Cara Menghindari Listrik Statis Saat Menyolder

Posted on

Supaya tidak merusak komponen khususnya semikonduktor maka cara menghindari listrik saat menyolder wajib diketahui teknisi service, dan saya yakin pasti banyak yang belum mengetahui caranya. Sebelumnya kita harus tahu bahwa listrik statis adalah suatu keadaan dimana muatan listrik yang tersimpan di objek tertentu dan bersifat statis atau tidak mengalir serta jika terjadi pengosongan muatan maka akan terjadi secara cepat.

Listrik statis tidak begitu berbahaya bagi manusia selain sensasi kejut yang terjadi namun jika kebetulan listrik statis tersalurkan ke komponen elektronika yang rentan dengan listrik statis bisa menyebabkan kerusakan. Komponen tersebut misalnya mikroprosesor, transistor MOSFET dan lainnya.

Penyebab Listrik Statis

Listrik statis bisa terjadi karena adanya gesekan antara 2 benda yang memiliki muatan positif dan negatif, listrik statis ini tidak dapat dialirkan ke sebuah rangkaian dan pelepasan listrik statis pun terjadi dalam waktu yang sangat singkat

listrik statis pada gagang pintu
Listrik statis pada gagang pintu

Jika pada tubuh kita terdapat listrik statis dan pada saat yang sama sedang memegang komponen seperti transistor tertentu, Mosfet atau IC maka kemungkinan komponen tersebut rusak karena komponen komponen ini sangat sensitif terhadap listrik statis, biasa disebut ESD (Electrostatic Discharge), pada komponen semikonduktor pasif seperti dioda zener biasanya tidak berakibat fatal.

Tubuh kita sendiri adalah salah satu penghasil listrik statis yang bisa timbul karena beberapa sebab misalnya berjalan di atas karpet. Listrik statis yang terakumulasi di tubuh kita biasanya akan hilang seiring waktu tetapi jika pada saat tubuh kita terdapat listrik statis dan kemudian memegang konduktor seperti gagang pintu logam maka muatan ini akan hilang seketika dengan timbulnya kejutan listrik yang walaupun tidak berbahaya tetapi sangat menjengkelkan.

Berikut adalah beberapa penyebab munculnya listrik statis :

  • Gesekan dengan kain wol, sutra, polyester
  • Gesekan antara awan dengan awan yang selanjutnya menimbulkan petir
  • Gesekan rambut dengan sisir
  • Gesekan antara kulit dengan benda lain atau orang lain
  • Gesekan antara sepatu dengan karpet lantai

Cara termudah untuk menghilangkan listrik statis di tubuh kita adalah dengan memastikan listrik statis tersebut tidak berakumulasi di tubuh kita yaitu dengan cara menyentuh sesuatu dari logam yang cukup besar seperti misalnya meja kerja dari besi. Lakukan hal ini jika kita sudah cukup lama duduk di kursi.

Gelang Anti Statis

Jika ingin cara yang lebih bisa diandalkan untuk melindungi kita dari listrik statis adalah dengan memakai gelang anti statis (Antistatic Wrist Wrap) khusus yang digunakan pada salah satu pergelangan tangan kita. Pada dasarnya fungsi gelang anti statis berfungsi untuk menyamakan muatan listrik pemakai gelang dengan perangkat yang ditempelkan capit buayanya.

Pastikan untuk mengenakan gelang ini dengan erat supaya tidak timbul kejutan di sela sela gelang tersebut. Yang lebih penting lagi pada bagian belakang gelang anti statis terdapat sedikit bagian logam, pastikan logam ini menempel ke kulit anda supaya listrik statik yang menumpuk di tubuh anda akan tersalurkan ke kabel yang tersambung melalui gelang

Lalu ujung lainnya dari gelang anti statis tersebut dipasang ke sebuah capit buaya yang ditempelkan ke perangkat yang sedang anda kerjakan dan pastikan tidak mencapitkannya dengan bagian yang terdapat cat.

gelang-antistatik
Gelang anti statis

Walaupun gelang anti statis ini bermanfaat untuk menghilangkan listrik statis pada tubuh namun penggunaanya juga harus sesuai fungsinya. Jangan menggunakan gelang ini saat anda melakukan pengecekan / sedang mengerjakan power supply ataupun monitor.

Solder Anti Statis

solder-anti-listrik-statis

Biasanya jika untuk solder dengan spesialisasi untuk penggunaan komponen sensitif terhadap listrik statis / ESD (Electrostatic Discharge) sehingga tidak merusak IC yang rentan terhadap listrik statis. Pada solder ini disediakan capit buaya untuk langsung mengalirkan listrik statis di solder tersebut ke bodi perangkat yang sedang anda kerjakan.

Demikian sedikit artikel tentang cara menghindari terjadinya listrik statis semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.

Artikel yang Berhubungan :