hardisk

Seiring waktu penggunaan hardisk maka performa pasti akan menurun, pada OS khususnya windows sebenarnya sudah terdapat tool untuk mengembalikan performa menjadi lebih baik selain itu juga terdapat tool yang biasa digunakan untuk pengecekan hardisk, berikut beberapa diantaranya :

Fungsi Defrag Hardisk

Mungkin kita pernah mendengar istilah disk defragmentation yang dipercaya bisa membuat komputer menjadi lebih cepat ? Sesuai dengan namanya, disk defragmentation adalah mengumpulkan data yang berceceran yang disimpan pada sector yang terpisah menjadi dikumpulkan pada tempat yang sama atau dekat.

Kenapa hardisk perlu defrag ? pada hardisk tipe cakram, data ditulis pada blok atau sector yang berbeda setiap kali menulis data yang baru sesuai dengan urutan perintah operating system sehingga data menjadi terpecah pecah berceceran menjadi beberapa bagian dan untuk membaca data ini tentunya memerlukan proses yang lebih lama.

fungsi defrag hardisk

Dengan ada defrag maka blok data yang sudah dibuat tadi akan diurutkan kembali sehingga proses pembacaan data menjadi lebih cepat. Namun pada user OS Windows 10 dan pengguna SSD, proses defrag ini tidak perlu dilakukan karena pada Windows 10, fungsi defrag hardisk ini sudah dilakukan secara otomatis dan berkala.

Demikian juga jika komputer atau laptop sudah menggunakan SSD, tidak perlu melakukan defrag karena pada SSD, penulisan data tidak dilakukan dengan pola berputar seperti halnya hardisk konvensional sehingga data yang baru tidak tumpang tindih dengan data lama.

Fungsi Hardisk Sentinel

Hardisk Sentinel adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengecek performa hardisk secara keseluruhan dengan metode S.M.A.R.T (Self-Monitoring Analisis and reporting Technology) yaitu :

  1. Menemukan kerusakan
  2. Menguji performa hardisk
  3. Mendiagnosa kerusakan hardisk
  4. Memperbaiki kerusakan hardisk
fungsi hardisk sentinel

Dengan menggunakan software ini maka gejala kerusakan pada komponen hardisk akan lebih mudah untuk dikenali karena hasil pengecekan ditampilkan secara lengkap. Selain untuk mengecek hardisk konvensional, fungsi hardisk sentinel juga bisa digunakan pada pengecekan fungsi SSD, SSHD dan flashdisk.

Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini, bisa download hardisk sentinel gratis dari web resmi melalui link ini, walaupun versi trial tetapi cukup untuk mengetahui apakah terdapat kerusakan pada hardisk atau tidak.

Demikian artikel kali ini tentang apa fungsi hardisk dan bagaimana cara cek performanya semoga bermanfaat.