Home » Dasar Elektronika » Sensor Suhu LM35

Sensor Suhu LM35

Sensor suhu LM35 adalah salah satu komponen sensor suhu yang cukup populer karena memiliki akurasi yang tinggi dengan harga yang terjangkau dan kemudahan untuk integrasi dengan rangkaian lain tanpa diperlukan banyak kalibrasi tambahan.

sensor suhu LM35

Mengenal Sensor Suhu LM35

Sensor suhu LM35 adalah sejenis sensor temperatur yang fungsinya digunakan untuk merubah besaran suhu menjadi besaran tegangan secara linier yang artinya perubahan suhu yang dideteksi oleh LM35 akan secara proporsional meningkatkan arus listrik pada Pin out nya.

Diproduksi oleh National Semiconductor, sensor ini memiliki keakuratan pendeteksi suhu yang baik dengan impedansi yang tinggi sehingga sangat baik saat diintegrasikan ke rangkaian analog maupun rangkaian dengan ADC (Analog to Digital Converter) salah satunya adalah pada rangkaian arduino.

Baca juga : Pengertian Sensor Suhu

Berikut ini beberapa aplikasi sensor suhu LM35 :

  1. Aplikasi pengukuran suhu pada lingkungan tertentu
  2. Rangkaian saklar otomatis dengan suhu
  3. Monitoring suhu baterai supaya tidak overheating
  4. Sebagai sensor suhu pada proyek Arduino

Datasheet Sensor Suhu LM35

Untuk melihat datasheet sensor suhu LM35 secara lengkap bisa mengunjungi link download LM35 datasheet. Berikut ini beberapa fitur spesifikasi sensor suhu LM35 :

  1. Tegangan kerja berkisar 4 Volt DC – 30 Volt DC
  2. Output linear dengan kenaikan tegangan 10mV (0.01V) untuk tiap kenaikan suhu sebesar 1°C
  3. Arus kerja yang rendah yaitu kurang dari 60 µA
  4. Dapat mengukur suhu dengan range -55°C sampai 150°C
  5. Akurasi ±0.5°C pada suhu ruangan 25 ºC

Sensor suhu LM35 hadir dalam berbagai kemasan baik TO-92 (bentuk transistor). TO-46 (bentuk transistor metal) dan lainnya :

Mengenal Sensor Suhu LM35

Berikut ini adalah spesifikasi sensor LM35 pin-out pada kaki sensor suhu LM35 untuk jenis TO-92 (kemasan tipe transistor)

spesifikasi sensor lm35
PinFungsi PinDeksripsi
1VccTegangan masukan +5V DC
2OutputOutput dalam bentuk sinyal analog berupa kenaikan tegangan sebesar 10mV untuk kenaikan suhu tiap 1°C dengan range deteksi suhu -55°C hingga 150°C
3GroundGrounding atau negatif untuk dihubungan dengan rangkaian

Prinsip Kerja Sensor Suhu LM35

Prinsip kerja sensor suhu LM35 pada pin-out nya sangat bergantung kepada perubahan suhu disekitar komponen LM35 dimana perubahan tegangan akan terjadi secara linear sebesar 10 milivolt untuk tiap perubahan suhu 1 ºC.

Ini berarti pada sensor LM35 akan terjadi perubahan kenaikan tegangan sebesar 100 milivolt jika terjadi perubahan kenaikan suhu hingga 10 ºC. Hal yang sama akan terjadi jika sensor mengalami penurunan suhu -10 ºC maka akan terjadi penurunan tegangan sebesar -100 milivolt.

Sehingga rumus dari sensor ini dapat diformulasikan sebagai berikut :

Vout LM35 = Temperature º x 10 mV

Rumus sensor suhu LM35

Sensor Suhu LM35 Arduino

Sensor suhu LM35 banyak juga digunakan pada project Arduino karena akurasinya yang baik sering digunakan pada pendeteksi api, aplikasi monitoring suhu ruangan atau bahkan thermometer digital berupa sensor suhu lm35 dengan arduino dan tampilan lcd.

Pada proyek arduino dengan sensor suhu LM35 tentu saja yang berperan sebagai komponen utama adalah Arduino karena mengontrol seluruh fungsi rangkaian. Cara kerja sensor LM35 pada arduino yaitu, sensor LM 35 mendeteksi perubahan suhu disekitarnya dan merubahnya kedalam bentuk analog (arus listrik) yang kemudian akan dibaca oleh analog-to-digital converter (ADC) pada Arduino.

Sensor Suhu LM35 Arduino

Kemudian Sinyal analog ini dikonversikan kedalam bentuk digital oleh ADC supaya bisa ditampilkan pada display. Supaya fungsi ini bisa bekerja tentunya diperlukan program sensor suhu lm35 arduino.


Rangkaian Sensor Suhu LM35 Sederhana

Komponen ini juga dapat digunakan dalam rangkaian sensor suhu LM35 sederhana berupa saklar otomatis yang mendeteksi dari perubahan suhu ruangan. Rangkaian sederhana ini bisa diterapkan untuk berbagai tujuan sesuai kreatifitas misalnya saja untuk alarm kebakaran.

Berikut adalah skema rangkaian saklar otomatis dengan sensor suhu :

Rangkaian Sensor Suhu LM35 Sederhana

Cara kerja rangkaian sensor suhu ini menggunakan sebuah IC OP-AMP LM741 yang mudah didapatkan sebagai sebuah komparator. Jika perubahan suhu terdeteksi oleh komparator pada OP-AMP, komparator akan menguatkan sinyal tersebut untuk men-trigger transistor untuk mengaktifkan relay.

Perubahan suhu juga bisa terlihat dari perubahan nyala lampu LED dari merah ke hijau atau sebaliknya. Sedangkan resistor variabel/ potensiometer digunakan sebagai threshold yang bisa digunakan untuk setting pada suhu berapa relay akan aktif. Sedangkan kontak relay bisa dihubungkan ke rangkaian lain sesuai kreatifitas bisa berupa rangkaian sensor anti kebakaran, rangkaian saklar otomatis dengan suhu atau lainnya.

Semua komponen diatas dapat dengan mudah didapatkan terlebih harga sensor suhu LM35 juga sangat terjangkau.