Kode Remot TV LG

Posted on

Kode remot TV LG adalah urutan kode kode yang harus dimasukkan pada remote universal supaya bisa digunakan untuk mengontrol televisi LG anda yang mungkin saja mengalami kerusakan atau hilang, kenapa harus dilakukan penggantian dengan remote universal ? pada umumnya TV model lama sudah tidak diproduksi lagi untuk aksesoris remote nya dan walaupun masih ada di service center resmi nya kemungkinan harganya akan lebih mahal.

Oleh karena itulah lebih disarankan untuk menggunakan remote universal tetapi sayangnya tidak bisa langsung digunakan karena tentunya perlu dilakukan penyesuaian merk TV yang digunakan dahulu yaitu dengan cara memasukkan kode remot tv sesuai panduan di buku manual pembelian. Sehingga jika belum dilakukan setting kode remot mungkin saja remote tv universal tidak berfungsi sama sekali alias TV tidak merespon sama sekali.

kode remot tv lg

Kode Remot TV LG

Perlu diketahui bahwa model TV LG ada yang model layar tabung, dan juga model layar LCD. Tentunya kode remot untuk masing – masing model ini adalah berbeda. Untuk kode remot TV LG layar tabung kodenya adalah:

103, 140, 043, 024, 261, 260, 259

Pilihlah salah satu dari kode tadi, dan gunakan metode trial and error untuk menemukan mana yang paling pas untuk masing – masing remot. Jika menggunakan TV LG dengan layar LCD maka kodenya adalah antara

140, atau 024

Kode remot TV LG baik layar tabung maupun layar LCD pasti menggunakan tiga digit kode, dan jika lebih atau kurang dari itu pastinya adalah salah.

Cara Setting Remot Baru TV LG

Cara setting remote tv universal yaitu dengan memasukan kode tertentu adalah sangatlah mudah, dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Ikutilah langkah di bawah ini secara berurutan:

  1. Pertama-tama, jangan lupa untuk memasukkan baterai yang baru terlebih dahulu ke dalam remot. Setelah itu pencetlah tombol set di remot TV, dan tahan dulu dan jangan sampai dilepas sampai langkah nomor kedua selesai.
  2. Langkah selanjutnya adalah memencet tombol Power, dan tunggu sampai beberapa detik sampai lampu remot mulai menyala. Jika lampu sudah nyala, kini lepaskan jari anda dari kedua tombol tadi.
  3. Langkah ketiga adalah memasukkan kode remot TV LG yang ada di atas. Sebagai contoh, jika anda menggunakan TV LG layar LCD maka anda bisa masukan kode 024, dengan cara memencet angka nol pada remot, lanjutkan angka dua, dan terakhir angka 4 secara berurutan, dan dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama ataupun terlalu cepat. Jika kode ini sesuai dan benar, maka nantinya lampu indikator remot akan redup, dan remot sudah dapat digunakan.

Jika langkah di atas sudah dijalankan, dan sudah mencoba semua kode remot yang tertera di atas, namun masih belum juga bisa berfungsi, maka kemungkinan televisi LG anda tidak kompatibel dengan remot universal sehingga disarankan untuk membeli remot TV LG yang asli.

Tips merawat remot TV LG agar awet dan tidak hilang

Cara untuk setting remot TV yang baru memang mudah. Ada baiknya anda lakukan juga tips – tips di bawah ini agar anda tidak perlu melakukan hal di atas berulang kali akibat remot hilang atau rusak untuk kesekian kalinya.

  1. Agar remot tidak hilang, sediakan sebuah tempat atau box khusus remot. Hal ini akan memperkecil kemungkinan hilang, jika sesudah dipakai langsung kembalikan pada tempatnya. Melakukan hal ini juga dapat membuat remot lebih awet dan terhindar dari risiko terinjak atau tertindih.
  2. Pakaikan sarung plastik atau sarung khusus remot pada remot agar tidak mudah terkena debu ataupun air. Debu yang menyelip ke dalam tombol dapat membuat remot tidak lagi bekerja dengan baik, dan air yang masuk ke dalam tombol dapat membuat konslet.
  3. Gunakan baterai yang berkualitas tinggi demi menjaga remot tetap awet. Baterai yang tidak berkualitas bisa merusak remot akibat berkarat, bocor, ataupun menggelembung.

Itulah sedikit ulasan mengenai Kode Remot TV LG, semoga bermanfaat.