Cara Membuka TV Yang Terkunci Untuk Semua Merk

Posted on

Kali ini panduanteknisi.com akan share bagaimana cara membuka TV yang terkunci dengan dan tanpa remote, jika sobat teknisi belum tahu sebenarnya pada hampir semua model TV apapun merk nya terdapat fungsi pemblokiran menu TV atau sering juga disebut child lock yang berfungsi untuk memproteksi misalnya saja channel tertentu yang tidak dikehendaki untuk dibuka anak anak.

Namun terkadang masalah yang muncul adalah fitur ini secara tidak sengaja aktif baik karena dimainkan oleh anak anak ataupun kelupaan password kunci untuk remot TV nya. Pada artikel kali ini akan di share untuk solusi cara membuka tv yang terkunci :

Cara Membuka TV Yang Terkunci

Solusi perbaikan TV yang terkunci pada tiap merk berbeda beda, ada yang wajib memerlukan remote ada juga yang bisa membuka tv yang terkunci tanpa remote.

Cara Membuka TV Yang Terkunci Untuk Semua Merk

Umumnya untuk membuka kunci remote tinggal memasukkan kode reset password saja dan TV pun bisa terbuka, jika kebetulan remote TV tidak ada maka bisa menggunakan aplikasi remote TV atau menggunakan remote TV universal. Jangan khawatir juga jika terdapat kesalahan input password karena lock pada TV tidak sama dengan lock pada smartphone yang jumlah kesalahan input passwordnya dibatasi.

Baca juga : 5 Aplikasi Remot TV Infrared Gratisan Terbaik

Namun jika remote asli dan remote aplikasi tidak ada, bisa juga menggunakan fungsi tombol pada TV untuk membuka tv yang terkunci tanpa remote. Atau jika kebetulan remote ternyata rusak bisa dicoba juga dengan cara memperbaiki remote yang rusak.

Dibawah adalah berapa solusi pada masing masing merk TV:

1. Cara Membuka TV Sharp yang Terkunci

Jika TV sharp terkunci maka biasanya setelah menyalakan TV hanya akan muncul display “Please input password” dan kita tidak bisa melihat tayangan apapun.

Berikut ada terdapat 2 cara untuk memperbaikinya :

Cara Membuka Remot TV Sharp yang Terkunci

a. Cara Membuka TV Sharp yg Terkunci dengan Remote

Jika TV sharp anda berjenis tabung atau CRT dan terdapat remote TV yang masih berfungsi maka solusinya sangat mudah hanya dengan memasukkan kode reset password saja, yang paling umum dan berhasil digunakan adalah menggunakan password 2398 atau 0000 maka TV Sharp pun kembali normal.

Sedangkan untuk TV Sharp LCD maka bisa dicoba beberapa kode reset password dibawah ini

  • 0000
  • 1111
  • 7777
  • 9999

b. Cara Membuka TV Sharp yg Terkunci tanpa Remote – TV tabung

Jika remote TV anda tidak bisa digunakan karena rusak atau hilang maka bisa juga dengan menggunakan tombol navigasi pada panel kontrol di TV, namun caranya berbeda untuk TV tabung dan TV LCD, berikut dibawah ini adalah langkah langkah untuk TV tabung :

Cara Membuka Remot TV Sharp yg Terkunci tanpa Remote
  1. Kondisikan TV sharp dalam kondisi mati
  2. Tekan dan tahan tombol Volume (-) dan (+) bersamaan
  3. Saat posisi tombol volume ditahan, nyalakan TV
  4. Selanjutnya akan muncul menu, cari pilihan password
  5. Langkah terakhir matikan password, pilih ke posisi OFF

c. Cara Membuka TV Sharp yg Terkunci tanpa Remote – TV LCD

Berikutnya adalah cara membuka Remote TV Sharp LCD yang terkunci, tetapi terkunci disini berbeda dengan versi TV tabung yaitu hanya terkunci channel tertentu saja dan jika kelupaan passwordnya maka masih bisa dibuka dengan cara di reset.

Pada TV Sharp LCD password ini disebut juga dengan secret number, jika ternyata tidak ada secret number ini maka bisa direset (clearing the secret number)

Berikut ini adalah langkah langkah nya :

  1. Tekan menu pada tombol navigasi TV
  2. Cari menu untuk ke settingan channel setup, biasanya di menu Setup – Parental CTRL sampai muncul isian password 4 digit seperti tampilan dibawah
  3. Tekan dan tahan tombol Channel Up (^) dan Volume (+) secara bersamaan sampai muncul notifikasi “The Secret Number Cleared

Mungkin saja cara ini bisa berhasil untuk jenis LED Sharp, lebih lanjut bisa dicek juga di buku manual yang disertakan di pembelian.

2. Cara Membuka TV LG Yang Terkunci

Pada TV LG khususnya LCD/ LED terdapat fitur untuk child lock atau key lock, jika kode password kelupaan maka tidak akan bisa membuka channel tertentu solusinya hanya bisa dengan reset password dengan menggunakan remote TV LG dengan langkah berikut :

Cara Membuka Remot TV LG Yang Terkunci
  1. Tekan Menu dan cari ikon kunci
  2. Pada tampilan minta isian password, tekan tombol “MUTE” pada remote hingga 3 kali
  3. Akan muncul isian password baru namun dengan isian 6 angka, masukkan kode 129472 (atau 210499 pada TV LG keluaran lama)
  4. Masukkan password baru sebagai pengganti

3. Cara Membuka TV Sanyo yang Terkunci

Untuk membuka TV Sanyo yang terkunci lebih mudah dengan menggunakan remote namun jangan khawatir karena disertakan juga cara alternatif tanpa harus menggunakan remote :

Cara Membuka TV Sanyo yang Terkunci

Menggunakan Remote :

  1. Siapkan remote TV dan kondisikan TV dalam keadaan ON
  2. Tekan tombol MENU pada remote bersamaan dengan tombol Volume UP (+) pada kontrol panel TV Sanyo dan ikuti langkah selanjutnya sesuai tampilan pada TV
  3. Atau bisa juga dengan menekan tombol Menu di kontrol panel TV bersamaan dengan menekan angka “1” di remote Sanyo

Tanpa Menggunakan Remote :

Jika remote TV Sanyo tidak ada maka bisa menggunakan cara alternatif dengan cara reset TV Sanyo melalui service menu yang biasanya hanya dibuka oleh teknisi, hati hati saat merubah setting pada menu servis ini karena bisa menyebabkan kerusakan pada TV sehingga sebisa mungkin catat setiap perubahan yang dilakukan

  1. Matikan TV.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume down (-) lalu nyalakan TV
  3. Tetap tekan tombol Volume down (-) sampai TV menunjukkan Service Menu.
  4. Gunakan tombol Channel (CH-) dan (CH+) untuk memilih menu.
  5. Gunakan tombol Volume (Vol -) dan (Vol+) untuk merubah settingan.
  6. Tekan tombol menu lagi atau matikan TV untuk keluar dari menu mode servis.

4. Cara Membuka TV Akira yang Terkunci

Cukup mudah untuk membuka TV Akira yang terkunci, berikut caranya dibedakan dari jenis TV :

  1. Pada TV Akira jenis layar tabung, kondisikan TV dalam keadan mati lalu cukup tekan dan tahan tombol display / disp pada remote TV Akira pada saat TV dinyalakan maka ikon kunci/ gembok/ lock akan menghilang
  2. Pada TV Akira jenis LED/ LCD, mirip dengan cara masuk menu servis mode yaitu kondisikan TV dalam keadaan menyala lalu tekan tombol Menu-Qview-Mute atau bisa juga dengan tombol Menu-View-Mute sedangkan untuk mengganti menu gunakan tombol Timer

Jika cara diatas tidak ada yang berhasil, gunakan cara alternatif :

Tekan secara berurutan tombol MENU pada remote TV 2x – RECALL – VIEW – MUTE

5. Cara Membuka TV Samsung yang Terkunci

Untuk TV samsung keluaran lama harus masuk dulu ke menu service mode dan hati hati saat merubah setingan pada menu ini, catat setiap perubahan yang dilakukan, cara akses nya bisa dengan 3 cara berikut :

  1. Tekan secara berurutan pada remote TV tombol Menu-PSTD-Mute lalau tombol ON
  2. Tekan secara berurutan pada remote TV tombol Display-Menu-Mute lalau tombol ON
  3. Tekan secara berurutan Info-Menu-Mute lalu tombol ON

Baca Juga : Cara Memasukkan Kode Remot TV Samsung Tabung dan LCD

Sedangkan jika hanya ingin mereset samsung LED TV yang terkunci password lock pin bisa menggunakan cara berikut dibawah ini :

Cara Membuka TV Samsung yang Terkunci
  1. Kondisikan TV dalam keadaan standby
  2. Tekan secara berurutan Mute – 8 – 2 – 4 – Power ON pada remote
  3. Password lock pin akan tereset ke default yaitu “0000

6. Cara Membuka TV Polytron dan Digitec yang Terkunci

Untuk membuka TV Polytron yang terkunci harus menggunakan remote sehingga jika tidka ada remote maka bisa dicoba dengan remote universal atau remote dengan menggunakan aplikasi android.

Langkah langkah nya yaitu dengan cara tekan dan tahan tombol MENU pada remote pada saat kondisi TV sedang menyala standby lalu tekan ON di remote tunggu sampai muncul FACTORY, selanjutnya masukkan kode angka 1013 atau 1014

Untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan tekan tombol menu pada remote. Cara ini juga bisa digunakan pada TV Digitec.

7. Cara Membuka TV Panasonic yang Terkunci

Pada TV panasonic jika sedang dalam keadaan terkunci maka akan muncul display “Kunci Program Fungsi” dan TV tidak bisa digunakan untuk menonton sama sekali, biasanya disebabkan ada tombol yang tidak sengaja tertekan. Untuk memperbaikinya cukup sulit karena harus masuk ke menu servis mode.

Cara Membuka TV Panasonic yang Terkunci

Berikut dibawah ini langkah langkah nya :

  1. Posisi TV dalam keadaan nyala dan kondisikan sedang dalam menu AV (Audio Video)
  2. Tekan Sleep dan setting pada 30 menit
  3. Tekan tombol volume down (-) pada panel kontrol di TV sampai habis dan jangan dilepas, secara bersamaan tekan tombol display di remote
  4. Setelah masuk ke menu servis tinggal tekan NORMAL pada remote
  5. Untuk menyimpan settingan tadi, tekan Volume (+) sampai full lalu tekan Display
  6. Matikan TV lalu cek kembali TV Panasonic seharusnya sudah normal

Bagi yang remote TV panasonic nya hilang tidak peru khawatir karena sudah saya coba dengan remote universal joker ternyata juga sukses.

Baca juga : Kode Remot TV Panasonic dan Cara Settingnya

Demikian artikel ini tentang cara membuka tv yang terkunci untuk semua merk semoga bisa bermanfaat.