Kode Remot TV Panasonic dan Cara Settingnya

Posted on

Kode remot TV Panasonic ini mungkin sewaktu waktu bisa sobat perlukan khususnya bagi yang memiliki TV panasonic baik itu LED maupun jenis tabung. Kerusakan pada remot TV ataupun kehilangan sudah biasa terjadi dan solusi yang mudah adalah dengan membelinya di service center resmi namun tentu saja dengan harga yang cukup mahal.

Kode Remot TV Panasonic

Sebagai solusi yang mudah dan murah umumnya saat ini banyak digunakan remote universal yang dengan hanya memasukkan beberapa kode sesuai merk TV saja, remote universal tersebut bisa digunakan sebagaimana remote aslinya. Berikut dibawah ini saya share beberapa kode remot tersebut yang tidak sulit untuk mengaktifkannya sehingga bisa dilakukan sendiri :

Kode Remot TV Panasonic LED

TV jenis ini biasanya menggunakan layar datar dan tipis sehingga banyak disukai masyarakat saat ini. TV LED yang biasanya juga dikenal dengan TV LCD ini tetap menggunakan remot sebagai alat kontrol. Jadi ketika remot rusak atau hilang, Anda akan kesulitan untuk memperbarui pengaturan atau mengganti channel. Jalan satu-satunya yaitu menggunakan remot universal untuk berbagai merek TV karena remot jenis ini mudah ditemukan di pasaran.

Kode remot TV Panasonic LED yang bisa Anda gunakan untuk jenis TV ini diantaranya yaitu :

059, 022, 066, 020, 014, 001, 015, 021

Kode yang tersedia memang lebih dari satu karena tipe TV Panasonic LED sendiri cukup beragam. Sedangkan untuk cara settingnya yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan remot pengganti yang masih bagus dan berfungsi dengan baik.
  2. Tekan dan tahan beberapa saat tombol SET atau setting dan tombol Power yang berada di bagian atas remot. Setelah Anda menekan kedua tombol di atas, lampu indikator remot yang biasanya berwarna merah akan menyala.
  3. Pilih salah satu kode dari delapan kode di atas, sebagai contoh Anda memilih kode 020. Masukkan kode 020 dengan menekan tombol 0-2-0 secara berurutan. Nanti lampu indikator yang awalnya menyala merah akan mati dengan sendirinya.
  4. Lampu yang mati menandakan bahwa kode remote TV Panasonic tersebut berfungsi. Coba saja gunakan remot untuk mengganti channel TV atau yang lainnya.

Kode Remot TV Panasonic Tabung

TV Panasonic memang terkenal sangat tahan lama, bahkan bisa mencapai belasan tahun. Untuk itu terkadang Anda pasti masih memiliki TV Panasonic Tabung yang masih bagus untuk digunakan namun memiliki masalah pada remotnya. Kode remot TV Panasonic tabung sedikit berbeda dengan TV Panasonic LED. Ada beberapa kode yang hanya bisa digunakan pada TV Panasonic LED namun tidak bisa digunakan pada TV Panasonic tabung.

Sama seperti kode remot TV pada umumnya, kode remot TV Panasonic tabung juga terdiri dari 3 digit dan memiliki beberapa alternatif pilihan untuk menyesuaikan dengan tipe TV Panasonic Anda. Berikut ini adalah list kode remot untuk TV Panasonic tabung yang bisa Anda coba yaitu :

020, 059, 021, 022, 015, 014, 001

Cara menggunakan atau setting kode pada TV Panasonic yaitu sebagai berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol SET atau setting di remot universal Anda.
  2. Ketika masih menekan tombol SET, tekanlah secara bersamaan tombol Power hingga lampu indikator yang biasanya berwarna merah menyala.
  3. Lepaskan tombol SET dan Power jika lampu indikator sudah menyala.
  4. Masukkan kode remot yang dipilih, misalnya 001 maka tekan tombol 0, tombol 0, kemudian terakhir tombol 1 secara berurutan.
  5. Nanti lampu indikator akan mati jika kode sudah ditekan semua.
  6. Selesai. Remot sudah bisa berfungsi seperti biasa.
  7. Karena kode remot cukup banyak, mungkin kode 001 tidak cocok dengan tipe TV Panasonic Anda. Jika hal tersebut terjadi maka ulangilah cara di atas dan masukkan kode berbeda hingga remot berhasil diaktifkan.

Kode Remot TV Panasonic Joker

Remot TV Joker merupakan sebutan dari remot TV universal dimana remot tersebut bisa digunakan untuk berbagai merek TV. Remot ini terbilang sangat praktis digunakan karena Anda tidak perlu membeli remot sesuai merek TV.

Kode Remot TV Panasonic Joker

Selain itu, remot TV Joker juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan remot TV Panasonic asli. Namun untuk menggunakan remot TV Panasonic Joker, Anda harus memasukkan kode Remot TV Panasonic Joker terlebih dahulu. Pilihan kode yang tersedia diantaranya yaitu :

020, 066, 059, 014, 001, 021, 015, 022

Untuk cara menggunakan atau setting kode tersebut, Anda bisa mengikuti cara di bawah ini:

  1. Nyalakan TV Panasonic Anda. Kode di atas bisa digunakan untuk semua jenis TV Panasonic, mulai dari TV LED terbaru maupun TV tabung.
  2. Pilih salah satu kode dari list kode di atas, misalnya saja Anda memilih kode 066.
  3. Tekan tombol SET atau setting pada remot lalu tahan beberapa saat sampai lampunya hidup.
  4. Setelah itu Anda tinggal memasukkan kode yang telah dipilih sebelumnya yaitu 066 dengan menekan angka 0-6-6 secara urut.
  5. Lampu indikator akan mati jika kode sudah berhasil dimasukkan.
  6. Coba remot tersebut untuk mengganti channel, jika channel tidak berubah atau remot belum aktif maka cobalah dengan kode lain hingga ketemu kode yang tepat sesuai dengan tipe TV Anda.

Baca juga artikel tentang : Cara Memasukkan Kode Remot TV Joker

Itulah informasi mengenai kode remot TV Panasonic beserta dengan cara settingnya. Untuk mendapatkan kode yang tepat sesuai tipe TV, Anda harus mencoba satu demi satu kode yang tersedia. Sedangkan cara settingnya juga mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil mengaktifkan remot baru Anda