Perhitungan AC 1 PK Berapa Watt

Jika berencana untuk membeli AC, pasti ada pertanyaan tentang ac 1 PK berapa watt? Karena tentunya ingin memastikan apakah daya listrik rumah bisa dipasang AC 1 PK atau tidak. Untuk lebih jelasnya tentang AC 1 PK, cek penjelasan dibawah ini

Bagi yang tinggal di dataran rendah tentunya AC merupakan salah satu barang elektronik yang harus dimiliki di rumah karena umumnya suhu udara yang panas. Dan sebaiknya sebelum memasang AC, sesuaikan daya listrik dengan besaran ruangan.

Sehingga kita bisa tentukan mau beli AC yang 1/2 PK atau AC 1PK. Dan yang lebih penting lagi kita juga sebelumnya harus mengetahui AC 1 PK berapa watt demikian juga yang 1/2 PK berapa watt sehingga bisa menyesuaikan dengan kapasitas daya listrik rumah.

perhitungan AC 1 PK Berapa Watt

Perhitungan 1 PK AC Berapa Watt?

Nah sebelum kita membahas mengenai besaran PK pada AC maka terlebih dulu kita juga harus paham mengenai BTU (British Thermal Units). BTU ini merupakan satuan kapasitas pendingin yang dimiliki AC. Makin besar angka BTU pada AC maka akan semakin dingin pula udara dingin yang dikeluarkan oleh AC.

Jadi sebenarnya yang membuat dingin suatu AC itu adalah BTU nya bukan besaran PK. Dan mungkin ada yang menanyakan untuk AC 1 PK berapa Btu?  Jawabannya yaitu AC 1 PK itu 9.000 BTU/h dengan asumsi ukuran ruangan 18 meter persegi.

Semakin tinggi rating BTU pada AC maka akan semakin dingin juga udara yang dihasilkan

Kemudian untuk standarisasi ampere yang dimiliki AC standart low watt yaitu :

  • Ac ½ pk besarnya 1.5-2.5 ampere
  • Ac 1 pk besarnya 2.5-3.5 ampere
  • Ac 1 pk  besarnya 3 – 4.5 ampere
  • 1 1/5 pk besarnya 4.5-5.5 ampere
  • 2 pk besarnya  6.8-8.1 ampere

Jadi jika kamu  bertanya AC 1 PK berapa ampere maka bisa di cek standarisasi ampere diatas, ukuran standar arus ampere pada AC ini juga biasanya digunakan oleh teknisi saat dilakukan pengecekan apakah freon pada AC bocor atau tidak.

Yaitu dengan mengukur arus yang diperlukan oleh kompresor ac menggunakan alat ukur tang Ampere saat unit outdoor dalam keadaan menyala.

Adapun cara untuk menyesuaikan besaran kapasitas listrik dengan tenaga AC yaitu :

  • AC standart yang 1/2 PK menggunakan daya 400 watt
  • AC low watt yang 1/2 PK menggunakan daya 320 watt
  • AC standart yang 3/4 PK menggunakan daya 600 watt
  • AC low watt yang 3/4 PK menggunakan daya 530 watt
  • AC standart yang 1 PK menggunakan daya 840 watt
  • AC low watt yang 1 PK menggunakan daya 660 watt
  • AC inverter yang 1 PK menggunakan daya antara 225 – 920 watt

Dengan mengetahui ukuran watt yang dibutuhkan tersebut, maka kita bisa memperkirakan jumlah total daya arus listrik yang ada di rumah saat perangkat tersebut dinyalakan.

Pertimbangkan pula untuk menghitung barang elektronik lainnya yang ada di rumah. Sehingga kita juga bisa tahu konsumsi total daya listrik di rumah.

AC Sharp 1 PK Berapa Watt?

AC sharp 1 PK ini cocok untuk ditempatkan di kamar tidur, ruang keluarga atau pun ada di ruang tamu. AC yang berkekuatan 1 PK ini juga menggunakan Freon R32 untuk refrigerantnya sehingga menjadi produk yang ramah lingkungan dan tidak merusak ozon.

AC Sharp 1 PK ini juga membutuhkan daya sebesar 750 watt. Kemudian AC ini juga mempunyai 7 perlindungan. Diantaranya melindungi dari bahaya api, kemudian melindungi juga dari bahaya petir dan tegangan listrik.

Bukan hanya itu saja, tapi juga dilengkapi dengan perlindungan terhadap getaran, cuaca ekstrim , karat serta perlindungan dari jatuh.

AC Daikin 1 PK Berapa Watt?

AC Daikin dengan kapasitas 1 PK ini menggunakan daya listrik sebesar 780 watt. Dan salah satu AC Daikin dengan 1 PK ini yaitu dari seri Breeze.

Seri ini akan memberikanmu keseimbangan yang sempurna dari efisiensi energi, kemudahan dalam penggunaannya serta merupakan produk yang ramah lingkungan.

Desain AC ini terlihat kompak, ringan serta mudah untuk dioperasikan melalui fitur-fitur yang dimilikinya.

AC LG 1 PK Berapa Watt?

AC LG 1 PK ini mempunyai watt control yang artinya memiliki pengaturan dengan 4 opsi konsumsi listrik. Diantaranya yaitu  dengan konsumsi daya 920 watt, 727 watt, 542 watt serta 405 watt.

Nah demikian informasi tentang besaran AC 1 PK berapa watt semoga bisa bermanfaat.