Penyebab AC Bocor Netes air dan Cara Mengatasinya

Posted on

Menemukan penyebab AC bocor pada bagian indoor sebenarnya tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan oleh sendiri tanpa perlu memanggil teknisi servis AC. Secara normal memang unit AC akan mengeluarkan air selama proses pendinginan udara karena AC akan menghilangkan kelembaban dalam ruangan.

Seharusnya air yang keluar karena adanya proses pengembunan ini keluar melewati pipa saluran pembuangan sehingga sering terlihat pipa kecil dekat outdoor untuk mengalirkan pembuangan air AC ini.

Penyebab AC Bocor Netes air

Namun sering terjadi air menetes dari bagian indoor dan bisa merusak perangkat elektronik yang kebetulan ada di jatuhan tetesan air tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab ac bocor di indoor AC yang sering terjadi serta cara sederhana mengatasinya :

Saluran Pembuangan Air Tersumbat

Pada unit indoor AC terdapat sebuah nampan mirip bak penampung air yang berfungsi untuk menampung tetesan air dari evaporator saat AC sedang bekerja dan pada nampan ini pada ujungnya terdapat sebuah lubang untuk mengalirkan ke pipa pembuangan (drain pipe) yang ada diluar.

bak penampung air AC

Sering terjadi lubang pembuangan ini tersumbat oleh kotoran debu yang sudah menumpuk sehingga air yang ada di nampan pun luber.

Untuk solusi saluran pembuangan air tersumbat pada bagian indoor memang berbeda pada tiap jenis AC namun jika ingin dicoba bisa dengan cara membuka filter udara terlebih dahulu lalu cari posisi lubang pembuangan ini pada nampan penampung air.

bak pembuangan air pada AC

Gunakan kawat/ kabel panjang yang dimasukkan ke lubang pembuangan ini untuk mencoba memastikan tidak ada kotoran debu dan jamur yang menghalangi keluarnya air.

Kebocoran dari Pipa Suction

Untuk mengalirkan udara dingin yang dihasilkan oleh kompresor AC umumnya menggunakan pipa tembaga yaitu pipa suction (pipa besar), dikarenakan pipa ini mengalirkan udara dingin yang biasanya berkisar 10 derajat celcius maka secara alami akan terjadi kondensasi karena adanya perbedaan suhu dengan ruangan.

Kebocoran dari Pipa Suction

Oleh karena itulah diperlukan pembungkus pipa yang berwarna putih seperti busa, pembungkus pipa ini disebut juga Armaflex. Seiring waktu Armaflex bisa saja mengalami kebocoran dan akhirnya menjadi salah satu penyebab AC bocor netes air.

Jika memang penyebab dipastikan penyebab bocor dari bagian pipa ini disarankan untuk melakukan pemggantian oleh teknisi servis AC langganan anda

Kurangnya Freon

Air menetes pada indoor bisa juga disebabkan oleh kurangnya freon pada AC yang juga disertai dengan gejala AC tidak dingin.

Baca juga : Penyebab AC tidak dingin

Hal ini bisa terjadi karena pada saat gas refigerant kurang atau mengalami kebocoran sampai mencapai kurang dari 50 psi maka proses pendinginan tidak akan berjalan optimal dan hanya akan terjadi frozen (timbul bunga es pada bagian evaporator) sehingga saat mencair akan menyebabkan air luber tidak jatuh ke talang penampung air.

penyebab muncul bunga es pada ac

Untuk solusi yang satu ini tentunya harus dilakukan pengecekan tekanan gas refrigerant pada sambungan nepel di outdoor AC. Selain itu juga harus dipastikan penyebab kebocoran gas freon tersebut biasanya penyebab paling umum adalah terdapat bocor halus pada pipa ataupun sambungan.

Kesalahan Instalasi Indoor AC

Penyebab berikutnya dikarenakan instalasi indoor AC yang kurang tepat, umumnya posisi lubang untuk pembuangan air dari evaporator berada disebelah belakang nampan air sehingga seharusnya dalam pemasangan indoor AC harus agak miring ke belakang supaya air langsung mengalir lancar ke saluran pipa pembuangan.

Kesalahan Instalasi Indoor AC

Namun jika memang benar dikarenakan posisi indoor AC yang kurang tepat seharusnya hanya terjadi pada instalasi AC yang baru dilakukan saja.

Sedangkan pada AC yang sudah sejak lama dipasang kecil kemungkinan dikarenakan posisi indoor yang kurang tepat, namun tetap bisa menjadi penyebab ac bocor setelah dicuci, bisa jadi posisi nampan pembuangan air berubah dan pembuangan air dari proses evaporasi tidak lancar.