Sensor Proximity Induktif – Pengertian dan Cara Kerjanya

Sensor proximity merupakan sensor yang bisa dipakai untuk mendeteksi objek di saat objek tersebut mendekati batas deteksi sensor.

Adapun jenis sensor jarak ini digunakan untuk mendeteksi benda-benda logam. Dan kali ini kita akan memberikan pembahasan mengenai sensor proximity induktif.

Pengertian Sensor Proximity Induktif

Pengertian sensor proximity adalah sebuah sensor jarak elektronik yang berfungsi untuk mendeteksi benda yang mengandung logam tanpa perlu menyentuhnya.

Sensor Proximity Induktif

Sensor proximity induktif bekerja dengan cara membangkitan medan magnet yang berfrekuensi tinggi yang dipancarkan pada area sekitar sensor.

Melalui proses ini jika ada logam yang terdeteksi oleh sensor maka medan magnet akan berubah. Nah perubahan pada medan magnet inilah yang membuat sensor akan memberikan sinyal.

Baca juga : Pengertian Sensor Suhu

Selanjutnya perubahan tersebut sinyal mengakibatkan perubahan pada output sensor dan menjadi input pada sistem kontrol atau otomatisasi, perubahan nilai induksi magnetik pada sensor induktif bisa disebabkan oleh :

  • Benda logam mengalami pergeseran jarak, yang bisa berupa bertambah jauh maupun bertambah dekat logam tersebut ke area deteksi sensor
  • Ada benda logam lain yang masuk dalam area sensing alat proximity.

Dibawah ini merupakan kelebihan serta kekurangan yang ada pada sensor proximity induktif.

Kelebihan Sensor Proximity Induktif

  • Akurasi yang cukup baik
  • Tingkat switching rate tinggi
  • Instalasi yang mudah
  • Dapat bekerja pada kondisi lingkungan yang keras

Kekurangan Sensor Proximity Induktif

  • Hanya bisa digunakan dalam mendeteksi logam
  • Jangkauan deteksi sensor yang dimiliki biasanya terbatas

Cara Kerja Sensor Proximity Induktif      

Cara kerja sensor proximity induktif memanfaatkan perubahan induksi elektromagnet pada deteksi sensor nya, sensor tersebut juga didesain pada beberapa prinsip induksi yaitu eddy current loss, saturated core, hall effect dan variable reluctance yang akan menentukan seberapa sensitifnya sensor tersebut.

Prinsip kerja sensor proximity induktif ini memancarkan gelombang elektromagnetik ketika tegangan disupply ke coil pada sensor. Ketika terdapat objek berupa metal yang terdeteksi maka eddy currents akan terbentuk dan mengakibatkan perubahan nilai induktansi pada coilnya.

Cara kerja sensor proximity induktif

Perubahan nilai induktansi yang dimonitor oleh kontroler akan terdeteksi oleh circuit dan akan memicu timbulnya trigger pada circuit serta memberikan output di sensor tersebut.

Tentunya jarak deteksi sensor akan berbeda beda sesuai dengan spesifikasi sensor induktif.

Aplikasi Sensor Proximity Induktif  

Sensor jarak ini mempunyai beberapa aplikasi penggunaan dan yang mendasar yaitu pendeteksian objek. Sensor jarak ini juga seringkali dimanfaatkan pada tempat parkir, sensor istirahat serta sistem konveyor bahkan Proximity sensor ini seringkali digunakan sebagai sensor utama pada logam detektor.

aplikasi sensor proximity induktif

Aplikasi sensor proximity induktif juga banyak dipakai untuk teknik otomatisasi yang bisa menentukan status operasi dalam otomatisasi pabrik/ industri karena bisa bekerja pada lingkungan yang keras.

Karena harganya yang terjangkau juga sering digunakan sebagai sensor proximity arduino circuit. Nah demikian artikel tentang sensor proximity induktif. Semoga bisa bermanfaat.