Cara Memperbaiki Aki Basah

Posted on

Pada artikel kali ini saya akan share bagaimana cara memperbaiki aki basah karena seperti yang kita tahu bahwa aki adalah nyawa bagi komponen-komponen elektronik pada kendaraan Anda. Selain memberikan daya pada peralatan elektronik seperti starter, klakson, dan lampu, kendaraan injeksi saat ini sangat bergantung pada kelistrikan aki.

Ada dua macam aki yang bisa anda pilih yaitu aki kering atau aki basah. Aki kering yang umumnya memiliki daya tahan lebih lama, dan aki basah yang bisa anda isi ulang. Aki basah hingga saat ini masih menjadi pilihan biasanya pada kendaraan mobil sedangkan untuk kendaraan roda 2 umumnya menggunakan aki kering. Kedua aki tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing. Salah satu perbedaan yang paling kelebihan yang paling mencolok yaitu aki basah dapat diisi ulang cairan elektrolitnya dan cenderung lebih mudah diperbaiki jika mengalami kerusakan dibandingkan dengan memperbaiki aki kering yang lebih sulit.

Cara Memperbaiki Aki Basah
Ciri Aki yang Soak

Jika kendaraan anda susah dinyalakan atau bahkan mati, anda bisa mulai memeriksa aki nya. Kendaraan yang lama tidak dinyalakan juga menyebabkan aki tidak terisi, sehingga kendaraan tidak memiliki daya saat dihidupkan. Pada kondisi seperti ini maka bisa ditebak kondisi aki basah sudah soak atau aki mobil yang tekor.

Lampu kendaraan yang meredup meskipun sudah diganti baru juga bisa menandakan adanya gejala kerusakan pada aki anda. Cara lain adalah dengan mengecek suara klakson. Jika suaranya tidak senyaring biasanya, atau tidak bertenaga hal ini menandakan aki anda bermasalah.

Air aki yang mendidih bahkan meluap bisa menjadi gejala adanya korsleting arus pada komponen aki kendaraan. Pembakaran dan panas berlebih yang diterima air aki mengindikasikan ada yang tidak beres di bagian dalam aki.

Penyebab Aki Basah Soak

Berikut ini adalah beberapa penyebab aki basah soak diantaranya :

  1. Sering kali pemilik kendaraan menambahkan aksesoris dengan beragam tujuan. Penambahan aksesoris seperti perubahan lampu kendaraan, penambahan lampu, dan jenis klakson ternyata berpengaruh pada aki. Jika daya yang digunakan lebih besar dari kapasitas aki, hal ini menyebabkan aki cepat drop.
  2. Lampu kendaraan yang menyala lama tanpa menyalakan mesin kendaraan juga akan menguras tenaga aki. Akibatnya daya aki melemah dan mengurangi arus ke komponen elektronik lainnya.
  3. Alternator adalah peranti yang juga berpengaruh pada fungsi aki. Alternator bertugas mengisi daya aki. Jika alternator mengalami kerusakan atau keausan, ini membuat aki anda tidak berfungsi maksimal.
  4. Elektroda pada cell (plat timbal) terdapat kerak sehingga menyebabkan proses pengisian arus tidak maksimal

Cara Memperbaiki Aki Basah

Jika terjadi masalah atau kerusakan pada aki basah kendaraan anda, ada cara memperbaiki aki basah yang rusak parah yang bisa anda lakukan sendiri. Jangan khawatir karena cara ini tidak membongkar aki basah seperti halnya pada servis aki  kering. Selain itu cara membongkar aki basah juga tidaklah mudah sehingga tidak direkomendasikan karena bisa merusak sel accu juga.

Sebelum memulai servis aki basah ada baiknya mempersiapkan beberapa hal dibawah ini supaya hasil bisa optimal :

  1. Air aki/ accu zuur, berbeda dengan air aki untuk menambah, air accu zuur sudah terdapat elektrolit berupa asam sulfat. Biasanya air aki jenis ini berlogo merah.
  2. Obeng plus besar untuk membuka tutup knop aki
  3. Sarung tangan plastik
  4. Air panas
  5. Corong untuk memasukkan air

Jika peralatan diatas sudah tersedia mulai step by step perbaikan aki basah :

Lepaskan aki mobil dari tempatnya

Sebenarnya untuk melepaskan aki mobil adalah sangat mudah tetapi ada caranya supaya lebih aman yaitu dengan cara melepas yang terminal negatif/ minus terlebih dahulu baru kemudian terminal positif sedangkan sewaktu akan dipasang adalah kebalikannya yaitu memasang terminal positif dlu baru kemudian minus nya. Hal ini antisipasi supaya tidak terjadi konslet karena secara koneksi, keseluruhan bodi mobil sebenarnya adalah terminal negatif

cara melepas aki mobil

Buka penutup knop/ lubang air Aki

Untuk memudahkan gunakanlah obeng plus besar dan jangan lupa juga gunakan sarung tangan yang sudah disediakan, bisa juga dibuka dengan tangan langsung tetapi hati hati karena air aki sangat berbahaya jika terkena kulit langsung.

buka penutup aki

Buang air Aki di tempat yang aman

Sekali lagi karena air aki sangat berbahaya maka buanglah di tempat yang aman dan jauhkan dari jangkauan anak anak. Cara mudah untuk membuang air aki yaitu dengan membalikkan posisi aki sehingga air nya bisa terbuang semua.

buang air aki

Masukkan air panas ke lubang Aki

Setelah air aki yang lama dibuang semua, masukkan air panas yang sudah disiapkan dengan menggunakan corong dan kemudian goyang goyangkan aki sampai kotoran/kerak yang menempel pada cell terlihat melepas dengan sendirinya. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai ketika air panas yang dibuang sudah tidak terlalu hitam. Cara ini bisa membersihkan sel aki basah yang terdapat kotoran/ kerak menempel.

masukkan air panas ke lubang aki

Cara membersihkan sel aki basah

Isi Aki dengan Accu Zuur dan Cas

Setelah dicuci dengan air pans, balikkan lagi posisi aki sehingga air panas sisa didalam aki sudah benar benar habis. Setelah itu isi dengan air aki zuur sesuai level maksimalnya, ingat ya wajib aki zuur karena komposisi kimianya tidak sama, cirinya yaitu selalu terdapat label merahnya. Baru kemudian cas aki tersebut selama beberapa jam sesuaikan dengan kapasitas arus / ampere nya.

air aki zuur

Apakah bisa dipastikan aki kembali berfungsi normal setelah dilakukan sesuai dengan cara diatas ? berhasil atau tidaknya sebenarnya tergantung dari kondisi aki itu sendiri alias tergantung dari kondisi tiap cell nya apakah masih memungkinkan elemen logam nya untuk menyimpan arus listrik atau tidak.

Namun berdasarkan pengalaman memang perbaikan dengan cara seperti ini termasuk untung untungan. Ada yang hanya seminggu aki sudah drop kembali dan bahkan ada yang sudah setahun aki masih berfungsi normal. Namun pada kondisi darurat tentunya cara ini sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Bisakah Memperbaiki Aki Basah dengan Bodrex ?

Akhir akhir ini terdapat informasi bahwa terdapat cara memperbaiki aki basah dengan bodrex, namun apakah benar obat sakit kepala bisa memperbaiki aki basah yang rusak ? menurut informasi yang ada tiap cell aki diberi satu tablet obat bodrex yang sudah ditumbuk halus kemudian dicampur dengan air aki yang selanjutnya bahan kimia pada obat akan mereduksi proses oksidasi sehingga aki bisa kembali normal.

Setelah dikonfirmasi pihak PT Astra Otoparts Tbk adalah tidak benar obat bodrex bisa memperbaiki aki basah dengan cara mencampurnya dengan air aki, detailnya bisa dilihat di link berikut. Adapun yang sudah mencoba cara memperbaiki accu tekor dengan Bodrex ini dan berhasil kemungkinan hanya sugesti saja karena sebenarnya penggunaan obat apapun itu tidak akan berpengaruh sama sekali jika memang aki tersebut sudah rusak.

Perawatan Aki Basah

Untuk menghindari kejadian-kejadian menjengkelkan saat berkendara, Anda perlu memberi perhatian pada aki anda. Aki basah memerlukan perhatian lebih dari pemilik kendaraan agar awet dan berfungsi maksimal. Cara servis aki basah yang bisa anda lakukan sendiri di rumah adalah:

  1. Bersihkan secara rutin karat pada terminal kutub aki. Karat yang mengerak bisa menurunkan performa aki. Cara terbaik untuk membersihkan  bagian terminal aki adalah dengan menggunakan sikat kawat
  2. Rutin mengecek air aki juga wajib anda lakukan. Air aki akan berkurang karena penguapan akibat panas mesin kendaraan. Bisa juga karena adanya kerusakan elemen aki.
  3. Matikan semua peralatan elektronik sebelum mematikan mesin kendaraan. Ini berfungsi agar pada saat dinyalakan lagi, arus listrik terfokus pada starter mesin dan pompa bahan bakar.
  4. Rutin memanaskan mesin kendaraan sebelum digunakan. Hal ini bertujuan agar alternator bekerja terlebih dulu mengisi aki kendaraan. Arus aki yang telah terisi arus ini akan lebih stabil  dan tetap bekerja dengan maksimal.

cara membersihkan terminal aki

Nah demikian artikel kali ini tentang cara memperbaiki aki basah yang sudah ngedrop , tentunya cara ini berlaku untuk aki basah untuk mobil maupun pada aki basah motor.

Artikel yang Berhubungan :