Kode Remot TV Toshiba

Posted on

Kerusakan remote televisi, baik itu layar tabung atau LCD, sudah lumrah terjadi. Tapi tak perlu khawatir juga jika remote TV di rumah Anda mengalami kerusakan. Beli saja remote TV universal yang bisa digunakan semua merek TV. Anda cukup memasukkan kode tertentu untuk merek TV tertentu. Semisal TV Anda mereknya Toshiba, maka Anda masukkan kode untuk merek TV Toshiba.

Jangan khawatir, artikel ini akan menuntun Anda agar bisa menyetel remote TV universal dan bisa digunakan untuk TV Toshiba. Berikut ini cara memasukan kode remot TV Toshiba.

Kode Remot TV Toshiba

Kode Remote TV Universal Khusus Toshiba

Semua remote TV universal harus memasukkan kode tertentu terlebih dulu sebelum bisa digunakan. Tak terkecuali TV Toshiba. Kode-kode ini bisa digunakan untuk TV tabung dan LCD.

  1. Kode untuk TV Toshiba Tabung

Ada beberapa kode untuk TV Toshiba tabung, antara lain:

128, 089, 090, 014, 016, 027, 053, 000, 033, 007, 008, 015, 028, 030, 090, 079, 159

  1. Kode untuk TV Toshiba LCD

Kode untuk TV Toshiba LCD tidak sebanyak TV tabungnya, yaitu:

089, 128

Cara Mengatur Kode Remote TV Khusus Toshiba

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk menyetel remote TV universal agar bisa digunakan pada TV Toshiba. Kedua cara itu adalah cara manual dan cara otomatis. Berikut langkah demi langkahnya:

  1. Cara manual

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah cara manual. Berikut ini caranya:

  • Hidupkan TV Toshiba Anda, kemudian pencet (tahan) tombol “Setting” (SET) dan nanti LED-nya menyala. Jika cara ini tidak berpengaruh, maka padukan tombol SET bersamaan tombol Power ketika memencetnya.
  • Jika LED sudah menyala lepaskan tombol.
  • Masukkan kode remot TV Toshiba (bisa dilihat pada daftar diatas, bisa juga dilihat di kertas yang ada waktu membeli remote TV universalnya). Masukkan angkanya satu per satu. Misal kodenya  089, maka pencet angka 0, 8, 9 secara berurutan.
  • LED  otomatis padam. Ini tanda remote sudah bisa digunakan. Silakan dicoba-coba. Apakah bisa atau tidak? Jika belum work, silakan diulangi langkah demi langkahnya atau coba cara kedua dibawah ini.
  1. Cara otomatis

Selain cara manual, ada juga cara otomatis menyetel remote TV universal. Cara ini lebih praktis dibandingkan sebelumnya. Bagaimana caranya, silakan disimak berikut ini:

  • Hidupkan TV Toshiba Anda, kemudian arahkan remote ke TV.
  • Pencet tombol SET sampai hidup lampu LED-nya.
  • Pencet tombol Volume+ (Vol+) remote TV berulang kali, sampai muncul tulisan di layar tanda volume bertambah.
  • Jika sudah pencet lagi Volume- (Vol-) -nya, sama berulang kali juga, sampai muncul tulisan di layar tanda volume berkurang.
  • Padamkan LED dengan memencet tombol SET.
  • Coba-coba pencet tombol lain, lihat apakah remote sudah bekerja atau belum.

Tempat Beli Remote TV Universal

Dimanakah tempat membeli remote TV universal? Mungkin itu pertanyaan Anda saat ini, yang memiliki masalah remot TV bawaannya rusak.

Jawaban atas pertanyaan itu adalah ada di tiga tempat. Pedagang keliling, toko elektronik sekitar rumah / mall, dan online shop. Soal harga bervariasi tergantung merek dan fiturnya – mulai dari 50 ribu hingga 160 ribu.

Sekarang tergantung Anda ingin memilih remote TV universal yang seperti apa dan dimana tempat membelinya yang lebih enak dan nyaman dari tiga tempat yang sudah disebutkan diatas.

Artikel yang Berhubungan :