Tips Jika TV Kena Air

Posted on

Ok kali ini saya akan share tentang tips jika TV kena air, seperti yang kita ketahui semua peralatan maupun gadget elektronik pasti rentan rusak jika terkena air terlebih lagi jika terkena airnya pada saat dalam kondisi menyala, biasanya sih akan langsung merusak bagian dalam di komponen sirkuitnya.

Tetapi jika terkena airnya dalam kondisi mati ada kemungkinan TV belum tentu rusak.

Pertanyaannya kenapa sih air bisa sangat merusak peralatan listrik dan elektronik ? Karena air dalam bentuk apapun adalah penghantar listrik yang cukup baik dan tentunya menyebabkan short di rangkaian mainboard TV. Bisa berupa kena tumpahan air dari gelas, terkena cipratan air, atau terkena bocoran air hujan.

bongkar mesin tv dan keringkan

Lalu apa yang harus dilakukan pertama kali jika TV kena air ?

  1. Jika TV terkena air dalam keadaan menyala makan hal pertama yang wajib dilakukan adalah segera matikan perangkat elektronik dan cabut juga steker listrik
  2. Jika terkena air dalam keadaan mati maka cukup dipastikan saja steker untuk dicabut dan jangan sampai ada yang menyalakan unit untuk sementara.
  3. Adalah salah besar jika karena ingin segera mengetahui apakah terjadi kerusakan atau tidak dengan segera menyalakan unit karena hanya akan memperparah kerusakan.
  4. Periksa kondisi fisik pada unit/ TV, jika terkena hanya bagian luar saja dan yakin tidak ada air yang masuk cukup segera keringkan saja dengan lap kering lalu jemur dibawah sinar matahari.
  5. Jika ternyata diketahui ada air yang masuk, maka sebisa mungkin bongkar casing TV untuk mengetahui bagian mana saja yang terkena air dan keringkan dibawah sinar matahari.
  6. Jika anda memiliki vaccuum cleaner maka lebih baik lagi karena bisa mempercepat proses pengeringan air
  7. Jangan sekali kali menggunakan alat untuk meniup air seperti kompressor atau alat sejenis untuk mengeringkan air di rangkaian yang terkena air karena justru akan menyebabkan penyebaran air semakin lebar
  8. Khusus untuk bagian komponen yang memiliki coil lilitan seperti trafo atau deflection yoke pastikan benar benar kering karena air bisa dengan mudah merembet ke bagian dalam coil. Utamanya deflection yoke karena didalamnya terdapat ruang yang cukup besar untuk air mengendap.

Perlu diingat untuk menjemur seharian TV yang kena air supaya diyakinkan bagian meisn TV benar benar kering. Untuk mempercepat proses pengeringan lebih baik buka casing pada bagian belakang TV.

Tips diatas berlaku juga untuk TV LCD kemasukan air, maupun untuk LED TV hanya saja untuk panel yang sudah benar benar sepenuhnya terkena air mungkin kerusakannya lebih parah. Jika hanya bagian modul mainboard atau power supply saja cukup dijemur dengan cara diatas.

Tetapi jika hanya layar LED kena air tidak sampai masuk ke panel bagian dalam cukup dikeringkan saja dengan lap yang lembut supaya tidak merusak permukaan layar LED. Hal yang sama juga untuk kasus TV LCD kena air.

Semoga tips TV kena air ini bisa bermanfaat.

Keyword untuk artikel ini :

layar led kena air,layar tv led kena air,solusi televisi yang terkena air,tv lcd kena air,tv led kena air,tv kena air,lcd tv kena air,akibat tv led kena air,akibat tv rusak terkena air,led kena air