Home » Komponen Elektronika » Simbol Kapasitor Polar, Nonpolar dan Variabel

Simbol Kapasitor Polar, Nonpolar dan Variabel

Simbol kapasitor pada rangkaian berfungsi untuk memudahkan desain sirkuit elektronika dan biasanya simbol ini menggunakan standar yang sudah ada yaitu standar US dan standar Eropa.

simbol kapasitor

Simbol kapasitor polar dan simbol kapasitor non polar sebenarnya tidak berbeda jauh hanya saja ada penambahan yang membedakan keduanya. Berikut dibawah ini adalah daftar simbol kapasitor serta bentuknya pada rangkaian elektronika.

Baca juga : Fungsi kapasitor

Simbol Kapasitor Elektrolit/ Polar

Kapasitor jenis ini biasanya digunakan untuk kebutuhan rangkaian dengan kapasitansi yang besar misalnya saja sebagai filter pada power supply, dinamakan kapasitor polar karena terdapat polaritas positif dan negatif pada kaki terminalnya dan pemasangannya tidak boleh terbalik, oleh karena itu juga terkadang disebut juga kapasitor bipolar.

Berikut ini adalah bentuk kapasitor elektrolit :

bentuk kapasitor elektrolit elco

Simbol kapasitor polar atau simbol kapasitor elektrolit secara umum terdapat 2 jenis yaitu dengan standar US dan standar Eropa dan keduanya umum digunakan pada simbol rangkaian elektronika.

simbol kapasitor polar elektrolit

Gambar simbol kapasitor elco

Simbol Kapasitor Non Polar

Kapasitor jenis non polar umumnya memiliki kapasitas yang relatif kecil mulai dari satuan kapasitor pico farad, nano farad, mili farad hingga paling besar mikro farad sehingga daya penyimpanannya pun sangat kecil. Kapasitor jenis ini banyak digunakan pada rangkaian radio frekuensi tinggi atau sebagai kapasitor kopling.

bentuk kapasitor non polar

Simbol kapasitor nonpolar secara umum juga terdapat 2 jenis yaitu dengan standar US dan standar Eropa

Simbol Kapasitor Non Polar

Simbol Kapasitor Variabel

Kapasitor variabel juga sering digunakan umumnya pada rangkaian RF dan osilator misalnya pada radio konvensional untuk mengatur frekuensi penerimaan, terdapat 2 jenis kapasitor variabel yaitu Varco dan trimmer, penggunaan kedua jenis kapasitor ini disesuaikan kebutuhan.

Bentuk Kapasitor Variabel

Kapasitor variabel varco memiliki knop putar kecil untuk keperluan setting nilai kapasitansi, konstruksi varco juga terdapat plat film PVC yang berlapis. Sedangkan kapasitor variabel trimmer juga terdapat knop putar namun harus menggunaan obeng set dan diperuntukkan untuk setting preset saja.

Baca juga : Kapasitor Variabel Varco & Kapasitor Variabel Trimmer

Berikut dibawah ini adalah gambar simbol kapasitor variabel :

Simbol Kapasitor Variabel

Demikian artikel tentang simbol kapasitor elektrolit/ polar dan non polar serta variabel semoga bermanfaat.