Cara Memasukkan Kode Remot TV Samsung Tabung dan LCD

Posted on

Di Indonesia, televisi merek Samsung memang terkenal sejak lama. Daya tahan dan kualitasnya yang sudah dipercaya menjadi pilihan para konsumen.

Namun, seperti halnya merek TV umumnya, remote TV Samsung bisa saja rusak. Remote televisi tentunya sudah tidak aneh jika mengalami kerusakan karena bisa saja terjatuh – kadang terlempar atau bahkan terinjak tanpa sengaja – sehingga mengakibatkan kerusakan.

Jika sudah begitu, mau tak mau, kita harus menggantinya. Tapi para produsen TV tidak pernah menjual remote TV secara terpisah dan jika pun ada harganya mungkin tidak masuk akal. Alternatif lainnya jatuh pada remote TV universal yang saat ini cukup banyak tersedia baik di toko elektronik biasa maupun toko online. Tidak perlu khawatir apakah nanti akan kompatibel atau tidak karena seperti namanya yaitu universal yang berarti bisa digunakan untuk semua TV termasuk pada TV TCL tabung, TV LG tabung maupun merk lainnya asalkan kode remot tv samsung nya sesuai.

Kode Remot TV Universal
Remote TV universal untuk Samsung

Kode Remote TV Buat Samsung

Kira-kira ada 18 kode remot TV Samsung yang biasa digunakan pada remote TV universal. Ini berlaku untuk TV Samsung berjenis tabung, LED, dan LCD. Beberapa kode tertentu mungkin bisa dipakai di remote TV universal merek tertentu. Beberapa lainnya mungkin tidak bisa digunakan. Tinggal dicek satu per satu saja dari daftar di bawah ini, atau selembar kertas yang disediakan di box remot.

Berikut cara setting remote tv universal beserta daftar kode remote TV universal untuk televisi Samsung, antara lain:

  • Kode untuk TV Samsung tabung

Ada beberapa kode untuk TV Samsung tabung, antara lain: 008, 011, 016, 021, 024, 025, 033, 037, 039, 040, 043, 050, 051, 091, 113, 123, 375, 376.

  • Kode untuk TV Samsung LCD

Kode untuk TV Samsung LCD tidak sebanyak TV tabungnya, yaitu: 005, 024.

Cara Memasukkan Kode Remote TV Samsung

Cara Memasukkan Kode Remot TV Universal
Cara menyetel kode remote tv samsung

Cara memasukan kode remot tv yang diinfokan dibawah ini kemungkinan bisa saja berbeda dengan remote tv universal yang akan anda beli, untuk instruksi lebih jelas bisa dicek pada manual panduan setting remote universal pada box nya.

  1. Hidupkan TV Samsung Anda, lalu pencet tombol SET dan tahan beberapa lama.
  2. Berbarengan dengan itu, pencet juga tombol Power.
  3. Tunggu sampai lampu LED-nya (indikator) di remote bercahaya.
  4. Jika lampu LED sudah bercahaya, tekan kode remot tv samsung (cek daftar diatas, atau cek di kertas yang disediakan dalam box remote). Input angkanya satu-satu. Semisal kode 005, maka tekan angka 0, 0, 5 – jangan lupa harus berurutan ya.
  5. Lampu LED akan padam otomatis. Pertanda remote siap dipakai. Langsung dicoba-coba saja, apakah remote bisa digunakan atau tidak.

HP Android Samsung, Alternatif Remote TV Universal

Samsung bukan hanya menjadi produsen TV. Pabrikan asal Korea Selatan ini juga dikenal sebagai produsen HP Android ternama dengan merek sama.

HP android sebagai remote tv samsung
Menjadikan HP Android sebagai remote TV

Pastinya, HP dan TV merek Samsung bisa terkoneksi dengan baik satu sama lain. Salah satu koneksi yang bisa dilakukan adalah menjadikan HP Samsung, terutama keluaran terbaru, sebagai remote TV universal merek Samsung. Bagaimana caranya?

  1. Pastikan HP Samsung Anda memiliki fitur infra-red. Cek fitur ini melalui dial-up *#0*#. Perhatikan menu yang ditampilkan, apakah terdapat tulisan “IR-LED” atau tidak. Jika ada, bisa dipastikan HP Anda memiliki kemampuan menjadi remote TV.
  2. Pasang aplikasi pihak ketiga bernama “IR Remote” yang ada di Google Playstore.
  3. Jika sudah, silakan dibuka aplikasi tersebut.
  4. Anda akan masuk ke menu. Di sana, ada beberapa pilihan, daftar merek TV yang terdapat di database aplikasi IR Remote. Pilih yang sesuai TV Anda. Dalam hal ini, Samsung-lah yang menjadi pilihan Anda.
  5. Anda akan masuk ke tampilan antarmuka yang serupa remote Samsung asli.
  6. Done, Anda sudah bisa menggunakan remote dengan HP Samsung Anda.

Selain IR Remote, ada beberapa aplikasi pihak ketiga lainnya yang bisa digunakan, antara lain: Samsung IR-Universal Remote, TV Remote Control Pro, Universal TV Remote, Remote Control Collection, dll. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Harap untuk dibedakan antara kode remote untuk TV universal dengan kode remote untuk service TV, karena yang dimaksud dengan kode remote service fungsinya adalah untuk masuk ke mode service yang biasanya hanya diketahui oleh teknisi service resmi bersangkutan saja. Namun jika memang hanya kerusakan ringan seperti gambar bergeser atas bawah/ kiri kanan biasanya bisa dilakukan melalui menu service yang bisa dicoba seperti pada artikel kumpulan kode remote service TV Samsung.

Artikel yang Berhubungan :