Cara Membersihkan Layar TV LED dengan Mudah dan Aman

Posted on

Cara membersihkan layar TV LED maupun LCD walaupun terlihat sederhana dan mudah namun tetap harus dilakukan dengan aman dan hati hati karena tidak seperti TV tabung, permukaan layar TV LED cukup sensitif.

Berbeda dengan TV CRT, pada permukaan LED dan LCD TV terdapat permukaan khusus yang mudah rusak jika terkena cairan yang bersifat kuat seperti alkohol.

Baca juga : Cara Service LED TV Tidak ada Gambar

Cara Membersihkan Layar TV LED

Berikut dibawah ini adalah langkah langkah yang aman untuk dilakukan untuk membersihkan layar LED TV yang kotor :

Baca Manual Book

Setiap Televisi LED apalagi HDTV pasti disertai manual book, pada buku manual ini biasanya terdapat metode terbaik untuk jenis LED TV yang dimiliki.

Jika tidak ada manual book atau sudah hilang anda bisa mencari nya dengan cara online

Bersihkan TV dalam Kondisi Mati

Saat LED TV menyala tentunya menghasilkan panas dan tidak disarankan membersihkan layar saat kondisi TV sedang menyala atau baru dimatikan.

Matikan TV dan tunggu beberapa saat hingga layar kembali dingin, selain itu jika TV dibersihkan dalam keadaan menyala akan timbul listrik statis yang menyebabkan debu menempel lebih kuat pada layar LED TV.

Gunakan Kain Microfiber

Kain untuk membersihkan LED TV disarankan menggunakan kain microfiber kering, usap layar dalam bentuk lingkaran sedikit sedikit ke arah bawah. Kain microfiber bisa mengangkat sebagian besar kotoran dan minyak yang menempel.

Jika diperlukan bisa juga menambahkan air sedikit supaya mempermudah kotoran terlepas.

kain Microfiber untuk membersihkan LED TV

Dan wajib diperhatikan jangan sampai menekan terlalu keras karena bisa menyebabkan retak pada layar.

Selain itu jangan menggunakan pembersih kaca/ jendela karena mengandung bahan kimia yang justru merusak layar, bahan tersebut biasanya diantaranya berupa pelarut cat, etil alkohol, aseton, ammonia dan etil klorida.

Gunakan Cuka untuk Kotoran yang Menempel

Sudah bukan rahasia kalau cuka sering digunakan sebagai bahan pembersih, demikian juga untuk layar LED TV cukup ampuh mengangkat kotoran.

Tidak diperbolehkan membersihkan layar LED atau OLED TV dengan cairan pembersih khususnya yang mengandung bahan kimia. Justru panduan air biasa dan cuka lebih aman untuk digunakan.

membersihkan layar LED TV dengan cuka

Berikut langkah langkah nya :

  1. Siapkan wadah untuk mencampur air dengan cuka, lebih disarankan air hangat supaya kotoran lebih mudah terangkat
  2. Gunakan kain microfiber yang sudah dibasahi campuran air dan cuka
  3. Usapkan ke bagian yang terdapat kotoran dan ingat jangan sampai ditekan terlalu keras.
  4. Jangan menyemprot campuran air dan cuka langsung ke arah layar LED karena bisa menyebabkan kerusakan permanen
  5. Untuk membersihkan area yang sulit, yaitu pada keempat sudut/ pojok bisa menggunakan cotton bud yang dicampur cairan tadi

Cara Membersihkan Layar LED TV Berbagai Merk

Pada pembelian unit baru TV biasanya disertakan kain untuk membersihkan layar, namun jika tidak ada atau hilang bisa juga menggunakan kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mata.

Berikut ini adalah beberapa contoh panduan untuk membersihkan layar LED dari beberapa manual book yang berhasil saya kumpulkan, mungkin setiap tipe bisa berbeda :

Samsung

Cara membersihkan layar TV LED Samsung harus hati hati pada bagian layar karena mudah tergores saat dibersihkan, pastikan untuk menyeka bagian layar dengan hati hati menggunakan kain lembut. Jangan menyemprotkan air langsung ke layar.

Cara membersihkan layar TV LED Samsung

Cairan apapun yang disemprot ke layar bisa masuk dan menyebabkan kerusakan, kebakaran atau sengatan listrik. Jangan menggunakan cairan yang mudah terbakar seperti bensin atau pengencer cat (thinner).

Baca Juga : Cara Service LCD/ LED TV Mati Total

Sony

Usap layar dengan menggunakan kain yang lembut, noda yang menempel bisa dibersihkan dengan kain yang sedikit dibasahi larutan sabun dan air hangat.

Jangan pernah menyemprotkan air atau deterjen langsung ke layar karena air yang menetes bisa masuk ke bagian bawah bezel dan menyebabkan korsleting pada rangkaian listrik.

Baca Juga : Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Mencegahnya

LG

Cara membersihkan layar TV LED LG bersihkan hanya dengan menggunakan kain kering, saat membersihkan cabut power cord dan usap dengan lembut untuk mencegah goresan pada layar.

Jangan menyemprotkan air atau cairan apapun ke layar TV karena bisa menyebabkan sengatan listrik. Jangan membersihkan dengan cairan kimia seperti alkohol atau thinner.