Kapan dan Perlukah Isi Freon AC Secara Rutin

Penasaran bagaimana cara isi freon AC ? ada beberapa hal yang sebelumnya wajib diketahui dan diperhatikan sebelum melakukan prosesnya supaya sistem AC dirumah kembali dingin.

Freon atau refrigerant merupakan salah satu bagian yang penting pada sistem air conditioner dan yang paling awet masa pakainya karena seharusnya selama pemakaian AC tidak diperlukan penambahan ataupun penggantian freon, selama tidak terjadi kebocoran.

Lalu kenapa diperlukan isi freon AC ? jawabannya adalah karena pada sistem AC terjadi kebocoran.

Fungsi Freon AC

Untuk mengetahui apakah diperlukan penambahan isi freon freon AC baik di rumah maupun di mobil, ada baiknya mengetahui bagaimana cara kerja ac khususnya untuk freon.

Fungsi freon pada AC adalah sebagai cairan senyawa kimia yang bisa memindahkan panas dari dalam ruangan yaitu dari indoor AC keluar ruangan melalui unit outdoor AC. Level tekanan Freon atau refrigerant ini harus tetap supaya sistem AC bisa berjalan dengan baik memindahkan panas keluar ruangan.

Dan tekanan freon ini seharusnya tidak berkurang walaupun AC sudah digunakan puluhan tahun karena freon tidak akan pernah habis, freon akan terus bersikulasi berubah bentuknya saja dari gas ke cair dan sebaliknya.

Fungsi Freon AC

Jika setelah pengecekan diketahui bahwa tekanan freon berkurang maka pastikan ke teknisi untuk bisa menemukan letak kebocoran freon tersebut, jika tidak maka kedepannya freon akan terus harus diisi.

Jenis jenis freon yang digunakan pada AC pun berbeda, tergantung tahun produksi AC :

  1. Freon R22 – Biasa digunakan pada AC produksi tahun 2015 kebawah
  2. Freon R410A – Biasa digunakan pada AC jenis inverter
  3. Freon R32 – Biasa digunakan pada AC jenis non-inverter

Baca juga : Apa itu Inverter ?

Dan yang diperhatikan yaitu pada saat proses pengisian freonnya. Karena proses ini harus dilakukan dengan menggunakan tenaga ahli yang profesional serta sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Ciri Ciri Freon AC Kurang ?

Jika unit AC terasa kurang dingin maka penyebabnya bisa dari beberapa hal dan tidak selalu dari hanya kekurangan freon saja, adapun ciri kerusakan AC yang kurang freon adalah sebagai berikut :

  1. AC terasa kurang dingin
  2. Terdapat tanda kebocoran freon misal pada sambungan pipa seperti ada minyak
  3. Muncul bunga es pada evaporator (unit indoor)
  4. Muncul bunga es pada pipa sambungan di outdoor
  5. Unit outdoor tidak mengeluarkan angin panas
  6. Ada tetesan air pada unit Indoor AC, baca juga artikel penyebab ac bocor netes air
  7. Tagihan listrik bertambah
ciri ciri ac kurang freon

Baca juga : 9 Penyebab AC Tidak Dingin

Untuk memastikan apakah terjadi kebocoran atau tidak harus menggunakan alat manifold gauge yaitu untuk mengukur tekanan freon yang ada di sistem AC.

Cara Isi Freon AC

Sebenarnya untuk cara isi freon AC ini tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus dilakukan oleh tenaga profesional dengan prosedur yang berlaku.

Semua hal itu dilakukan agar terhindar dari adanya pencemaran udara yang disebabkan oleh freon yang bocor. Apabila freon AC bocor dan dihirup oleh manusia maka akan terkena racun serta berpengaruh terhadap kondisi kesehatan.

Pengaruh tersebut biasanya berupa sakit tenggorokan, mengalami sesak nafas, tenggorokan bengkak dan nyeri perut. Selain itu jika freon bocor tersebut dihirup manusia maka bisa mengganggu sistem peredaran darah.

Adapun cara isi freon AC ini yaitu :

  1. Kondisikan AC dalam kondisi menyala dan tunggu sampai unit outdoor kompresor menyala
  2. Buka penutup kabel suplai pada outdoor dan pasang tang ampere pada salah satu kabel power untuk mengukur arus pada unit outdoor
ukur ampere kompresor ac
  1. Buka penutup pipa valve yang berukuran besar dan pasang selang manifold gauge warna biru (pengukuran tekanan rendah)
  2. Pasang selang warna kuning yang ada pada bagian tengah manifold ke tabung freon
  3. Tekanan freon akan terbaca dan perhatikan jarum manifold, untuk normalnya unit AC yang menggunakan freon jenis R22 seharusnya tekanan berada di kisaran 60 -70 psi.
  4. Jika tekanan terbaca jauh dibawah itu maka freon harus diisi, usahakan menggunakan vakum untuk membuang udara yang terjebak di sistem AC, misalnya pada contoh dibawah tekanan hanya terbaca 15 psi
tekanan freon pada ac rendah
  1. Untuk mengisi freon AC buka keran pada tabung freon dan pada selang manifold
  2. Perhatikan perubahan tekanan pada manifold dan arus yang terbaca pada tang ampere. Tekanan berada di kisaran 60-70 psi namun harus diperhatikan juga arus pada kompresor jangan sampai melebihi kapasitasnya. Untuk mengeceknya bisa dilihat pada name plate kompresor.

Jika freon diisi terlalu banyak/ tekanan terlalu tinggi akan menyebabkan arus terbaca tinggi dan kompresor akan overload.

  1. Isi freon dengan perlahan dan beri jeda waktu untuk freon masuk ke sirkulasi sistem AC, selama proses pengisian freon tekanan akan berubah dan perhatikan sampai jarum pada manifold stabil. Jika tekanan dan arus kerja kompresor masih kurang, isi lagi freon nya.
tekanan freon pada ac normal

Jika tekanan yang terbaca pada manifold sudah sesuai dan ampere sudah sesuai dengan kapasitas arus pada kompresor maka proses pengisian freon sudah selesai. Ciri ciri tekanan freon sudah sesuai yaitu :

  1. Es pada pipa hisap (suction) mulai menghilang
  2. Keluar angin udara panas pada kipas outdoor

Jangan lupa untuk menutup keran pada freon dan pada pipa suction di outdoor AC. Dan yang paling penting adalah temukan dimana letak kebocoran yang menyebabkan freon habis, jika tidak maka freon akan habis lagi dan AC menjadi tidak dingin lagi.

Hati hati untuk anda yang akan mencoba isi freon ac sendiri karena pada unit AC yang sudah berumur biasanya menggunakan freon R22, umumnya untuk AC produksi 2015 kebawah karena terbukti jika terjadi kebocoran bisa berbahaya bagi lingkungan selain tentunya juga beracun jika terhirup manusia.

Harga Isi Freon AC Rumah

Dibawah ini adalah harga isi freon ac untuk rumah dan harga jasa service AC lainnya :

Jenis JasaHarga
Servis Cuci 0,5 sampai 1 PKRp 65 Ribu
Servis Cuci 1,5 sampai 2 PKRp 70 Ribu
Tambah Freon R22 0,5 sampai 1 PKRp 150 Ribu
Tambah Freon R22 1,5 sampai 2 PKRp 200 Ribu
Tambah Freon R32/R410 0,5 sampai 1 PKRp 200 Ribu
Tambah Freon R32/R410 1,5 sampai 2 PKRp 250 Ribu
Isi Freon R22 0,5 sampai 1 PKRp 250 Ribu
Isi Freon R22 1,5 sampai 2 PKRp 350 Ribu
Isi Freon R32/R410 0,5 sampai 1 PKRp 350 Ribu
Isi Freon R32/R410 1,5 sampai 2 PKRp 450 Ribu
Jasa Bongkar ACRp 100 Ribu
Jasa Pasang AC 0,5 sampai 1 PKRp 250 Ribu
Jasa Pasang AC 1,5 sampai 2 PKRp 325 Ribu
Bongkar Pasang AC 0,5 sampai 1 PKRp 350 Ribu
Bongkar Pasang AC 1,5 sampai 2 PKRp 425 Ribu
Penggantian Kapasitor AC 0,5 sampai 1 PKRp 225 Ribu
Penggantian Kapasitor AC 1,5 sampai 2 PKRp 300 Ribu
Jasa Bobok Tembok Per MeterRp 50 Ribu
Jasa Las Sambungan Pipa Freon Per TitikRp 100 Ribu
Jasa Las Perbaikan Kebocoran Pipa + Isi FreonRp 500 Ribu
Jasa Pengecekan ACRp 750 Ribu

Itulah tadi informasi harga isi freon ac rumah berdasarkan harga dari Jasa isi freon AC yang ada di pasaran saat ini.

Lakukan perawatan AC secara rutin agar terhindar dari kebocoran. Dan jangan biarkan keadaan AC di rumah menjadi tidak dingin karena kurang perawatan AC.

Gravatar Image
Panduanteknisi.com adalah sarana sharing teknisi yang berpengalaman di bidang elektronika dan kelistrikan serta banyak menulis artikel tentang instalasi, reparasi dan tutorial seputar dunia elektronika