Home » Rangkaian » Rangkaian Dadu Elektronik dengan LED 7 Segmen

Rangkaian Dadu Elektronik dengan LED 7 Segmen

Rangkaian dadu elektronik ini benar benar rangkaian yang unik karena memang bisa dengan efektif menggantikan fungsi dadu sebenarnya. Dan yang lebih baik lagi dari rangkaian led ini adalah digunakannya seven segment yang membuat rangkaian ini menunjukkan angka hasil dadu elektronik bila tombol ditekan.

Rangkaian Dadu Elektronik

Sebelumnya mungkin banyak yang belum tahu apa itu seven segment / 7 segment, Seven Segment adalah komponen berupa segmen yang digunakan supaya bisa menampilkan angka.

Komponen Seven segment ini biasa digunakan dalam dunia digital. Contoh penggunaanya sendiri misal pada penunjuk antrian, jam digital, dan termometer digital. Fungsi sebenarnya adalah untuk menampilkan informasi secara visual mengenai proses data yang terjadi di rangkaian digital.

Seven Segment disusun dari 7 LED yg berbentuk angka 8 dengan satu dot point. Pada satu kaki seven segment ini merupakan kaki negatifnya. Berikut gambar seven segmen ini :

LED seven segment
LED Seven Segment

Rangkaian Dadu Elektronik

Lanjut ke rangkaian dadu elektronik, rangkaian ini menggunakan IC 555 dan 4026 sebagai jantung rangkaiannya. Juga kecepatan tampilnya LED sebenarnya bisa diatur namun sayangnya pada rangkaian tidak disediakan. Berikut adalah daftar komponen yang diperlukan untuk rangkaian dadu elektronik :

  1. IC NE 555
  2. IC Logic/ TTL 4026
  3. Seven segment dengan common katoda
  4. 2 Saklar- push ON, push OFF
  5. Resistor 10k (3x)
  6. Resistor 100k (1x)
  7. Capacitor 1uF (1x)
  8. Capacitor 22uF (1x)

Bila memang ingin mengatur kecepatan tampilnya LED bisa dengan cara merubah nilai Resistor 10K yang lokasinya terhubung dengan pin 2 dan 6 IC multivibrator 555. 

Berikut adalah gambar rangkaian dadu elektronik ini :

rangkaian dadu elektronik ic 555
Rangkaian Dadu Elektronik dengan LED 7 Segmen

Cara Kerja Rangkaian

Rangkaian ini cukup sederhana, cara kerja sirkut ini pada pin 15 digunakan untuk me-reset counter dengan switch push button. Selain IC 4026 sebagai IC utama interface ke seven segment, digunakan juga IC 555 untuk menyediakan sinyal clock setiap push button ditekan, oleh karena itu IC ini bekerja Multivibrator monostable.

Pada rangkaian juga terdapat sirkuit RC yaitu kapasitor 22 uF dan resistor 100K Ohm pada pin clock (1) IC 4026 sehingga counter hanya menghitung satu sinyal clock ketika push button ditekan.

Kekurangan dari rangkaian ini adalah mungkin saja display dadu elektronik menampilkan dua hitungan dalam satu kali penekanan push botton yang disebabkan oleh noise rangkaian maupun oleh efek bouncing saklar push button.