Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Mudah

Posted on

Keyboard merupakan bagian penting yang ada dalam sebuah laptop. Tanpa adanya keyboard, laptop hanya barang elektronik sebagai media menonton film tanpa bisa dipergunakan untuk hal lainnya seperti halnya tablet.

Di tengah kesibukan yang mengharuskan kita bekerja lebih cepat, permasalahan pada keyboard rusak merupakan salah satu gangguan yang cukup membuat stress. Bagaimana tidak, ketika Anda dikejar deadline pekerjaan atau harus menyelesaikan tugas kuliah dengan tepat waktu.

Namun apa yang harus dilakukan jika keyboard laptop anda bermasalah? pada artikel kali ini saya akan share cara memperbaiki keyboard laptop yang error baik untuk keseluruhan tombol maupun cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop
Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Bagaimana Cara Kerja Tombol Keyboard Laptop

Sebelum Anda mencoba cara untuk memperbaiki keyboard laptop ke langkah berikutnya, sebaiknya harus mengetahui dahulu letak permasalahannya ada dimana. Anda harus melakukan tes atau percobaan terhadap keyboard laptop yaitu

  • Mengecek tombol-tombol mana sajakan yang tidak berfungsi. Apakah itu semua tombol atau sebagian tombol saja.
  • Mengecek keyboard dengan cara mencoba menggunakan keyboard yang lainnya bisa dengan menggunakan USB keyboard untuk PC. Jika keyboard lain berfungsi dengan baik, maka kemungkinan keyboard laptop Anda yang mengalami masalah.
Mekanisme keyboard laptop
Mekanisme keyboard laptop
cara kerja keyboard laptop
Cara kerja keyboard laptop

Biasanya jika kerusakan pada mekanisme tombol tertentu saja cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian. Dengan melihat mekanisme tombol keyboard diatas maka kita bisa mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop yang lepas yaitu tinggal menekannya saja dengan hati hati. Selama tidak terdapat bagian yang patah seharusnya bisa tombol yang lepas tersebut bisa langsung menempel.

Berikut ini merupakan cara memperbaiki keyboard laptop yang error untuk kerusakan yang sederhana :

Bersihkan Keyboard Dari Debu

Bukan hal yang mengagetkan bila di sela-sela keyboard terdapat banyak sekali debu dan kotoran. Hal seperti ini muncul karena posisi keyboard yang menghadap ke atas rawan kejatuhan barang atau terkena debu. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan keyboard laptop.

Kotoran atau debu halus yang bersembunyi di sela-sela tombol bisa menyebabkan keyboard menjadi error karena bisa mengganggu mekanisme tombol keyboard.

Debu kotoran pada keyboard laptop
Debu kotoran pada keyboard laptop

Untuk membersihkan ke sela sela bagian bawah tombol anda bisa menggunakan mini blower berupa pompa kecil seperti dibawah ini. Cukup mudah untuk membeli alat pembersih yang satu ini dengan harga terjangkau

Membersihkan keyboard laptop dengan blower
Membersihkan keyboard laptop dengan blower

Atau bisa juga dengan menggunakan USB mini vacuum cleaner seperti berikut ini, namun lebih saya rekomendasikan dengan mini blower karena hasilnya lebih bersih

USB mini vacuum cleaner keyboard
USB mini vacuum cleaner keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop ini terbilang mudah jika permasalahannya terjadi hanya karena debu atau kotoran.

Coba Restart Laptop

Ada beberapa kasus dimana keyboard mengalami error atau tidak merespon namun bukan karena perangkat kerasnya bermasalah seperti halnya gangguan debu dan kotoran di atas. Keyboard laptop bisa dibilang mengalami gangguan software atau programnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan restart atau mulai ulang perangkat laptop.

Kenapa setiap ada error pada PC atau laptop selalu direkomendasikan restart terlebih dahulu ? untuk dikethaui proses restart bisa memperbaiki beberapa error yang mungkin muncul saat pertama laptop dinyalakan. Bisa berupa service tertentu yang tidak sukses berjalan atau driver yang tidak berjalan dengan seharusnya. Bagaimana jika hang tidak bisa restart sama sekali ?

Cukup dengan menekan tombol power dengan cara ditahan sekitar 10-15 detik maka unit laptop atau PC akan mati dan coba nyalakan ulang

Cek Kabel Konektor Keyboard

Kabel konektor adalah satu komponen di dalam laptop yang berfungsi untuk menyambungkan keyboard pada laptop. Umumnya kabel yang berfungsi menghubungkan keyboard dengan motherboard ini jenis kabel ribbon/ kabel flat. Pada beberapa laptop, kabel konektor mudah dibongkar pasang. Jika keyboard Anda mengalami masalah, coba cek kemungkinan kabel konektornya sedikit error. Kabel konektor yang rusak, tertekuk, renggang dan bahkan terlepas bisa menjadi masalah.

Kabel ribbon keyboard laptop
Kabel ribbon keyboard laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop untuk permasalahan ini maut tidak mau harus melakukan bongkar body laptop. Anda harus memasangkannya kembali kabel konektor yang bermasalah. Namun jika Anda tidak cukup berani untuk melakukannya, gunakan jasa service laptop agar kerusakan segera tertangani dan tidak semakin bertambah parah karena ingin mencoba-coba memperbaikinya sendiri.

Seringkali penasaran memperbaiki kabel konektor sendiri karena menganggap bahwa kabel tersebut berada di tempat yang mudah terjangkau, namun pada kenyataannya malah semakin merusak dan membahayakan komponen yang lainnya.

Install Ulang Driver Keyboard

Setiap perangkat keras yang dirakit pada laptop tentunya disertai dengan program/ software berupa driver supaya bisa bekerja dengan baik. Driver yang tidak terpasang sempurna bisa menyebabkan gangguan dalam perangkat keras seperti keyboard laptop yang tidak berfungsi. Ciri kerusakan pada driver kemungkinan keyboard tidak akan bisa berfungsi sama sekali untuk semua tombolnya.

Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa driver terpasang sempurna dengan cara melihat pada menu control panel. Berikut ini adalah step by step yang bisa dilakukan untuk install ulang driver keyboard :

  1. Tekan tombol windows lalu ketikkan “Device Manager” maka akan muncul windows yang berisi device yang terdapat pada laptop
  2. Jika keyboard tidak bisa digunakan sama sekali bisa juga menggunakan mouse. Klik pada ikon “Start”, klik kanan pada “Computer” lalu pilih device manager
  3. Cari device keyboard seperti gambar dibawah ini lalu klik kanan pilih uninstall. Berikutnya Laptop akan otomatis menginstall ulang kembali driver bawaan keyboard tersebut.
Cara install ulang driver keyboard
Cara install ulang driver keyboard

Gambar diatas adalah salah satu cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 karena bisa saja driver keyboard tidak terinstall dengan baik.

Nah demikian cara-cara untuk memperbaiki keyboard laptop Anda. Bagaimanapun keyboard merupakan barang yang penting dan diperlukan dalam laptop. Oleh sebab itu, Anda harus menjaganya sedemikian rupa. Berikut ini sedikit cara untuk memelihara agar keyboard laptop tidak mudah rusak dan awet yaitu dengan cara tidak menekannya terlalu keras, jangan membiarkan keyboard dalam keadaan berdebu apalagi tertumpah air, dan bersihkan keyboard secara rutin.

Itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang mengalami masalah atau error. Laptop merupakan peralatan elektronik yang cukup rawan menemui kerusakan oleh karena itu Anda harus ekstra hati-hati dalam memperlakukannya. Jika laptop mengalami kerusakan terutama pada keyboard, segera lakukan cara diatas untuk memperbaikinya agar tidak merembet pada komponen yang lainnya.

Artikel yang Berhubungan :