Kode Remot TV TCL Tabung dan LED/ LCD

Posted on

Kode Remot TV TCL Tabung

Kode remot TV TCL tabung yang akan saya share kali ini selain bisa digunakan pada TV jenis tabung juga bisa berfungsi pada TV TCL Slim, TV TCL LCD maupun LED walaupun mungkin harus dicoba beberapa kali memasukkan kode yang cocok sampai TV merespon saat ditekan remote.

Kode Remot TV TCL Tabung

Berikut ini adalah kode remote TCL yang bisa digunakan pada remote universal, misalnya merk joker :

Kode Remote TV TCL
051, 053, 068, 071, 073, 082, 083, 084, 085
110, 111, 144, 156, 199
209, 216, 243, 244, 245, 246, 247, 248, 249
313, 314, 315, 316, 317, 320, 343, 344, 349, 350, 382, 383, 384

Hati hati untuk bedakan kode tv tcl tabung diatas dengan kode remote untuk perbaikan televisi biasanya untuk settingan yang berhubungan, kode remote tersebut biasa juga disebut dengan kode service tv yang berbeda beda tiap merk untuk kombinasi key/ tombol nya.

Kenapa Perlu Kode Remot TV TCL ?

Televisi dengan brand TCL memang tidak sepopuler kompetitornya seperti Samsung atau SONY namun brand asal negara China ini juga tidak bisa disepelekan karena termasuk pemain lama di peralatan elektronik rumah tangga seperti TV, kulkas, AC, mesin cuci dan lainnya. Untuk bisa mengoperasikan alat elektronik khususnya TV TCL baik jenis tabung atau LCD/ LED maka tentunya diperlukan remot kontrol.

Yang menjadi masalah adalah jika sewaktu waktu terjadi kerusakan pada remote TV bawaan maka tentunya akan menyebabkan kurang nyaman saat menonton televisi. Solusi dari kerusakan remote TV bisa saja dengan memperbaiki remote TV atau membeli remote original dari service center tentunya dengan harga yang mahal.

Untuk itulah membeli remote universal atau sering disebut juga remot multi bisa jadi solusi paling mudah dan murah. Banyak sekali remot universal yang terdapat dipasaran beberapa yang paling populer yaitu remot universal joker, chunhin, atau Chunghop. Supaya bisa bekerja dengan normal seperti layaknya fungsi fungsi tombol pada remote bawaan maka diperlukan kode khusus yang ditekan pada remot supaya fungsi tombol dan perintah yang diterima oleh sensor remot TV sesuai.

Bagi anda yang memiliki TV merk lain selain TCL bisa juga cek di artikel berikut untuk Kode Remot Joker Untuk Semua Merk TV.

Cara Memasukkan Kode Remot TV TCL Tabung dan LCD

Cara memasukkan kode remot TCL memang susah susah gampang karena harus teliti saat menekan tombol sesuai panduan yang ada, list kode remot bisa dilihat di tabel kode remot tv tcl tabung joker diatas yang umumnya terdiri dari 3 kombinasi angka. Lalu bagaimana cara untuk memasukkan kode ini supaya TV bisa sinkron dengan remote ?

Berikut adalah panduan mudahnya, sebelumnya perlu diketahui tidak semua remot universal dilengkapi dengan indikator LED :

  1. Persiapkan remot joker atau remot universal lainnya dan arahkan ke sensor remot pada TV, tentunya TV harus dalam kondisi menyala
  2. Persiapkan juga list nya supaya mudah dalam mengganti kode jika tidak sesuai
  3. Tekan dan tahan tombol “SET” pada remot beberapa detik sampai lampu indikator LED menyala
  4. Jika lampu sudah menyala, lepaskan tombol yang ditekan tadi, Lalu masukkan kode remot TCL yang sudah di share diatas yaitu kode remot tv tcl joker
  5. Seharusnya fungsi remot TV sudah sesuai begitu selesai memasukkan 3 digit kode, namun jika belum sesuai bisa diulangi lagi tahap no 4 untuk kode lainnya
Cara Memasukkan Kode Remot TV TCL Tabung
Perhatikan juga posisi tombol SET kadang berbeda pada remot Universal

Setting Remot Universal Joker Tanpa Kode

Selain dengan menggunakan kode, bisa juga meng-sinkron kan fungsi remot universal dengan menggunakan metode coba coba menekan tombol tombol sambil memperhatikan tampilan pada layar TV TCL sobat, caranya sebagai berikut :

  1. Pastikan TV dalam keadaan menyala dan arahkan remot ke sensor TV
  2. Tekan dan tahan tombol “SET” sampai lampu LED pada remot menyala
  3. Tekan salah satu tombol pada remot sambil memperhatikan layar TV TCL, misalnya kita menekan tombol volume, tekan terus dengan jeda misalnya satu detik supaya bisa memperhatikan apakah pada TV ikut muncul volume atau tidak (kondisi LED remot masih menyala)
  4. Pada saat menekan tombol dan muncul tampilan volume pada TV, pastikan untuk tidak menekan lagi tombol.
  5. Tekan tombol “SET” untuk memilih setting yang tadi kita pilih sehingga lampu LED pada remot mati
  6. Remot TV universal untuk TV TCL sudah bisa digunakan

Artikel yang Berhubungan :