Pengertian Sensor Proximity (Sensor Jarak), Fungsi & Cara Kerja

Sensor Proximity atau sensor jarak adalah salah satu jenis sensor elektronik yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai tujuan misalnya saja pada dunia indutri, manufaktur, kendaraan, dan bahkan pada smartphone. Berikut dibawah ini adalah pengertian, fungsi, cara kerja dan jenis proximity sensor.

Sensor Proximity

Pengertian Proximity Sensor

Pengertian proximity sensor adalah sebuah komponen sensor elektronik yang bisa mendeteksi keberadaan objek tertentu dalam area jangkauannya tanpa diperlukan adanya kontak fisik. Sehingga bisa dikatakan juga sensor proximity adalah sensor jarak.

Dikarenakan fungsi tersebut maka sensor proximity ini adalah sensor yang berfungsi untuk membaca perubahan gerakan objek kedalam bentuk sinyal listrik. Jangkauan deteksi sensor juga bermacam-macam tergantung jenis proximity yang digunakan bisa berupa cahaya, suara, infrared radiation (IR) atau bahkan dengan menggunakan medan elektromagnetik.

Fungsi Sensor Proximity

Fungsi sensor proximity adalah untuk mendeteksi objek (target) dengan tanpa diperlukan kotak fisik sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada objek maupun pada sensor oleh karena itu tidak akan terjadi aus pada komponen sensor maupun pada target yang diukur.

Sensor proximity banyak digunakan pada berbagai bidang misalnya pada mesin industri dan sistem manufaktur yang menggunakan sistem otomatis. Dengan tanpa adanya kontak dengan manusia maka banyak kelebihan yang didapatkan misalnya saja pada mesin pengerjaan logam meminimalisir kecelakaan kerja operator mesin.

Pada industri pengolahan makanan maka produk menjadi lebih higienis karena hanya terdapat sedikit kontak dan bahkan saat ini sensor proximity (P-Sensor) sudah digunakan pada hampir semua smartphone dimana fungsinya adalah untuk mendeteksi apakah wajah pengguna didekatkan ke smartphone atau tidak pada saat ada panggilan telepon, juga digunakan untuk sensor mematikan layar pada smartphone pada saat tidak digunakan.

Sedangkan pada kendaraan, penerapan sensor proximity biasa digunakan pada sistem parking-assist functions yang berguna untuk membantu pengemudi memarkirkan kendaraan. Kelebihan sensor proximity dibandingkan sensor elektronik lainnya yaitu :

  1. Mendeteksi objek tanpa diperlukan kotak fisik
  2. Penggunaan yang lebih lama karena tidak terdapat kontak sehingga tidak terjadi aus pada komponen
  3. Sensor lebih responsif dibandingkan dengan saklar mekanis
  4. Bisa digunakan pada range temperatur yang lebih luas (-40 to 200°C)
  5. Tidak terpengaruh oleh warna objek

Cara Kerja Sensor Proximity

Cara kerja sensor proximity adalah dengan mengubah gerakan suatu objek menjadi bentuk sinyal listrik, untuk bisa mendeteksi objek maka sensor proximity menggunakan beberapa metode tergantung jenis sensor proximity tersebut.

Berikut adalah salah satu contoh cara kerja sensor proximity induktif untuk mendeteksi logam dengan memanfaatkan perubahan medan magnet saat mendeteksi target berupa objek logam

Cara Kerja Sensor Proximity

Berdasarkan cara kerjanya maka sensor proximity bisa dibedakan menjadi 4 jenis :

1. Sensor Proximity Induktif

Sensor proximity induktif (Inductive Proximity Sensor) digunakan untuk mendeteksi objek logam, terbuat dari komponen magnetik jenis sensor ini memanfaatkan perubahan gaya gerak listrik yang terjadi saat pergerakan pada objek logam. Sesuai dengan namanya, cara kerja sensor proximity memanfaatkan induktansi.

Sensor Proximity Induktif

2. Sensor Proximity Kapasitif

Sensor proximity kapasitif (Capacitive Proximity Sensor) digunakan untuk mendeteksi bahan dielektrik rendah atau non logam seperti kaca, plastik dan lainnya. Cara kerja sensor ini memanfaatkan perubahan medan elektrostatik yang terjadi saat sensor elektroda diberi osilasi dengan frekuensi yang tinggi.

Sensor Proximity Kapasitif

3. Sensor Proximity Ultrasonik

Cara kerja Sensor Proximity Ultrasonik (Ultrasonic Proximity Sensor) sesuai dengan namanya memanfaatkan perubahan suara ultrasonik dengan frekuensi tinggi berkisar 25 hingga 50 kHz. Sensor jenis ini bisa memancarkan sinyal suara frekuensi tinggi dengan transmitter nya lalu menganalisis gema yang kemudian diterima oleh sensor receiver.

Sensor Proximity Ultrasonik

Biasanya untuk jenis sensor yang kecil, transmitter dan receiver disatukan kedalam satu package sehingga sederhana dalam instalasi perkabelannya. Salah satu kelebihan dari sensor proximity ultrasonik yaitu bisa digunakan pada permukaan yang bening seperti plastik dimana hal ini sulit dideteksi oleh jenis sensor photoelectric karena bersifat reflektif terhadap cahaya.

Dikarenakan harganya yang terjangkau maka sering digunakan pada proyek dengan sensor proximity arduino.

4. Sensor Proximity Photoelectric

Sensor proximity photoelectric mendeteksi objek dengan menggunakan komponen optik yang menggunakan cahaya. Komponen utama pada sensor ini berupa Emitter yang berfungsi memancarkan cahaya dan receiver untuk mendeteksi pantulan cahaya.

Cahaya yang dipancarkan bisa berupa inframerah atau merah/ biru yang merupakan cahaya yang tampak oleh mata untuk memudahkan identifikasi warna.

Sensor Proximity Photoelectric

Ketika cahaya yang dipancarkan terganggu atau bahkan terpantulkan oleh objek, maka akan mengubah besaran cahaya optik yang diterima oleh sensor receiver. Receiver mendeteksi perubahan ini lalu mengubahnya kedalam bentuk sinyal listrik. Cara kerja seperti ini mirip dengan sensor cahaya seperti resistor LDR.

Harga Sensor Proximity

Penggunaan sensor proximity harus disesuaikan dengan kebutuhan terutama pada jenis bahan material objek supaya pengukuran jarak bisa dideteksi dengan akurat, saat ini banyak sekali jenis sensor bahkan kita bisa menemukan dengan mudah sensor proximity arduino yang biasa digunakan untuk proyek sederhana.

Namun dari jenis cara kerja sensor proximity, biasanya harga sensor proximity kapasitif lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis sensor lainnya.